10 Pembelian Terbaik dan Terburuk Alex Ferguson di MU

BLoG kiTa – Selama 26 tahun mengarsiteki Manchester United, Sir Alex Ferguson sukses meraup 36 trofi bagi klub kebanggaan kota Manchester tersebut. Namun, Fergie tak hanya handal dalam mengolah strategi permainan, ia juga jeli dalam mendapatkan pemain muda potensialini Bolanet akan membahas perihal kesuksesan dan kegagalan Opa Fergie dalam pembelanjaan pemain, selama ia duduk di kursi manajer Setan Merah. Penasaran siapa saja pemain yang dimaksud? Berikut10 Pembelian Terbaik dan Terburuk Alex Ferguson di MU dikutip dari bola.net

1. Pembelian Terbaik 1
BLoG kiTa – Peter Schmeichel: £750,000 (dari Brondby)
Pembelian kiper asal Denmark di tahun 1991, termasuk salah satu transfer terbaik abad ini. Dengan harga yang relatif murah, Schmeichel bertransformasi menjadi salah satu kiper terbaik sepanjang masa, ketika masih berseragam Manchester United.

2. Pembelian Terbaik 2

BLoG kiTa – Eric Cantona: £1.2 Juta (dari Leeds United)
Meskipun hanya lima tahun membela panji Manchester United, Eric Cantona termasuk salah satu pembelian jitu Opa Fergie. Bengal namun berskill tinggi adalah identitas dari pria asal Prancis tersebut. Ia juga berjasa mengantar Setan Merah merengkuh double-winners di tahun 1994
3. Pembelian Terbaik 3
BLoG kiTa – Cristiano Ronaldo: £12.25 Juta (dari Sporting Lisbon)
Sang anak emas, Cristiano Ronaldo adalah salah satu pembelian tersukses Opa Fergie di sepanjang karirnya. Bagaiman tidak? Meraih Ballon d’Or pada tahun 2008 dan mengantar Manchester United menjuarai Liga Champions di tahun yang sama, CR7 sukses menjadi pemain termahal dunia ketika ia memutuskan hijrah ke Real Madrid pada 2009 silam.
4. Pembelian Terbaik 4
BLoG kiTa – Denis Irwin: 625,000 (dari Oldham)
Salah satu pemain under-rated terbaik yang pernah dimiliki Opa Fergie adalah Denis Irwin. Dibeli dari Oldham pada tahun 1990, pria Irlandia itu menorehkan penampilan sebanyak 268 bersama Manchester United dan mencetak 22 gol.
5. Pembelian Terbaik 5
BLoG kiTa – Roy Keane: £3.75 Juta (dari Nottingham Forest)
Disiplin dalam menjaga sektor tengah serta lugas, karakter yang melekat pada diri Roy Keane. Meskipun berposisi sebagai gelandang bertahan, pria Irlandia tersebut acapkali mengirimkan umpan-umpan matang untuk para penyerang. Keane juga sangat dicintai oleh fans setia Manchester United, bahkan hingga saat ini.
6. Pembelian Terbaik 6
BLoG kiTa – Ole Gunnar Solskjaer: £1.6 Juta (dari Molde)
Masih ingat dengan Si Baby Face Solskjaer? Ya, salah satu dewa penyelamat Manchester United di final Liga Champions tahun 1999. Tak hanya lihai dalam mencari posisi, pria Norwegia tersebut memiliki akurasi tendangan yang cukup akurat.
7. Pembelian Terbaik 7
BLoG kiTa – Steve Bruce: £825,000 (dari Norwich)
Tak banyak pemain bertahan yang sanggup mencetak 19 gol seperti Steve Bruce di tahun 1990-91. Ia juga pernah berperan besar membawa Manchester United mengakhiri puasa gelar Premier League di tahun 1993.
8. Pembelian Terbaik 8
BLoG kiTa – Edwin van der Saar: £2 Juta (dari Fulham)
Dibeli dari Fulham dan berstatus sebagai pemain veteran (kala itu ia berusia 34 tahun), Van der Saar sukses mengantarkan Manchester United menjuarai trofi Liga Champions pada tahun 2008.
9. Pembelian Terbaik 9
BLoG kiTa – Nemanja Vidic: £7 Juta (dari Spartak Moskow)
Meski debutnya di Old Trafford diwarnai kekalahan telak dari Manchester City, namun Nemanja Vidic mampu bangkit dari keterpurukan dan menjadi salah satu bek terbaik di dunia hingga saat ini. Kelugasannya dalam menjaga area pertahan tak perlu dipertanyakan lagi.
 10. Pembelian Terbaik 10
BLoG kiTa – Robin van Persie: £22.5 Juta (dari Arsenal)
Kepindahan Robin van Persie ke Manchester United memang sempat menghebohkan tanah Inggris, terutama dari pihak fans Arsenal. Satu alasan RVP hijrah ke Old Trafford karena alasan ambisi. Bahkan pemain asal Belanda tersebut akhirnya mengakhiri puasa gelar Premier League selama sembilan tahun, dengan mempersembahkan gelar ke-20 United di musim 2012-13.

Lanjut ke Pembelian Terburuk Alex Ferguson di MU1.

11. Pembelian Terburuk 1
BLoG kiTa – Bebe: £7.4 Juta (dari Vitoria)
Pembelian Bebe dari klub amatir Portugal; Vitoria de Guimaraes cukup membingungkan publik Old Trafford. Sang pemain akhirnya gagal memenuhi ekspektasi Opa Fergie dan hingga saat ini masih berstatus pemain United.
12. Pembelian Terburuk 2
BLoG kiTa – Ralph Milne: £170,000 (dari Bristol City)
Dibeli dari Bristol City pada tahun 1988, Ralph Milne yang berposisi sebagai gelandang tengah tak mampu membuktikan kualitasnya bersama United. Bahkan setelah tiga tahun berseragam Setan Merah, Milne mengumumkan untuk pensiun dari dunia sepakbola, meskipun usianya baru menginjak 28 tahun.
13. Pembelian Terburuk 3 
BLoG kiTa – Massimo Taibi: £4.5 Juta (dari Venezia)
Selama berseragam Manchester United dan hanya menghabiskan satu musim (1999-00), Taibi cuma bermain sebanyak empat kali. Blundernya ketika melawan Southampton adalah salah satu momen ‘berkesan’ kiper Italia tersebut di ranah Inggris.

14. Pembelian Terburuk 4

BLoG kiTa – David Bellion: £3 Juta (dari Sunderland)
Dibeli dari Sunderland dan pernah diplot sebagai The Next Sylvain Wiltord, David Bellion termasuk salah satu pembelian gagal paling epic yang pernah ditorehkan Opa Fergie.

15. Pembelian Terburuk 5

BLoG kiTa – Dong Fangzhou: £3.5 Juta (dari Dalian Shide)
Meskipun Dong Fangzhou hanya bermain sekali di Premier League, namun pemain asal Republik China itu sukses meramaikan merchandise Manchester United di pasar asia.

16. Pembelian Terburuk 6
BLoG kiTa – Dimitar Berbatov: £30.75 Juta (dari Tottenham)
Salah satu pembelian termahal Manchester United di sepanjang sejarah klub. Dibeli dari Spurs, Berbatov sebenarnya bukan pembelian gagal, hanya saja Opa Fergie gagal mengoptimalkan potensinya selama berkarir di Old Trafford. Meskipun begitu Berba adalah salah satu pemain yang di cintai fans Setan Merah.

17. Pembelian Terburuk 7

BLoG kiTa – Eric Djemba-Djemba: £3.5 Juta (dari Nantes)
Kepindahan pemain asal Kamerun ini ke Manchester United, cukup membuat kepala Eric Djemba-Djemba membesar. Bagaimana tidak, baru bergabung ke Old Trafford ia sudah membeli 10 mobil 4wd dan membuka 30 rekening bank, serta berakhir dengan kebangkrutan.

18. Pembelian Terburuk 8

BLoG kiTa – Gabriel Obertan: £3 Juta (dari Bordeaux)
Memiliki kecepatan di atas rata-rata dan skill dribbling yang mumpuni, Obertan yang pernah diplot sebagai The New Ronaldinho ketika bergabung bersama Manchester United, kurang lihai dalam melakukan tendangan ke gawang. Maka dari itu Opa Fergie akhirnya menjual sang pemain ke Newcastle.

19. Pembelian Terburuk 9

BLoG kiTa – Kleberson: £6.5 Juta (dari Atletico Paranaense)
Kleberson termasuk di dalam skuad Timnas Brasil pada tahun 2002, ia juga turut berkontribusi di beberapa pertandingan. Namun, sayangnya ia tak bisa melakukan apa-apa ketika berseragam Manchester United.
 
20. Pembelian Terburuk 10

BLoG kiTa – Juan Sebastian Veron: £28 Juta (dari S.S. Lazio)
Media Inggris menyebutkan bahwa pembelian Juan Sebastian Veron di anggap tidak perlu dan gagal. Namun, hal ini tidak disetujui oleh Opa Fergie. Inilah salah satu statemen terkenal Fergie yang membela pembelian Veron, “He’s a f*****g great player, and you’re all f*****g idi*ts,” ujar kesal Fergie pada sekumpulan pers.