Wow, kotoran manusia mengandung emas bernilai triliunan rupiah!

Katakepo.blogspot.com – Siapa bilang emas hanya bisa ditemukan dari dalam bumi atau tambang-tambang saja? Ilmuwan kini tengah berupaya menambang emas dari sumber lain yang terbilang sangat unik, yakni kotoran manusia.
Ya, ilmuwan percaya bila partikel logam mulia seperti emas banyak yang tidak sengaja terkonsumsi oleh manusia. Bila partikel-partikel emas itu dikumpulkan, nilainya bisa mencapai miliaran hingga triliunan rupiah!
“Dalam salah satu penelitian, kami tengah berusaha memisahkan logam mulia dari kotoran makhluk hidup, termasuk manusia, yang sering hanya dipakai sebagai pupuk,” ujar Dr. Kathlean, ilmuwan dari lembaga survei Geologi Amerika.
Dikutip dari Daily Mail (23/03), sebuah penelitian pernah memperkirakan jumlah emas yang terkandung pada kotoran jutaan warga Amerika bisa bernilai Rp 155 miliar.
Sementara di Inggris yang per tahun bisa menghasilkan satu juta ton lebih kotoran manusia, nilai emas yang terkandung dalam kotoran manusia bisa mendekati angka Rp 10 triliun! Dan jumlah itu diperkirakan masih bisa bertambah dari tahun ke tahun seiring dengan meningkatnya penggunaan logam mulia di kehidupan sehari hari.
Lalu, bagaimana cara ilmuwan memisahkan emas dari kotoran? Ilmuwan menggunakan bahan kimia yang disebut cairan lindi. Cairan ini jugalah yang dipakai ilmuwan untuk memisahkan logam mulia dari batuan.
Setelah cairan lindi digunakan, bukan hanya emas saja yang bisa ‘ditambang’ dari kotoran manusia. Logam mulia lain seperti platinum dan perak diklaim juga bisa dikumpulkan.