TNI AL Diminta Tempatkan Kapal Perang di NTT

Kupang: TNI Angkatan Laut (AL) diminta menempatkan kapal perang di perairan Nusa Tenggara Timur (NTT) menyusul pelanggaran batas perairan yang dilakukan tiga kapal perang Australia.
Penempatan kapal perang juga bertujuan melindungi kekayaan laut Indonesia dari ancaman pencurian oleh nelayan asing.

Pemerhati Laut Timor Ferdi Tanoni mengatakan penempatan kapal perang tersebut merupakan langkah tepat karena melindungi keamanan Indonesia.

“Kapal perang tersebut bisa beroperasi di Laut Timor hingga perairan selatan Pulau Rote dan Sumba,” kata Ferdi di Kupang, Minggu (12/1).

Ia mengatakan selama ini pihak TNI AL tidak menempatkan kapal perang secara permanen di Pangkalan TNI Angkatan Laut VII Kupang.

Seperti diberitakan, pelanggaran terhadap kedaulatan Indonesia dilakukan tiga kapal perang Australia pada 19 Desember 2013 hingga tujuh mil dari Pulau Rote. Tiga kapal tersebut masuk ke wilayah Indonesia membawa puluhan imigran Timur Tengah yang berusaha masuk ke negara itu.

Menurut Ferdi, masuknya tiga kapal Australia ke wilayah itu tersebut merupakan tindakan arogan sehingga perlu adanya tindakan tegas dari pemerintah Indonesia. (Palce Amalo)

Sumber : Metro