TNI AL dan US Navy Bahas Latma Carat 2014

Rencana latihan bersama antara TNI AL dan US. Navy dengan sandi CARAT-2014, masih dibahas dalam rapat perencanaan awal Inntial Planning Conference (IPC) yang 

dibuka Komandan Satuan Kapal patroli (Satrol) Koarmatim Kolonel Laut (P) Suhartono dan Captain Curtis J Gilbert dari pihak USN di Hotel JW. Marriott Surabaya. Rabu (18/12)

Rapat perencanaan awal IPC berlangsung selama 2 hari, mulai tanggal 18 Desember sampai dengan tanggal 19 Desember 2013. Kegiatan itu diikuti oleh perwakilan delegasi TNI AL dan US. Navy

Dalam kegiatan IPC ini masing-masing delegasi mengadakan diskusi bersama dalam bentuk kelompok/ group yang terdiri dari beberapa kerja sama latihan, diantaranya, latihan di laut dengan unsur-unsur kapal perang (Sea Phase), pesawat udara (Aviation), operasi amfibi 

oleh pasukan marinir, simposium kesehatan, pertunjukan band dan pengamanan wilayah Dermaga yang disandari oleh kapal perang.

Final Draf dari hasil IPC akan didiskusikan lagi pada Rapat Perencanaan Akhir Final Planning Coference (FPC) yang rencana dilaksanakan pada tanggal 18-20 Maret 2014. Dalam rapat FPC ini akan menentukan kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan nanti. 
Sampai saat ini beberapa kelompok diskusi masih membahas konsep dan Program Carat 2014 serta menentukan tempat dan tanggal kegiatan.

Untuk mendukung kegiatan latihan bersama CARAT-2014, rencananya masing-masing pihak akan mengerahkan peralatan tempurnya masing-masing, diantaranya unsur kapal perang, pesawat udara dan helikopter, marinir dan paramedis.

Sumber : Koarmatim