Waspada Tertipu saat Membeli Mobil Bekas

Zaman perekonomian sulit seperti sekarang, berbagai macam bentuk kejahatan ada di mana-mana. Tidak terlepas dalam dunia jual beli mobil bekas. Mobil bekas pakai saat ini memang menjadi primadona bagi yang memiliki dana terbatas untuk keperluan pembelian mobil, baik untuk pribadi atau keluarga. Akan tetapi, dibalik itu tetap harus teliti. Terlebih mobil bekas dengan label harga yang lebih murah dari harga pasarannya. Parahnya, Ada saja orang atau agen dealer nakal yang menjual mobil bekas dari hasil barang curian. Salah-salah kita yang membeli akan disebut sebagai penadah curian.

Pembelian seperti di atas, jika dilakukan secara sengaja (membeli mobil curian) bisa dipidanakan. Akan aneh jika kita niatnya ingin beli mobil malah berakhir di belakang jeruji dingin pesakitan. Hal ini karena tindakan sengaja tersebut barang tadah atau persekongkolan pencurian. Pada pasal 480 kitab undang-undang hukum perdata Indonesia sudah disebutkan bahwa hukuman si penadah bisa mencapai 4 tahun penjara.

perhitungan asuransi mobil termurah

Maka dari itu, kami mencoba memberikan tips-tips yang mungkin bermanfaat agar penipuan penjualan mobil ini bisa kita hindari. Pertama, perhatikan harga yang ditawarkan. Jika terlampau murah dari harga bekas pada umumnya, Anda patut waspada dan berhati-hati. Kedua, lihat surat – menyurat dan legalitasnya. Mobil curian umumnya tidak memiliki BPKB dan atau STNK. Kalau pun ada surat menyuratnya, sebaiknya jangan langsung saja percaya. Karena pernah kejadian STNK yang dikasihkan adalah STNK palsu. Cek keasliannya di kantor SAMSAT agar proses otentifikasi akurat. Surat palsu juga akan memberikan masalah di kemudian hari. Terakhir, cari mobil bekas yang ingin dibeli di agen dealer atau situs yang terpercaya.

Tiga buah tips di atas jika dilaksanakan dengan benar – benar, Anda bisa terhindar dari modus penipuan mobil curian berkedok mobil bekas. Mudah – mudahan beberapa tips di atas bisa membantu dan menghindarkan Anda dari hal – hal yang tidak dinginkan.

Oh iya, selain mobil bekas yang murah, sekarang juga ada mobil LCGC (Low Cost Green Car) dengan harga yang cukup murah. Sebagai contoh, jika harga mobil hatchback tahun 2008 dihargai 110 juta rupiah, maka dengan harga yang kurang lebih sama, Anda bisa mendapatkan mobil baru LCGC. Meski demikian, yang manapun pilihan Anda, tetap saja perlu pertimbangan karena mobil bekas dan LCGC masuk ranah “beda kelas”. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan keluarga.

Waspada Tertipu saat Membeli Mobil Bekas | 71mm0 | 4.5

Leave a Reply