Tukang Becak Dari Pasuruan Yang Berkurban Sapi Gegerkan Warga

Tukang Becak Dari Pasuruan Yang Berkurban Sapi Gegerkan Warga – Warga Jalan Pucangan No 9, Kelurahan Purworejo, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur dibuat terkagum-kagum dengan perilaku mulia Bambang (51). Betapa tidak, Bambang yang hanya seorang tukang becak mampu berkurban sapi di Idul Adha tahun ini.

Apalagi dari 12 kurban di daerah tersebut, hanya Bambang yang berkurban sapi. Kekaguman warga pun diwujudkan dengan mengarak Bambang keliling kampung diiringi marawis.

“Nah, waktu sampai di rumah, saya kaget. Kok tiba-tiba banyak orang. Terus saya bilang: Lek rumahnya kok banyak orang ada apa, ternyata sapi yang dibeli Paklek (paman) saya yang bikin geger orang sekampung,” sahut keponakan Bambang, Karyono kepada Bambang saat itu, Pasuruan, Selasa (15/10).

Sapi seharga Rp 13 juta itu dibeli Bambang dari hasil menabung. Bersama dengan keponakannya, Bambang secara sembunyi-sembunyi membeli sapi tersebut. Bahkan untuk membeli sapi itu Bambang mesti menempuh jarak 20 kilometer.

“Saya sudah lama ingin menyumbang sapi. Kurang lebih 10 tahunan, saya mengumpulkan uang hasil narik becak, sedikit demi sedikit. Nah pas tahun ini, saya buka kok isinya sudah ada Rp 13 juta persis, tidak kurang tidak lebih. Hari Senin (14/10) kemarin saya mengajak keponakan saya beli sapi di daerah Pasar Rangge. Dari rumah jaraknya sekitar 15 sampai 20 kilo-an,” kata bapak dari Yusi Kurniawan (16) itu.

Kini nama Bambang pun menjadi terkenal. Bahkan, sampai juga ke telinga Wakil Wali Kota Pasuruan, Setiyono yang penasaran dan akhirnya berkunjung ke Jalan Pucangan. | Merdeka.com