Waktu Tepat Pakai Tabir Surya


Katakepo.blogspot.com – Demi alasan kepraktisan dan kemudahan, kini semakin banyak produk kecantikan yang menambahkan formulasi anti UV di dalamnya, mulai losion, foundation, krim wajah, sampai bedak. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya gunakan krim UV yang murni (tidak bercampur dengan produk kecantikan lain), demikian saran ahli dermatologi dr Rachadian Ramadhan.

“Ketika dicampur dengan krim lain, krim tabir surya akan menyatu dengan bahan kimia lain sehingga bisa mengurangi efektivitasnya. Bukan berarti tidak efektif, hanya saja jika memungkinkan gunakan losion dan tabir surya yang terpisah,” ungkap dr Rachadian, saat peluncuran losion tubuh di Jakarta, beberapa waktu lal.
Jika digunakan terpisah, mana yang harus lebih dulu dipakai?
Dr Rachadian mengungkapkan, kebanyakan perempuan selalu menggunakan krim tabir surya setelah menggunakan losion. Cara ini menurutnya kurang tepat. Justru tabir surya harus dioleskan pertama kali sebelum produk lainnya.
“Aplikasikan krim tabir surya ini lebih dulu, baru diikuti dengan produk lainnya. Kecuali, Anda memiliki masalah kulit yang mengharuskan krim kulit ini tersentuh kulit langsung,” jelasnya.
Setelah mandi, oleskan krim tabir surya, kemudian losion tubuh atau krim wajah, baru dilapisi dengan baju. Pengolesan krim tabir surya di lapisan kulit paling awal berfungsi untuk lapisan perlindungan terakhir kulit dari sinar matahari.
Saat terpapar matahari, baju dan losion tubuh akan membantu mengurangi intensitas sinar UV. Dengan demikian saat sinar matahari menyentuh krim tabir surya, intensitas UV-nya sudah berkurang. Selain itu, aplikasi krim tabir surya pada urutan awal juga bertujuan agar krim mudah meresap ke dalam kulit. Krim yang meresap sampai ke lapisan dermis kulit akan mampu mengurangi risiko serangan sinar UV A yang bisa merusak struktur di bawah kulit.
“Agar benar-benar meresap dalam kulit dan optimal menangkal sinar UV, sebaiknya gunakan 15-30 menit sebelum beraktivitas. Kemudian aplikasikan lagi setiap 30 menit sekali,” sarannya. Agar semakin efektif, pengaplikasian krim tabir surya juga harus memerhatikan ukuran pemakaiannya.