Uji Fungsi Crane Engine dan Bomb Loader di Lanud Rsn

Dinas Penelitian dan pengembangan Angkatan Udara (Dislitbangau) yang di pimpin oleh Kolonel Tek V. Andy Suartha melaksanakan uji fungsi Crane Engine dan Bomb Loader pesawat Hawk 109/209, bertempat di hanggar Skatek 045 Lanud Roesmin Nurjadin, Kamis (11/12).

Kegiatan uji fungsi ini diawali dengan penyampaian spesifiksi crane dan bomb loader, gambar konstruksi, mekanisme pengoperasian alat dan sejumlah data lainnya yang dipaparkan di ruang kelas Skatek 045.

Uji fungsi ini dilanjutkan dengan uji coba alat, baik Crane maupun Bomb Loader. Pada pelaksanaannya, uji coba Bomb Loader ini mempraktekkan teknik pengoperasiannya baik secara manual maupun secara elektrik dengan mengangkat Bom Latih Asap (BLA) seberat 250 yang selanjutnya dipasangkan pada pesawat Hawk 100/200. Sementara untuk Cranenya juga dilaksanakan uji coba dengan mempraktekkan pengangkatan mesin pesawat hawk 100/200.

Uji fungsi peralatan ini turut disaksikan oleh Kadisops Lanud Rsn, Letkol Pnb M. Yani Amirullah selaku Palkhar Danlanud Rsn, Kadislog, Letkol Tek Arif Rahman, Danskatek 045, Letkol Tek Muksalmina dan sejumlah perwira teknik lainnya. Sementara dari tim Dislitbangau juga didampingi oleh perwakilan dari Slogau, Koharmatau dan perwakilan dari Dislambangjaau.

Adapun sasaran yang diharapkan pada uji fungsi ini agar terlaksananya kegiatan Litbang dan pembuatan Crane Engine dan Bomb Loader pesawat Hawk 109/209 sesuai parameter yang ditentukan sehingga dapat digunakan untuk mendukung pemeliharaan pesawat.

Sumber : TNIAU