Tuntutan Yang Harus Dimiliki Oleh Kekuatan Pertahanan Adalah Interoperability Antara Matra Militer

Salah satu tuntutan yang harus dimiliki oleh kekuatan pertahanan adalah interoperability antara matra militer.  Interoperability harus dibangun dalam  setiap pelaksanaan operasi dan latihan.   Setiap unsur matra yang alutsistanya berbeda, diharapkan harus  mampu interoperable dengan unsur-unsur matra lainnya.          

Demikian amanat Panglima Kohanudnas Marsda TNI Hadiyan Sumintaatmadja pada acara Serah Terima jabatan Asisten Khusus Matra Laut (Assus Matral) dari Kolonel Laut (P) Deddy Suparli  kepada Kolonel Laut (P) Chrisanto Budi Maesa Paath di Aula Leo Wattimena Makohanudnas Halim Perdanakusuma Jakarta,  Selasa (10/3).  

Lebih lanjut Pangkohanudnas mengatakan  bahwa keberhasilan pelaksanaan operasi dan latihan tidak hanya mengandalkan dukungan  alutsista dari matra lain, namun  kemauan dan ketulusan untuk berbagi demi tercapainya tujuan.   Hal ini yang harus ditanamkan di benak kita semua, sehingga apa yang menjadi cita-cita kita sebagai alat pertahanan negara yang kuat, dan  disegani negara lain dapat tercapai.  

Assus Matral  sebagai Staf Khusus Pangkohanudnas  di bidang teknis Matra Laut memiliki tugas merumuskan kegiatan khusus atau teknis pelibatan unsur hanud TNI Angkatan Laut serta mengadakan koordinasi fungsional  dalam rangka penyelenggaraan operasi dan latihan pertahanan udara .  

Oleh karena itu, Assus Matral harus mampu memberikan pertimbangan dan saran kepada Pangkohanudnas mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan bidang tugasnya, sehingga Kohanudnas mampu melaksanakan tugasnya dengan optimal, tegasnya.

Assus Matral yang baru Kolonel Laut (P) Chrisanti Budi Maesa Paath merupakan Alumni  Sepamilwa ABRI 85/86, sedangkan  Kolonel Laut (P) Deddy Suparli merupakan Alumni IDP I Secapa Penerbang ABRI dan Sekbang Angkatan 31 tahun 1984 selanjutnya menjabat sebagai Pamen Sahli Pang Armabar C Ops ( dalam rangka penugasan di lingkungan Kemenhub). 

Pelantikan tersebut, dihadiri Kas kohanudnas Marsma TNI Barhim, parapejabat Kohanudnas, perwakilan Perwira, Bintara dan Tamtama serta PNS Kohanudnas.

Sumber : TNIAU