Warga Malaysia sangat tidak bahagia

Katakepo.blogspot.com – Pekan lalu Laporan Tingkat Kebahagiaan Warga Dunia menyatakan Malaysia berada di urutan ke-56 dari 156 negara yang warganya dinilai tidak bahagia.

Situs malaysia-chronicle.com melaporkan, Sabtu (19/10), setelah merdeka selama 56 tahun ternyata mayoritas warga Malaysia masih merasa sangat tidak bahagia dan sering tidak puas.

Laporan yang dirilis dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu merupakan hasil dari resolusi Majelis Umum PBB yang menganjurkan setiap negara mengukur tingkat kebahagiaan warganya guna menjalankan kebijakan publik.

Negara berkembang lain seperti Thailand dan Trinidad & Tobago yang lebih miskin dari Malaysia, ternyata peringkatnya masih lebih baik ketimbang Negeri Jiran itu.

Laporan itu menunjukkan koalisi Barisan Nasional di Malaysia tidak berhasil menjalankan pemerintahan dengan baik meski mereka kerap mengklaim berhasil membangun negara.

Salah satu yang menjadi penyebab warga Malaysia tidak bahagia antara lain adalah korupsi. Selama ini korupsi telah merasuki semua lini kehidupan warga Malaysia, selain masalah yang ditimbulkan akibat perbedaan etnis antara Melayu, India, dan China.

Selain itu pengekangan informasi dan kebebasan berpendapat di Malaysia juga membuat warga menjadi tidak bahagia.

Di zaman perkembangan media sosial dan teknologi sedemikian cepat pemerintah Malaysia justru melarang warga mengekspresikan kebebasan berpendapat.