10 Penyamaran Hewan yang paling Menakjubkan di Dunia

BLoG kiTa – Hewan pun bisa melakukan penyamaran/kamuflase layaknya para tentara,berikut 10 Penyamaran Hewan yang paling Menakjubkan di Dunia,dikutip dari berbagai sumber:
1.Baron Caterpillar
BLoG kiTa – Caterpillar Baron (Euthalia aconthea Gurda) ini berasal India dan Asia Tenggara.Panjangnya sekitar 4mm dan dapa tumbuh hingga 45mm tapi saat mereka mencapai tahap 4 dan 5 pertumbuhan mereka dikenal sebagai instar. Penyamaran ini memungkinkan mereka untuk berbaur dengan daun, hal ini untuk menghindari predator sampai siap untuk dewasa.
2.Merlet’s Scorpionfish
BLoG kiTa – Merlet’s Scorpionfish (Rhinopias Aphanes) memiliki berbagai nama lain, banyak yang menyertakan kata “Lacy”. Hal ini karena mereka memiliki sejumlah besar tentakel dan penutup kulit, serta bentuk keseluruhan yang tidak biasa, yang memberikan mereka disebut terlihat Lacy (renda). 
Mereka menggunakan semua faktor ini terlihat seperti tanaman hidup, berbaur dengan terumbu karang. Mereka akan tetap diam selama berjam-jam sampai mereka mendapatkan kesempatan untuk melompat keluar, dan tarik napas mangsanya dengan mulut besar mereka.
3.Pygmy Seahorse
BLoG kiTa – Hippocampus Pygmy adalah Goliath yang belum lama ini disebut Hippocampus Denise. Ukuran yang sangat kecil dan kamuflase rumit membantu menjelaskan mengapa pertama kalinya ditemukan pada tahun 1969, dan hanya 6 lebih yang telah ditemukan sejak saat itu. 
Mereka dapat ditemukan 10-40 meter (33-130 kaki) yang mendalam, terutama di lepas pantai Australia, Indonesia, Jepang, Kaledonia Baru, Indonesia & Papua Nugini.
4.Tawny Frogmouth
BLoG kiTa – The Tawny frogmouth (Podargus Strigoides) adalah jenis burung hantu (dalam beberapa kasus ada yang mencoba untuk menemukan sebuah katak selama beberapa menit ) asli Australia. 
Meskipun hewan nocturnal mereka telah mengembangkan metode canggih kamuflase siang hari: mereka duduk diam, menutup mata mereka, meregangkan leher mereka dan memadatkan bulu mereka, membuat mereka tampak seperti cabang pohon patah. Ini digunakan sebagai mekanisme pertahanan, bukan untuk berburu.
5.Leafy Sea Dragon
BLoG kiTa – Leafy Sea Dragons (Phycodurus Eques) adalah penduduk asli lautan selatan Australia. Berukuran sampai dengan 35cm (13,8 inci), mereka memiliki tubuh panjang dan ramping, dihiasi dengan daun rumit-seperti pelengkap untuk membantu mereka berbaur dengan kehidupan tanaman air.
6.Underwing Moth
BLoG kiTa – Ada lebih dari 200 spesies underwing moth (kalo di indo namanya ngengat), sebagian besar ditemukan di bagian timur Amerika Utara. Mereka yang disebut demikian karena set kedua dari sayap mereka yang hanya terlihat ketika terbang adalah pola-pola cerah dari oranye, merah kuning dan putih, sementara set pertama mereka dari sayap biasanya campuran pola abu-abu dan coklat. 
Percobaan telah menunjukkan bahwa ngengat benar-benar memilih pohon dengan kulit yang mirip dengan warna mereka sendiri untuk melindungi diri mereka.
7.Reef Stonefish
BLoG kiTa – The Reef Stonefish (Synanceia verrucosa) ditemukan di karang berbatu pantai Australia, dan dapat diukur hingga 50cm (1,6 kaki). Ikan ini adalah salah satu yang paling berbisa di dunia karena dapat menyuntikkan racun melalui salah satu dari 13 spouts mereka. 
Meskipun tidak ada yang meninggal akibat racun mereka sejak Eropa tiba di Australia, namun sengatan mereka masih sangat menyakitkan dan berbahaya. Hal ini membuat kamuflase mereka jauh lebih menakutkan. Dan jika Anda berpikir Anda bisa tetap aman dengan keluar dari air, pikirkan lagi: ikan ini bisa bertahan hingga 24 jam di darat.
8.Dead Leaf Butterfly
BLoG kiTa – Mungkin salah satu contoh paling sempurna dari kamuflase dalam kerajaan hewan, Dead Leaf butterfly (Kallima inachus) atau kupu-kupu daun mati ditemukan terutama di daerah tropis Asia, terutama India dan Jepang. Kupu-kupu daun mati memiliki 2 generasi per tahun, penampilannya tergantung pada apakah generasi yang hidup selama musim kemarau atau musim hujan. 
Sayap mereka bahkan dapat memiliki pola untuk membuatnya terlihat seperti daun berada pada berbagai tahap dekomposisi, termasuk benar-benar memiliki lubang.
9.Leaf Tailed Gecko
BLoG kiTa – Berasal dari Pulau Madagaskar, dan yang lebih kecil di sekitarnya, ada 8 Leaf Tailed Gecko yang kita kenal sejauh ini. Seperti jenis sebelumnya, mereka dapat terlihat kering, atau busuk, tetapi mereka juga terkenal karena kemampuan mereka untuk berbaur dengan kulit di pohon.
10.Octopus
BLoG kiTa – Sejauh ini tidak ada yang bisa menandingi sang juara sejati kamuflase. Ini adalah video yang diambil oleh ahli biologi kelautan Roger Hanlon. Kemampuan gurita ini untuk menyalin warna, tekstur, pola dan bentuk sekitarnya sangat luar biasa. Dalam klip di atas skip to 1:30 untuk melihatnya.