10 Tempat Alami yang paling Menakjubkan di Dunia

BLoG kiTa – Banyak tempat-tempat indah di dunia ini. Sebagian memang dibuat dengan campur tangan manusia, namun sebagian lagi memang sudah seperti itu adanya dari alam. Berikut ini adalah tempat-tempat menakjubkan di dunia yang asli tanpa campur tangan manusia. Seperti apa indahnya? Simak saja halaman selanjutnya seperti kutip dari kapanlagi
1. Lautan Garam
BLoG kiTa – Tempat ini sering disebut Salar de Uyuni. Salar berasal dari bahasa Spanyol yang berarti garam, sedangkan Uyuni berasal dari bahasa Aymara yang berarti pulau atau kandang.

Salar de Uyuni merupakan sebuah lanskap putih yang menyilaukan di Bolivia. Ada sekitar 10 miliar ton garam yang tersebar di tempat seluas 4 ribu mil persegi ini.

 
Uniknya, tempat ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan, hingga akhirnya dibangun hotel pertama yang seluruh bagiannya terbuat dari garam pada 1993.

2. Bukit Cokelat
BLoG kiTa – Ribuan bukit terhampar di atas 50 kilometer persegi daerah yang termasuk wilayah Provinsi Bohol, Filipina. Namanya diambil dari tampilan bukit saat kemarau tiba.

Bukit akan berubah menjadi coklat karena kekeringan di saat kemarau. Namun, ketika musim hujan, bukit ini akan menjelma hijau menyala dan segar.

 
Ada sekitar 1260 bukit di atas wilayah ini. Setidaknya, ada empat legenda yang menceritakan awal mula bukit ini Salah satunya mengungkapkan bahwa perbukitan terbentuk dari air mata seorang raksasa yang jatuh cinta pada gadis lokal.
3. Aliran Sungai ‘Darah’
BLoG kiTa – Rio Tinto namanya, mengalir di barat daya Spanyol. Jika diterjemahkan dari Bahasa Spanyol berarti Sungai Merah. Nama ini diambil dari keadaan sungai yang mengalir di daerah ini.

Sungai sepanjang 62 mil ini mengalirkan air berwarna merah seperti darah. Ini karena kombinasi dari bakteri langka, jumlah oksigen yang sangat rendah, serta polusi dari tambang emas, 

 
perak, dan tembaga-tembaga lainnya. Pencemaran kombinasi ini ternyata telah berlangsung sejak 3 ribu tahun lalu. Alirannya berasal dari Pegunungan Sierra Morena Andalusia hingga Teluk Cadiz di Huelva.

4. Bebatuan Hasil Letusan Gunung

BLoG kiTa – Tumpukan bebatuan berbentuk hexagonal tersusun rapi di sisi pantai. Pengunjung dapat menelusuri dan berjalan di atasnya untuk menikmati pantai.

Situs ini berada sekitar tiga mil dari Kota Bushmills. Bebatuan di tempat ini memiliki tinggi yang cukup beragam, dengan batu tertinggi mencapai 12 meter. 

 
Tempat ini dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada 1986. Selang satu tahun, Departemen Lingkungan Hidup Irlandia Utara menetapkan tempat ini sebagai Cagar Alam Nasional.
5. Danau Polkadot
BLoG kiTa – Selama bulan-bulan terpanas di sepanjang tahun, yaitu pada Juli hingga September, air danau ini akan menguapHasilnya, akan ada pola polkadot yang sangat banyak di permukaan danau yang memiliki luas sekira 61 acre ini. 
 
Fenomena langka ini terjadi dengan latar cerita yang miris, di antaranya faktor tingginya tingkat mineral, seperti kalsium dan magnesium, serta perak dan titanium, air pun berubah menjadi berwarna biru, hijau, bahkan kuning.
6. Pohon Bergetah ‘Darah’
BLoG kiTa – Pulau ini menawarkan keunikan flora yang tersebar di sana. Keunikannya dapat dilihat dari ratusan flora yang hanya dapat ditemukan di tempat ini saja.

Pulau Socotra namanya. Dengan ukuran yang cukup luas di Samudra Hindia, tanaman yang ada di tempat ini sungguh unik. 

 
Bentuknya seperti payung yang sedang mekar. Tanaman ini juga memiliki getah yang berwarna merah. Sehingga ketika getah itu mengalir di batang pohon, maka akan tampak seperti darah.
7. Tebing Ombak
BLoG kiTa – Padang gurun di Arizona Utara ini merupakan pemandangan paling mencolok di Amerika Barat Daya. Tempat ini memiliki luas 300 ribu hektar dan terkenal dengan limpahan batu pasir dan kikisan tanah warna-warni. Di barat laut dari taman Buttes Coyote, terdapat tebing yang disebut The Wave. Bentuk alurnya yang seperti ombak menginspirasi pemberian nama pada tempat ini.
8. Benteng Es
BLoG kiTa – Perito Moreno Glacier dikenal sebagai salah satu keajaiban yang luar biasa. Bongkahan es ini memiliki panjang 50 mil dengan tinggi 500 meter, terhampar hingga Lago Argentino.

Tempat ini merupakan salah satu dinding es di atas danau yang masih terus berkembang. Perkembangnannya adalah sebuah fenomena alam yang terjadi secara alamiah. 

 
Dinding es akan pecah ketika ketinggian air di danau meningkat, sehingga tekanan air pun semakin kuat. Fenomena alam ini terjadi setiap empat hingga lima tahun sekali.

9. Pilar-Pilar Menggapai Langit
BLoG kiTa – Zhangjiajie National Forest Park merupakan taman hutan nasional di negeri bambu. Pada tahun 1982 tempat ini diakui sebagai taman hutan nasional pertama di China.

Sepuluh tahun setelahnya, wilayah ini ditetapkan sebagai situs warisan dunia. Kemudian pada 2004, hutan ini diakui sebagai Geopark Global UNESCO.

Pilar-pilar batu kapur tinggi menjulang menggapai langit yang sudah ada sejak 200 juta tahun lalu. Terdapat sekitar 3000 pilar batu kapur dengan tinggi mencapai 3500 kaki ke udara. Tidak hanya pilar-pilar batu kapur, di tempat ini pun terdapat berbagai pepohonan, ada sekitar 157 pohon tumbuh di tempat ini termasuk pohon langka yaitu merpati china.

10. Lautan Pasir
BLoG kiTa – Simpson Desert merupakan gurun pasir dengan warna merah darah seluas 54 ribu mil persegi. Ini adalah gurun pasir terluas keempat di Australia yang tak berpenghuni.

Tak hanya gurun pasir dataran saja, di sini juga terdapat bukit-bukit kecil yang warnanya pun merah. Dari mana pasir tersebur bisa berwarna merah?

 
Warna yang berbeda-beda, dari merah muda hingga merah darah itu berasal dari kandungan oksida besi dalam pasir. Alurnya yang bergelombang membuat gurun ini seperti ombak.