10 Kementerian/Lembaga dengan Anggaran Tergemuk di Indonesia

[lihat.co.id] – Pemerintah melakukan pemangkasan sejumlah anggaran kementerian/lembaga (K/L) pada tahun ini untuk menahan laju defisit anggaran. Secara total, anggaran K/L dalam RAPBN Perubahan (RAPBN-P) 2013 adalah Rp 587,4 triliun, turun dari APBN 2013 Rp 594,6 triliun.

Dari data RAPBN-P 2013 yang dikutip, perubahan anggaran K/L terjadi karena beberapa hal. Di antaranya pemotongan belanja K/L, penambahan program keluarga harapan (PKH), dan penambahan anggaran Bawaslu untuk Pemilu 2014.

Selain itu ada juga realokasi rupiah murni dari BA BUN ke BA KL dalam rangka meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, serta tambahan anggaran pembangunan infrastruktur. Lalu, tambahan anggaran pendidikan, 

 
dan tambahan untuk pelaksanaan pemberian penghargaan pada K/L dalam rangka penerapan reward and punishment Berikut adalah10 Kementerian/Lembaga dengan Anggaran Tergemuk di Indonesia dikutip dari lihat.co.id  dan finance.detik
 

1. Kementerian Dalam Negeri

[lihat.co.id] – Kementerian pimpinan Gamawan Fauzi ini mendapatkan jatah anggaran Rp 14,5 triliun di tahun ini. Jumlah tersebut turun dari tahun lalu sekitar Rp 15 triliun.

2. Kementerian Pertanian

[lihat.co.id] – Kementerian pimpinan Suswono ini mendapatkan jatah anggaran Rp 16,3 triliun pada tahun ini. Jumlah anggaran tersebut turun dari tahun lalu yang nilainya Rp 17,8 dan realisasinya Rp 18,2 triliun.
 
3. Kementerian Keuangan
[lihat.co.id] – Kementerian yang mempunyai menteri baru yaitu Chatib Basri ini mendapat jatah anggaran Rp 17,9 triliun di tahun ini. Jumlah anggaran tersebut naik dari tahun lalu Rp 18,8 triliun, mesi realisasinya hanya Rp 15,7 triliun.

4. Kementerian Kesehatan
[lihat.co.id] – Tahun ini, Kementerian Kesehatan mendapatkan anggaran Rp 32,88 triliun. Jumlah anggaran yang didapatkan oleh Kementerian Kesehatan tersebut naik dari tahun lalu Rp 34,5 triliun, meski realisasinya hanya Rp 30,4 triliun.

5. Kementerian Perhubungan
[lihat.co.id] – Kementerian pimpinan EE. Mangindaan ini mendapat jatah anggaran Rp 34,07 triliun pada tahun ini. Anggaran Kemenhub naik dari tahun tersebut yang nilainya Rp 36,6 triliun, meski realisasinya hanya Rp 29,6 triliun.
 
6. Kepolisian RI

[lihat.co.id] – Anggaran yang diperoleh oleh lembaga kepolisian pada tahun ini mencapai Rp 45,2 triliun. Jumlah anggaran tersebut naik dari tahun lalu yang nilainya Rp 45,6 triliun, meski realisasinya hanya Rp 39,5 triliun.
 
7. Kementerian Agama
[lihat.co.id] – Kementerian yang dipimpin Surya Dharma Ali ini dapat jatah anggaran Rp 45,4 triliun pada tahun ini. Jumlah anggaran tersebut naik dari tahun lalu yang sebesar Rp 43,9 triliun, meski realisasinya hanya Rp 36,8 triliun.

8. Kementerian Pekerjaan Umum

[lihat.co.id] – Kementerian pimpinan Djoko Kirmanto ini mendapatkan jatah anggaran Rp 77,8 triliun pada tahun ini. Nilai anggaran ini naik dari tahun lalu yang nilainya Rp 77,9 triliun, meski realisasinya hanya Rp 67,4 triliun.
 
9. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
[lihat.co.id] – Kementerian ini mendapat anggaran Rp 79,1 triliun di tahun ini. Jumlah anggaran ini naik dari tahun lalu yang nilainya Rp 73 triliun, meski realisasnya hanya Rp 67,5 triliun.

10. Kementerian Pertahanan
[lihat.co.id] – Kementerian pimpinan Purnomo Yusgiantoro ini mendapatkan anggaran Rp 80,7 triliun tahun ini. Jumlah anggaran tersebut turun dari tahun lalu sebesar Rp 81,9 triliun, meski realisasinya hanya Rp 61,1 triliun.