TNI Siapkan Skuadron Tempur untuk Wilayah Indonesia Timur

Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia mengatakan markas besar tengah mempersiapkan penambahan pesawat untuk persiapan pendirian skuadron tempur di wilayah Indonesia Timur.
“Mabes TNI AU tahun ini akan melakukan pengadaan pesawat tempur. Ya untuk penempatan diprioritaskan untuk wilayah udara Timur Indonesia,” ungkap Putu Dunia di Biak, Rabu (5/2).

Ia mengatakan, rencana untuk membentuk skuadron pesawat tempur di Indonesia bagian Timur sudah masuk dalam rencana besar Mabes TNI AU.

Hanya saja untuk realisasi pembentukan skuadron tempur baru memerlukan kesiapan sarana prasarana, personel prajurit serta dukungan langsung kemampuan keuangan negara.

“Kapan realisasinya pembentukan skuadron tempur Indonesia Timur sedang dalam perencanaan Mabes TNI AU. Ya untuk tahun ini kami siapkan penambahan pesawat tempur untuk memperkuat kemampuan prajurit TNI AU dalam mengawal kedaulatan wilayah udara NKRI,” tegas mantan pangkosek Hanudnas IV Biak tersebut.

Menurutnya, untuk menjaga pengawasan lalu lintas udara di wilayah Papua telah dibentuk empat satuan radar TNI AU yang tersebar di Timika, Merauke dan Biak.

“Dengan adanya satuan radar TNI AU diharapkan dapat memantau segala pergerakan pesawat udara yang melintas wilayah udara Papua sekitarnya. Untuk saat ini semua pangkalan udara di Papua dan satuan radar telah menjalankan tugasnya sesuai tugas yang diemban prajurit TNI,” ujarnya.

Sumber : Republika