Warga Asembagus Raup Untung Akibat Latgab TNI

Jakarta – Latihan Gabungan (Latgab) TNI di kawasan Asembagus, Situbondo, Jawa Timur memberi keuntungan tersendiri bagi warga sekitar. Pedagang makanan, warung kopi hingga laundry memperoleh pendapatan berlipat.

Salah satu pemilik laundry, Lilik (45) mengaku kebanjiran order. Jika biasanya ia mencuci dan menyeterika dari pukul 07.00-17.00 WIB, kini harus lembur hingga pukul 21.00 WIB.

Bahkan Lilik mengaku menambah 1 orang pegawai, khusus dalam rangka Latgab TNI ini. Sehingga kini pekerjaan mencuci dan menyeterika baju diselesaikan 3 orang. Itupun dia mengaku masih kewalahan.

“Saya sudah kebanjiran order sejak 2 minggu yang lalu. Itu jemuran isinya loreng (seragam TNI) semua, haha,” kata Lilik di rumahnya, Karang Teko, Asembagus, Situbondo, Jawa Timur, Minggu (1/6/2014).

Lilik mengaku belum lama membuka usaha laundry. Ia melihat peluang bisnis ini menjanjikan karena dekat dengan pusat latihan Marinir. Akhirnya sejak 3 bulan lalu dibukalah usaha laundry.

“Sejak menjelang latgab ini keuntungannya 3 kali lipat,” ucapnya.

Jika biasanya sehari-hari omsetnya Rp 200 ribu, kini melonjak hingga di atas Rp 500 ribu. Untuk itu ia sangat bersyukur dengan adanya latgab ini.

 Pengakuan serupa juga diutarakan ketua RT 02/8, Ibu Rajiman. Bu Rajiman menyewakan salah satu rumahnya untuk tempat menginap TNI. Ia juga melayani katering bagi TNI yang menginap di rumahnya yang tak jauh dari pusat latihan tempur itu.

“Tentu saya senang dapat membantu TNI. Secara pribadi saya juga diuntungkan dari sisi ekonomi,” ucap perempuan asal Madura ini.

Ibu Rajiman mengatakan, latgab tahun lalu rumahnya juga dijadikan basecamp informasi oleh TNI. Pendapatannya tentu berlipat dari hari biasanya. Namun ia belum dapat merinci berapa penghasilannya itu.

“Yang pasti untung. Rumah saya juga jadi aman karena ada TNI,” ucapnya sambil terkekeh.

Sumber : Detik