10 Menara Tempat Tinggal yang paling Tinggi di Dunia

BLoG kiTa – Pasar perumahan mulai menunjukkan prospek cerah. Hal ini membuat para pengembang di sektor konstruksi memilih membangun hunian vertikal, dan bersaing meraih predikat menara tertinggi dan prestise.
Tujuan utamanya tak lain adalah meraup keuntungan sebanyak-banyaknya. Di kota-kota besar pun menara-menara super tinggi bermunculan untuk memenuhi permintaan pasar.
Dikutip dari Forbes dan Finance.detik, Berikut adalah daftar hunian menara paling tinggi di dunia baik yang sudah selesai atau masih dalam tahap pengerjaan:
10. Panorama Tower, Miami, Florida
Tinggi: 849 kaki, 85 lantai
Pengembang: Tibor Hollo
Arsitek: Kobi Karp
Selesai: 2016 dan mulai dipasarkan tahun 2014
BLoG kiTa – Pada saat pembangunannya selesai, gedung ini tidak hanya akan menjadi gedung tertinggi di Miami tapi di seluruh Florida. Hunian ini akan terdiri dari 941 unit apartemen, dan pusat perbelanjaan dengn luas 100.000 kaki persegi.
Pengembang juga berharap dapat membangun 1.010 kaki menara yang berlokasi di belakang hunian tersebut.
9. New York By Gehry
Tinggi: 870 kaki, 76 lantai
Pengembang: Forest City Ratner
Arsitek: Frank Gehry
Selesai: 2011
Harga: US$ 2.290 per bulan untuk tipe studio dan US$ 45.000 per bulan untuk North Penthouse.
BLoG kiTa – Saat ini hunian New York by Gehry memegang gelar gedung tertinggi di wilayah barat Hemisphere. Unit penthouse yang disewakan sebesar US$ 60.000 per bulan di tahun 2012 ini masih tersedia untuk ditempati.
Harga sewa baru sebesar US$ 45.000 untuk penthouse dengan luas 3.771 juta terletak di lantai 76 sayap utara gedung. Hunian ini terletak di Lower Manhattan dekat dengan World Trade Center. Hunian ini dilengkapi dengan amphiteater pribadi, tempat berjemur, pusat kebugaran, tempat bermain anak dan sekolah.
8. Trump International Hotel and Tower, Chicago
Tinggi: 1.389 kaki, 98 lantai
Developer: The Trump Organization
Arsitek: Skidmore, Owings dan Merill
Selesai: 2009
Harga: US$ 32 juta untuk penthouse di lantai teratas.
BLoG kiTa – Gedung yang terletak di pusat kota Chicago ini merupakan gedung tertinggi di kawasan barat Hemisphere. Gedung yang selesai tahun 2009 dan penthouse yang terletak di lantai 89 merupakan hunian tertinggi di Amerika Serikat. Penthouse ini dipasarkan kembali dengan harga $32 juta. Hunian ini dilengkapi dengan fasilitas bintang lima di antaranya layanan doorman 24 jam, Trump spa, lounge cocktail outdoor, Sixteen restoran berbintang Michelin dan pelayanan kamar 24 jam.
7. Meier-on-Rothschild, Tel Aviv, Israel
Tinggi: 590 kaki, 42 lantai
Pengembang: Beggruen Residential Arsitek: Richard Meier
Selesai: 2014
Harga: US$ 1,5 juta – US$ 50 juta untuk penthouse terbesar
BLoG kiTa – Hunian ini merupakan proyek hunian terbesar dan tertinggi di Tel Aviv yang akan dilengkapi dengan ruangan sauna, tempat penyimpanan anggur, kolam renang sepanjang 82 kaki. Unit penthouse akan dilengkapi dengan lift pribadi, sauna dan tempat barbekyu. Unit penthouse termahal yang diberi nama “Palace in the Sky” akan dirancang sendiri oleh Meier.
6. Echo Brickell, Miami, Florida
Tinggi: 750 kaki, 60 lantai
Pengembang: property Markets Group
Arsitek: Carlos Ott
Selesai: 2014
Harga: mulai US$ 500,000 sampai US$ 8 juta untuk 1 lantai penthouse.
BLoG kiTa – Beberapa gedung yang berlomba-lomba menjadi gedung tertinggi di Miami salah satunya adalah Echo Brickell. Berlokasi di kawasan bisnis, kondominium mewah ini menawarkan pemandangan laut disetiap unitnya, dilengkapi dengan automatisasi berbasis Apple, teras dan area barbekyu. Hunian ini juga akan dilengkapi dengan pusat kebugaran dan kolam renang infinity. Sebanyak 30 unit pertama telah ditawarkan pada bulan April dan telah habis dipesan hanya dalam satu hari.
5. One57, New York, N.Y.
Tinggi: 1.004 kaki, 90 lantai
Pengembang: Extell Development Company
Arsitek: Christian de Portzamprac
Selesai: akhir 2013
Harga: US$ 90 juta untuk penthouse dengan luas 10.923 kaki persegi.
Bangunan yang terletak di pusat kota distrik Manhattan ini menyediakan pelayanan hotel kepada penghuninya. Fasilitas gedung ini meliputi 65 kaki kolam renang, teater, gym, beberapa unit apartemen menghadap Central Park, kamar mandi yang terbuat dari marmer, dan perpustakaan.
BLoG kiTa – Pembeli datang dari seluruh penjuru dunia termasuk miliuner seperti Lawrence S. Stroll dan Silas K.F Chou. Penthouse lima lantai yang berada di lantai atas dihargai US$ 90 juta dan diharapkan dapat memecah rekor penjualan di New York.
4. Tour Odeon, Monaco
Tinggi: 558 kaki, 49 lantai
Pengembang: Giraldi
Selesai: 2014
Harga: US$ 7 juta untuk satu unit kamar, lima lantai penthouse diperkirakan berharga US$ 387 juta
BLoG kiTa – Pengembang menara ini membeli perumahan di belakang lokasi untuk dijadikan taman pribadi Jean Mus yang bisa mencegah protes dari warga yang tinggal di sekitar menara. Bangunan ini akan memiliki pusat dan layanan kesehatan.
BLoG kiTa – Kabarnya, mega penthouse memiliki lima lantai yang luasnya mencapai 35.000 kaki persegi. Selain itu, penthouse ini memiliki kolam renang infinity dan diharapkan akan menjadi unit apartemen termahal ketika menemukan sang pembelinya.
3. The Shard, London, U.K.
Tinggi: 1.016 kaki, 95 lantai
Pengembang: Sellar Property Group
Arsitek: Renzo Piano
Selesai: dibuka tahun 2012.
Harga: berkisar antara US$ 46 juta – US$ 78 juta.
BLoG kiTa – Menara tertinggi di wilayah Eropa Barat ini dibuka untuk umum pada bulan Februari. Berlokasi di pusat kota London. Bangunan yang terbuat dari kaca ini merupakan rumah bagi hotel bintang 5, perkantoran, restoran, dan 10 hunian ekslusif yang tersebar di 13 lantai.
BLoG kiTa – Walaupun unit apartemen masih dalam tahap pengerjaan, namun unit ini menjanjikan pemandangan Laut Utara sejauh 44 mil yang menakjubkan. Fasilitas menara ini meliputi ruang home teater, kebun musim dingin, gym pribadi, pemandangan 360 derajat kota London.
2. 432 Park Ave, New York.
Tinggi: 1.396 kaki, 96 lantai
Pengembang: CIM Grouo dan Macklowe Property
Arsitek: Rafael Vinoly
Selesai: 2015
Harga: berkisar US$ 7 juta – US$ 95 juta untuk satu lantai penthouse
BLoG kiTa – Setelah dibuka untuk umum, bangunan yang super mewah ini akan menjadi gedung tertinggi di wilayah Hemisphere. Fasilitas gedung ini meliputi restoran pribadi, pusat kebugaran dengan spa, pelayanan kamar dan katering bahkan layanan supir.
BLoG kiTa – Bangunan yang sudah dijuluki klub para milyuner ini ditiap unitnya akan memiliki lift pribadi, atap dengan ketinggian 12.5 kaki, pemanas lantai kamar mandi. Federal Aviation Administration sudah menyetujui ketinggian menara.
1. Princess Tower, Dubai, Uni Emirat Arab
Tinggi: 1.358 kaki, 107 lantai
Pengembang: Tameer Holsing Investment
Arsitek: Eng. Adnan Saffarini
Selesai: 2012
Harga: US$ 28.5 juta untuk 6.122 kaki persegi penthouse
BLoG kiTa – Menara hunian tertinggi di dunia ini dibuka pada September di distrik Marina. Bangunan yang terbuat dari struktur baja dan beton ini terdiri dari 6 lantai parkir mobil, pusat perbelanjaan, kolam renang indoor dan outdoor, gym, spa dan tempat pertemuan di lantai paling atas.
BLoG kiTa – Bangunan ini merupakan salah satu dari tiga proyek menara hunian super tinggi di Dubai tahun 2012.