TNI Siap Bekerja Sama dengan Negara Mana Pun

Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko mengatakan Tentara Nasional Indonesia siap bekerja sama dengan negara manapun termasuk dengan China untuk menjaga stabilitas keamanan, perdamaian dan kemakmuran kawasan,. 


“TNI siap bekerja sama dengan negara manapun untuk menjaga keamanan kawasan, dengan prinsip saling menghormati dan menjaga kesetaraan,” katanya menegaskan, saat melakukan pertemuan dengan Panglima Angkatan Bersenjata China Jenderal Fang Fenghui di Beijing, Selasa petang. 

Dalam pertemuan di Markas Besar Angkatan Bersenjata China itu, ia mengatakan hubungan baik yang makin meningkat antara Indonesia dan China diharapkan dapat pula kian meningkatkan hubungan dan kerja sama militer kedua pihak. 

“Indonesia dan China telah sepakat untuk menjadi mitra strategis pada 2005 yang ditindaklanjuti dengan penandatangan Rencana Aksi Kemitraan Strategis pada 2010 dan Komunike Bersama,” ujar Moeldoko. 

Hubungan kedua negara semakin meningkat dengan kesepakatan pimpinan kedua negara untuk meningkatkan kemitraan strategis menjadi lebih komprehensif pada 2013. 

“Khusus di bidang pertahanan, Indonesia dan China telah menyepakati Forum Konsultasi Pertahanan pada 2007 dan kerja sama industri pertahanan pada 2011. Dari situ, hubungan pertahanan dan militer kedua negara semakin meningkat,” tutur Panglima TNI. 

Kerja sama itu antara lain saling kunjung pejabat tinggi militer, pertukaran perwira siswa di masing-masing angkatan, latihan bersama pasukan khusus antiteror dan sebagainya,” katanya menambahkan. 

Di masa mendatang, lanjut Moeldoko, hubungan dan kerja sama militer kedua negara dapat terus ditingkatkan dan diperluas, antara lain forum dialog antarpejabat militer Indonesia-China, utamanya di tingkat staf guna mempererat hubungan baik yang sudah ada. 

“China ada negara yang baik dan bersahabat bagi Indonesia, dan ke depan hubungan kedua negara, khususnya militer kedua negara dapat ditingkatkan untuk menjaga stabilitas keamanan, perdamaian dan kemakmuran kawasan serta di luar kawasan. 

Sementara itu Panglima Angkatan Bersenjata Jenderal Fang Fenghui menyatakan sangat menyambut positif pandangan dan komitmen militer Indonesia untuk meningkatkan hubungan dan kerja sama yang semakin meningkat dengan China. 

“Hubungan kedua negara memang semakin berjalan baik, di berbagai bidang terutama politik dan perdagangan dan itu semua juga didukung oleh kerja sama yang baik antara militer Indonesia-China,” katanya. 

Terlebih, lanjut Jenderal Fang Fenghui, Indonesia juga sangat memperhatikan dan mempertimbangkan China dalam setiap perkembangan di kawasan. “Termasuk untuk melibatkan China dalam latihan gabungan multilateral maritim “Komodo” pada bulan mendatang,” ungkapnya. 

China, tambah dia, sangat menghargai Indonesia dalam berbagai kepentingan untuk menjaga stabilitas keamanan, perdamaian dan kemakmuran kawasan.

Sumber : Yahoo