Toko Online dan Cara Membuatnya dengan Langkah Paling Mudah dan Cepat

Berjualan atau berdagang merupakan cara untuk mendapatkan penghasilan yang paling banyak dilakukan karena memang kesempatan dan pasarnya masih terbuka dengan sangat lebar. Kini trend perdagangan di Indonesia telah mengalami pergeseran yaitu dari perdagangan konvensional melalui pasar atau mall menjadi perdagangan online melalui internet. Toko yang dahulu hanya bisa ditemukan di kawasan tertentu sekarang bisa diakses dari rumah menggunakan gadget Anda. toko online juga bisa memberikan keuntungan dengan pengeluaran biaya yang jauh lebih sedikit dari pada membuka toko konvensional.

Cara Membuat Toko Online dengan Mudah dan Cepat

Tertarik untuk berjualan dengan memanfaatkan internet? Sebagian besar yang masing belum mengerti internet dengan baik akan berfikir bahwa membuat toko di internet berarti Anda akan memerlukan website dengan sistem pembayaran domain dan hosting yang mahal. Namun hal itu adalah masa lalu karena kini Anda bisa menginduk pada situs belanja besar untuk membuka toko Anda sendiri. Berikut ini adalah cara-cara memiliki sebuah toko di dunia maya dengan cara yang paling mudah dan cepat.

  1. Buatlah email yang nantinya akan digunakan untuk mendaftarkan toko Anda di situs jual beli besar. Email sebaiknya menggunakan nama toko agar terlihat lebih profesional. Anda bisa menyimpan password email sendiri atau membaginya bersama rekan terpercaya.
  2. Daftarkan email Anda di situs jual beli besar tersebut. Pendaftaran tak memerlukan waktu yang lama karena dilakukan secara online. Setelah terdaftar, Anda bisa memberi nama akun yang sekaligus menjadi toko Anda. Berilah nama yang mudah diingat dan sebaiknya berhubungan dengan produk yang akan Anda jual nantinya.

Setelah kedua step diatas dilakukan, berarti Anda sudah tergabung dalam situs jual beli besar di Indonesia. Anda bisa mulai berjualan di sana sehingga mendapatkan keuntungan dari pembelian yang terjadi. Sebelum mulai berjualan, sebaiknya membaca ketentuan dan peraturan terlebih dahulu agar transaksi berjalan dengan lancar. Untuk cara berjualannya, berikut ini adalah step by step yang harus Anda lakukan:

  1. Ambil gambar produk yang akan dijual.
  2. Upload gambar produk beserta keterangan detail meliputi jenis, manfaat serta beratnya.
  3. Tentukan harga.
  4. Masukkan ke etalase produk yang Anda jual.

Mudah bukan membuka toko online dengan menginduk di situs jual beli besar Indonesia? Anda bisa berjualan tanpa mengeluarkan modal besar sebagai biaya buka toko ataupun sewa domain dan hosting seperti pada website. Pastikan Anda menjadi seller yang aktif dan responsif sehingga ketika ada calon pembeli yang bertanya, akan merasa puas dengan jawaban Anda sehingga melakukan order atau pemesanan. Lakukan packing dengan baik apalagi untuk bahan mudah pecah atau cairan karena hal tersebut nantinya bisa dijadikan penilaian oleh para konsumen Anda.