Ttongsul, Minuman Yang Dibuat Dari Kotoran Manusia

Ttongsul, Minuman Yang Dibuat Dari Kotoran Manusia – Di beberapa negara, banyak minuman keras berkhasiat untuk bahan pengobatan, di Korea Selatan salah satunya. Negara tersebut memiliki minuman khas beralkohol dengan bahan baku yang cukup membuat kita jijik mendengarnya. Pasalnya bahan yang digunakan berasal dari kotoran manusia.

Minuman itu bernama Ttongsul, mungkin anda asing mendengarnya dibandingkan dengan Sake atau Arak. Namun minuman ini merupakan resep tradisional yang telah ada puluhan tahun lalu. Kini minuman itu nyaris punah karena pengolahannya yang tidak semua orang bisa melakukannya.

Bahan utamanya terdiri dari kotoran anak-anak berusia 4-7 tahun. Meskipun berbahan kotoran manusia, minuman ini dipercaya bisa menyembuhkan luka, tulang patah hingga epilepsi.

Dokter Dr. Lee Chang Soo pernah membuat resep Ttongsul ini dan memberikannya kepada seorang reporter dari Jepang. Cara membuatnya adalah dengan cara fermentasi selama 24 jam dengan mencampurkan air dengan kotoran tinja tersebut.

Alasan pemilihan kotoran anak-anak sebagai bahan bakunya adalah karena kotorannya tidak sebau kotoran orang dewasa. Kemudian beras tanpa gluten dimasak dan dicampurkan ke dalam air fermentasi tadi. Proses tersebut akan menciptakan alkohol dan memberikan rasa.

Menurut reporter yang sempat mencoba minuman ini mengatakan, ”Rasanya seperti anggur beras, tapi begitu aku bernapas dari hidungku, baunya seperti tinja.”

Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk mencoba minuman yang satu ini?

Sumber. jadiberita.com