Trik Alami Mengusir “Mahluk Pengganggu” di Rumah

Katakepo.blogspot.com – Munculnya serangga-serangga kecil di rumah bisa sangat menganggu. Namun, mengusirnya dengan berbagai bahan kimia juga bisa membahayakan Anda dan keluarga. Kini, bBeralihlah pada bahan-bahan alami yang biasa gunakan di dapur Anda seperti berikut ini!

Kayu manis

Bumbu dapur pertama yang bisa Anda manfaatkan adalah kayu manis. Kayu manis atau sering juga dikenal dengan nama cinnamon, tidak hanya cocok Anda jadikan taburan roti atau kopi. Kayu manis ternyata bisa digunakan untuk mengusir semut. Taburkan parutan kayu manis di lokasi-lokasi yang Anda curigai sebagai lokasi masuknya semut.

Biasanya, semut masuk ke dalam rumah Anda di celah-celah yang ada pada jendela atau pintu. Jika Anda menaburkan bubuk kayu manis di tempat-tempat tersebut, semut akan menjauhinya.

Mint 
Bumbu dapur kedua adalah daun mint. Namun, daun mint tidak ditujukkan untuk mengusir serangga. Selain segar untuk menjadi bahan campuran pencuci mulut Anda, daun mint juga mampu mengusir tikus.

Wangi daun mint tidak disukai tikus. Situs www.brightnest.com mencatat, penciuman tikus yang sensitif justeru membuat mereka tidak tahan terhadap keharuman daun mint. Untuk itu, letakkan tanaman mint di dapur Anda, atau masukkan kapas yang sudah direndam dalam minyak pepeppermint ke dalam lemari. 

Mentimun

Ketiga, Anda bisa memasukkan mentimun dalam daftar bahan-bahan memasak yang mampu membantu Anda “berperang” melawan hama di dalam rumah. Mentimun mampu mengusir gegat (Lepisma saccharina), serangga kecil tanpa sayap yang biasanya berukuran kurang dari satu inci. Serangga ini senang memakan berbagai makanan manis, termasuk sereal.

Untuk menggunakannya, potong-potong mentimun yang masih memiliki kulit dan letakkan dalam piring kecil. Kemudian, masukkan piring tersebut di lantai, atau bagian lain di rumah di mana dinding bertemu dengan lantai.

Madu

Bahan makanan lain yang tidak hanya lezat namun juga mampu membantu Anda adalah madu. Madu mampu membuat Anda “menarik” lalat buah. Jebak lalat-lalat buah ini dengan mencampurkan madu bersama buah-buahan tua tanpa kulit atau anggur manis dalam mangkuk. Tutup mangkuk dengan pembungkus plastik. Buat lubang-lubang kecil, sangat kecil, untuk menjebak lalat buah. Mereka bisa masuk, namun tidak bisa keluar.