10 Musisi Dunia yang Memiliki Pendengaran kurang Sempurna

BLoG kiTa – Musik adalah sebuah seni dengar. Kepekaan telinga begitu dibutuhkan sebagai syarat utama. Indra pendengaran ini vital perannya bila menyangkut masalah musik.

Tapi beberapa orang diberi keistimewaan yang lebih. Keistimewaan apa itu? Yaitu kepekaan terhadap musik yang tinggi meskipun mempunyai indra pendengaran yang tidak sempurna.

Dan beberapa di antaranya adalah legenda musik dunia. Luar biasa.berikut 10 Musisi Dunia yang Memiliki Pendengaran kurang Sempurna,dikutip dari Kapanlagi:

1. Neil Young

BLoG kiTa – Neil Young adalah salah satu penulis lagu terbesar sepanjang masa. Bahkan sampai ada dua kategori di Rock And Roll Hall Of Fame dengan namanya. Dia telah menciptakan lebih dari tiga puluh album yang unik.

Seiring dengan kesuksesannya itu, ia juga menderita penyakit tinnitus. Sebuah gejala yang umum dialami oleh orang yang terlalu sering mendengarkan suara kencang. Hal tersebut membuat kepekaan gendang telinga berkurang.

2. Ozzy Osbourne

BLoG kiTa – Ozzy menjadi pelopor kebesaran musik metal. Juga menjadi salah satu musisi paling sukses sepanjang masa. Salah satu punggawa Black Sabbath ini ternyata juga memiliki masalah pendengaran.

Mungkin karena terlalu sering mendengarkan musik keras, Ozzy telah kehilangan pendengaran secara signifikan. Jika Anda mengikuti serial The Osbournes pasti Anda akan tahu lebih banyak tentang apa yang dialami Ozzy.

3. Phil Collins

BLoG kiTa – Dengan penghargaan mulai dari Oscar, Grammy hingga Golden Globes, Anda sudah bisa menganggap bahwa Phil adalah salah seorang musisi yang sukses. Setelah Genesis bubar, Phil semakin moncer dengan bersolo karir.

Sayangnya ia harus pensiun dini sebagai musisi. Ia mengalami masalah pendengaran yang didapati makin hari makin serius.

4. George Martin

BLoG kiTa – Siapa lagi yang meragukan kesuksesan George. Setelah tak lagi sibuk memproduseri The Beatles, George lebih fokus pada karirnya memproduseri musisi-musisi lain. Ia sempat membawahi beberapa musisi besar di antaranya Elthon John.

Namun akhirnya George memiliki masalah yang sama dengan Phil Collins. Frekuensi mendengarkan musik terlalu sering membuat telinga George bermasalah. Hal tersebut yang membuat George harus pensiun dari dunia produser.

5. Will.i.am

BLoG kiTa – Kesuksesannya bersama The Black Eyed Peas tak perlu diragukan lagi. Hingga saat ia bersolo karir juga ternyata tidak meredupkan kepopulerannya.

Namun ternyata Will.i.am memiliki gangguan pendengaran yang aneh. Ketika ia mendapati dirinya sedang berada dalam kondisi yang sunyi senyap dan sepi, telinganya malah kesakitan seperti mendengarkan dering yang begitu kencang. Hal tersebut yang membuat dia tak pernah berhenti untuk ‘meriuhkan’ telinganya.

6. Brian Wilson

BLoG kiTa – Kalau Brian Wilson ini adalah pentolan band The Beach Boys. Bahkan di album legendaris, PET SOUND, Brian sendiri yang memproduserinya.

Yang unik adalah ternyata Brian memiliki masalah pendengaran sejak kecil. Hanya satu telinganya yang berfungsi, dan yang satu lagi mati total. Nyatanya hal tersebut tak mempengaruhi hasil karya Brian. Salut.

7. Jeff Beck

BLoG kiTa – Melalui keinginan kuat untuk mencapai suara tertinggi, Jeff Beck telah memainkan gitarnya dalam berbagai genre. Mulai dari heavy metal, elektronik musik, hingga progresif. Hal tersebut yang kemudian menobatkan Jeff sebagai gitaris terbaik nomor 14 versi majalah Rolling Stone.

Namun eksplorasi Jeff yang begitu luas menyisakan korban. Itu adalah telinganya. Sama seperti George dan Phil, Jeff kini menderita tinnitus. Sebuah pengorbanan yang besar untuk musik.

8. Eric Clapton

BLoG kiTa – Bagaimana kata untuk memulai mendeskripsikan seorang legenda? Mari hanya mengatakan bahwa Eric Clapton mencatatkan namanya dalam Rock And Roll Hall Of Fame dalam 3 kategori. Cukup? Baiklah kita lanjut ke pokok masalah.

Eric Clapton bertahun-tahun berjuang melawan masalah kecanduan obat, ketergantungan alkohol, dan gencarnya serangan penyakit tinnitus. Sebelumnya ia masih terus memaksakan untuk bergelut di dunia musik sebelum akhirnya menyerah karena mendapati penyakitnya yang makin parah.

9. Pete Townshend

BLoG kiTa – Punggawa band The Who ini adalah yang pertama kali memainkan musik rock dalam sebuah opera. Selain itu ia juga menulis lagu terbaik sepanjang masa seperti, My Generation, Wont Get Fooled Again, dan Pinball Wizard.

Angan untuk menjadi band paling rock sedunia membuat semua personil The Who berjuang dengan masalah pendengaran. Tapi Pete mengalami hal terburuk. Namun dalam beberapa waktu mereka tetap memaksakan untuk terus bermain.

10. Ludwig van Beethoven

BLoG kiTa – Yang tersahih siapa lagi kalau bukan komposer (maaf) tuli legendaris dalam sejarah musik? Ia benar-benar sudah tak bisa mendengar kebisingan dunia sejak tahun 1814.

Namun itu semua tak mematahkan semangatnya untuk terus membuat simponi. Beberapa ilmuwan menyebut kebiasaan Beethoven mandi dengan air dingin untuk tetap membuatnya tetap terjaga adalah faktor yang membuat dirinya mengalami (maaf) tuli.