Video: Ka’bah Terendam Banjir Pada Tahun 1941

Video: Ka’bah Terendam Banjir Pada Tahun 1941 – Sebagai negara padang pasir dan jarang sekali turun hujan, tak banyak orang yang tahu jika negara Arab Saudi pernah mengalami banjir yang cukup besar. Bahkan banjir yang terjadi pada tahun 1941 telah berhasil merendam Ka’bah.

Seperti dilansir wikiislam.net, air setinggi 152 centimeter telah menggenangi kompleks Masjid Al-Haram, termasuk Ka’bah. Musibah itu lantaran sistem pembuangan air belum bagus, apalagi Makkah berada di tengah lembah dikelilingi bukit-bukit batu.

Video: Ka’bah Terendam Banjir Pada Tahun 1941:

Tidak diketahui berapa jumlah jamaah haji waktu itu. Mungkin tidak banyak sebab pada 1920-an peziarah terus menurun. Pada 1922, jumlahnya 56 ribu orang. Meski dilanda banjir, para jamaah haji saat itu tetap melakukan tawaf, seperti terlihat dalam rekaman video diunggah ke situs Youtube oleh pemilik akun TakarGB dua tahun lalu.

Banjir juga merendam Ka’bah di masa Khalifah Umar bin Khattab. Bencana itu merusakkan dinding batu yang direkatkan dengan lumpur dan tanah. Sekarang bangunan setinggi 13,1 meter itu diperkuat semen.  | jadiberita.com