13 Adegan Pembuka Film yang Sukses menarik Penonton

BLoG kiTa – Kesan pertama dalam sebuah film sangatlah penting. Sensasi yang dihadirkan pada adegan awal film menjadi penentu mood yang akan tercipta. Percaya atau tidak, adegan di awal film bisa menjadi penilaian bagus atau tidaknya sebuah film.
Adegan pembuka pun bisa digarap dalam nuansa yang beragam, bisa saja penuh dengan adegan ledakan, penuh ketegangan atau justru hening dan mengundang penasaran.
Berikut ini 13 adegan pembuka dalam yang sukses memikat penonton dengan caranya masing-masing dan membuat penonton betah menonton filmnya sampai akhir,dikutip dari Kapanlagi:
1. Perampokan bank
Film: THE DARK KNIGHT (2008)
BLoG kiTa – Dari beberapa menit adegan pembuka film, penonton langsung tahu bahwa Joker versi Christopher Nolan bakal digambarkan lebih cerdas dan brutal. Tak bisa dipungkiri bahwa aksi musuh ikonik Batman satu ini yang paling ditunggu dalam filmnya.
Aksi perampokan yang rumit dan jenius serta ditampilkannya wajah mengerikan sang Joker membuat penonton menahan nafas lalu tak sabar melihat versi paling kelam dari adaptasi superhero DC Comics ini.
2. Hidup itu seru dan bebas
Film: TRAINSPOTTING (1996)
BLoG kiTa – Benar merah film Danny Boyle ini langsung dipaparkan dalam adegan pembukanya yang benar-benar unik. Di awal, penonton dipersilakan untuk melihat keseharian tokoh Renton (Ewan McGregor), seorang skinhead Inggris yang benar-benar bebas.
Lewat narasinya pun penonton bisa tahu bahwa tokoh satu ini tak suka disuruh memilih gaya hidup yang sama seperti orang lain. Ia mau bebas sebebas-bebasnya, yang berarti ia bebas menghisap ganja dan juga mencuri makanan hingga dikejar-kejar petugas keamanan.
3. Pesawat luar angkasa super panjang
Film: SPACEBALLS (1987)
BLoG kiTa – Penonton langsung sepakat bahwa SPACEBALLS adalah parodi terlucu dari saga STAR WARS lewat adegan pembukanya saja. Jika dalam STAR WARS ada kapal luar angkasa milik Empire yang super besar, maka SPACE BALLS menghadirkan kapal yang super panjang. Bayangkan saja pesawat tersebut ditampilkan melintas dalam durasi 1 menit 43 detik.
4. Manusia tak lagi bisa bereproduksi
Film: CHILDREN OF MEN (2006)
BLoG kiTa – Menjelaskan pondasi cerita kepada penonton bisa jadi hal yang paling sulit yang ditemui sutradara. Akan tetapi Alfonso Cuaron dengan cerdas merangkum semuanya lewat adegan yang singkat dan sederhana.
Lewat siaran televisi dalam film serta keadaan kota London yang kumuh, penonton diajak menyelami keadaan bumi di mana manusia tak lagi bisa menghasilkan keturunan. Ditambah dengan adegan ledakan, film ini langsung memberikan isyarat bahwa keadaan masyarakat tak lagi damai.
5. Obrolan menegangkan
Film: INGLORIOUS BASTERDS (2009)
BLoG kiTa – Bicara tentang adegan pembuka tak ada yang bisa membuatnya menarik seperti Quentin Tarantino. Dalam film tentang Nazi yang sukses meraih Oscar ini mengemas adegan pembukanya dalam sebuah obrolan menegangkan antara SS Colonel Hans Landa (Christoph Waltz) dan korbannya. Dialog dan gesture Hans sangat mengintimidasi dan membangun suasana bahwa pembantaian Nazi itu kejam adanya.
6. Teror telepon pembunuh
Film: SCREAM (1996)
BLoG kiTa – Adegan pembuka film horor klasik SCREAM dikenal sebagai adegan paling ikonik hingga saat ini. Secara perlahan, penonton diajak untuk merasakan ngerinya mendapat teror telepon tengah malam lewat Casey Becker (Drew Barrymore).
Suara yang membuat bulu kuduk merinding itu pun terus melontarkan ancaman-ancaman yang pastinya membuat penonton ikut takut namun di saat yang sama juga penasaran dengan apa yang akan terjadi selanjutnya.
7. Pengenalan tokoh yang unik
Film: CITIZEN KANE (1941)
BLoG kiTa – Alih-alih menjabarkan tokoh dalam filmnya dengan jelas, adegan pembuka CITIZEN KANE memaparkan detil film yang malah membuat penonton penasaran. Lewat gerbang rumah tua yang sudah penuh karat, bola dunia yang sudah rusak, dan sosok pria yang sudah mati tentunya belum bisa menjelaskan sesuatu kepada penontonnya. Jalan satu-satunya adalah dengan menontonnya.
8. Futuristic Kung Fu
Film: THE MATRIX (1999)
BLoG kiTa – Adegan dibuka dengan sekelompok polisi siap menyergap di balik pintu kamar. Di ruangan tersebut ada sesosok wanita misterius berbusana serba kulit sedang mengoperasikan komputer. Adegan berjalan cepat dan penonton langsung dihujani adegan kung fu futuristik yang diperagakan Trinity saat hendak melarikan diri dari kejaran polisi. THE MATRIX terbukti hingga kini menjadi film fiksi ilmiah terbaik di era 90-an.
9. Dikejar batu raksasa
Film: INDIANA JONES AND THE RAIDER OF THE LOST ARK (1981)
BLoG kiTa – Cara terbaik untuk memperkenalkan sosok jagoan adalah dengan menaruhkan dalam sebuah aksi berbahaya. Penonton bisa menyaksikan betapa ahlinya Indi (Harrison Ford) dalam melalui jebakan berbahaya sampai menghindar batu besar saat sedang menjelajah gua prasejarah. Steven Spielberg, sang sutradara, memang dikenal sebagai sutradara yang fasih meramu adegan pembuka.
10. Ngerinya Perang Vietnam
Film: APOCALYPSE NOW (1979)
BLoG kiTa – Film ini dibuka dengan pemandangan hutan Kamboja dalam iringan lagu This is the End Jim Morisson. Suasana yang sejatinya meneduhkan tersebut langsung berubah total saat helikopter menyerang dengan menjatuhkan napalm dan peledak. Cara yang tepat menggambarkan betapa ngerinya perang Vietnam.
11. Pembunuhan kejam di awal film
film: GODFELLAS (1990)
BLoG kiTa – Trio Ray Liotta, Robert De Niro dan Joe Pesci berada dalam satu mobil dan berbincang memang membosankan. Akan tetapi rasa bosan tersebut berganti rasa terkejut saat ketiganya ternyata membawa korban mereka di dalam bagasi mobilnya dan langsung berhenti untuk benar-benar membunuh korbannya saat tahu korban tersebut masih hidup. Martin Scorsese secara lugas menggambarkan adegan penusukan dan penembakan tersebut di awal film.
12. Jangan berenang sendirian
Film: JAWS (1975)
BLoG kiTa – Tidak butuh waktu lama bagi film horor teror hiu ini untuk membuat penonton ketakutan. Film langsung dibuka dengan adegan seorang gadis yang mulanya ingin berenang santai lalu mati di mulut ikan hiu. Penampilan sang aktris, Susan Backlinie pun terlihat sangat meyakinkan.
13. Pengantin babak belur
Film: KILL BILL VOL 1 (2003)
BLoG kiTa – Adegan dibuka dengan sosok pengantin wanita yang babak belur dengan mengenakan pakaian pengantinnya. Ia yang memohon untuk tak dibunuh mendapat tembakan tepat di kepalanya. Tak ada jalan lain bagi penonton untuk menemukan jawabannya dengan menonton seluruh filmnya.