TNI Kerahkan 3 Kapal Perang dan 5 Pesawat

Kepala Pusat Penerangan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Mayor Jenderal TNI M. Fuad Basya mengatakan TNI hari ini langsung mengerahkan tiga kapal perangnya dan lima pesawat untuk membantu pencarian Pesawat Air Asia QZ-8501 dari Surabaya ke Singapura yang hilang.

“Tiga kapal perang itu yakni KRI Sutedi Senaputra dan KRI Patimura yang diberangkatkan dari Pontianak, satunya lagi KRI Warakas yang berangkat dari Semarang,” kata Fuad Basya saat dihubungi CNN Indonesia, Ahad petang (28/12).

Adapun kelima pesawat TNI tersebut yaitu tiga dari TNI AU yakni satu pesawat Boeing 737 Surveilance yang diberangkatkan dari Lanud Halim Perdanakusuma, satu pesawat diberangkatkan dari Makassar, dan satu pesawat Helly dari Pontianak, sedangkan dua pesawat lainnya yaitu pesawat patroli dari TNI AL.

Fuad Basya menjelaskan KRI dan pesawat berangkat ke lokasi yang diperkirakan sebagai wilayah hilang kontaknya pesawat AirAsia berpenumpang 155 orang itu.

“TNI menuju lokasi bersama-sama dengan komponen yang lain untuk mencari pesawat yang sempat terpantau radar milik TNI AU yang berada di Korhanudnas HAS Hanandjoeddin,” tutur Fuad.

Kendati demikian, TNI belum dapat memastikan apakah pesawat itu hilang di perairan. TNI telah mengirimkan tim pencari untuk membantu melacak keberadaan pesawat Airbus 320 milik maskapai penerbangan AirAsia tersebut. Sebelumnya diberitakan sebuah pesawat dikabarkan jatuh di perairan laut Belitung Timur, Bangka Belitung.

Fuad menambahkan TNI juga melakukan upaya penyisiran perairan laut. Pos TNI AL Manggar yang berada di Desa Baru, Kecamatan Manggar, dijadikan sebagai posko dalam proses penyisiran dan pencarian korban.

Blokir radius 100 mil

TNI Angkatan Udara menentukan area seluas 100 nautical mile (NM) untuk mencari pesawat di kawasan laut antara Pontianak dan Tanjung Pandan.

“Kami sudah koordinasi dengan Airnav untuk memblokir radius 100 NM,” kata Marsekal Pertama Hadi Tjahyanto, Minggu (28/12) kepada CNN Indonesia. TNI AU sendiri mengerahkan dua pesawat dan satu helikopter untuk membantu pencarian.

Dua pesawat yang dikerahkan ada Boeing 737 dan Hercules 130. Sementara satu helikopter yang juga turut dikerahkan adalah Super Puma.

“Semua sudah diberangkatkan,” kata Hadi. Target pencarian saat ini adalah wilayah 100 NM dari radius yang telah ditentukan. Radius ini ditentukan dari titik di mana pesawat jenis Airbus 320 hilang kontak. 

Sumber : CNN