15 Pemain Hebat yang pernah Bermain untuk Alex Ferguson

BLoG kiTa – Selama 26 tahun lebih karir kepelatihannya, berbagai macam trofi sukses ia persembahkan untuk Manchester United. Selain itu Alex Ferguson juga sukses mencetak bintang-bintang hebat lapangan hijau selama masa baktinya di Old Trafford.

Mulai dari Denis Irwin, Bryan Robson, David Beckham hingga nama-nama seperti Wayne Rooney serta Cristiano Ronaldo pernah mendapat merasakan tangan dingin Fergie.

Dan berikut 15 pemain yang pernah bermain untuk Alex Ferguson,yang dikutip dari Bolanet:

1. Bryan Robson (1981-1994)
BLoG kiTa – Bryan Robson bergabung Manchester United pada 1981 setelah menghabiskan tujuh tahun karirnya bersama West Bromwich.

Namanya menjadi salah satu pemain yang berjasa meletakkan pondasi kuat bagi Setan Merah di Liga Inggris.

Bersama United, Bryan tampil sebanyak 461 pertandingan dan mencetak 99 gol. Serta mempersembahkan 11 trofi selama 13 tahun karirnya di Manchester United.

2. Denis Irwin (1990-2002)
BLoG kiTa – Hanya dengan membayar 650 ribu pound kepada Oldham Athletic pada 1990, Alex Ferguson pasti telah mencatatkan salah satu pembelian tersuksesnya bersama Setan Merah.

Irwin yang dijuluki Mr. Dependable merujuk pada jarangnya ia membuat kesalahan tampil bersama United dalam 529 pertandingan dan mencetak 33 gol.

Bersama United, Irwin mengoleksi banyak gelar. Di antaranya 7 gelar Premier League, 3 gelar FA Cup, 1 Piala Liga, 4 trofi Charity Shield, 1 Piala Champions, 1 Piala Winners, 1 Piala Super Eropa dan 1 Piala Interkontinental.

3. Dwight Yorke (1998-2002)
BLoG kiTa – Salah satu pemain yang membantu Manchester United meraih gelar treble. Selama 5 musimnya bersama Red Devils, dia menjadi bagian penting dari kesuksesan klubnya.

Dia mencetak gol yang membawa United lolos ke final Liga Champions, dan dia juga yang mengkreasikan umpan matang bagi Andrew Cole untuk menciptakan gol kemenangan klubnya lawan Juventus di semifinal yang mengantarkan mereka lolos ke final.

4. Andrew Cole (1995-2001)
BLoG kiTa – Cole bergabung dengan United secara mengejutkan dari Newcastle pada tahun 1995, dan menjelma bagian penting dari tim. Dia tampil di lebih dari 275 pertandingan dan mencetak total 121 gol.

Dia mencetak gol kemenangan lawan Tottenham dalam laga liga terakhir yang memberikan mereka keunggulan 1 poin atas Arsenal. Hal itu membuat mereka berhasil memenangkan Liga Premier dan menjadi satu-satunya tim Inggris yang berhasil meraih treble.

5. Gary Neville (1991-2011)
BLoG kiTa – Gary Neville, telah menjadi pemain inti di barisan pertahanan sejak tahun 1994.

Dia adalah salah satu dari Fledglings Fergie selama tahun 1990-an. Dia menjadi bagian dari tim yang memenangkan treble pada tahun 1999. Neville bahkan dianggap sebagai salah satu pemain bertahan terbaik dalam sejarah tim sebelum memutuskan pensiun pada 2011 silam.

6. David Beckham (1993-2003)
BLoG kiTa – David Beckham, salah satu pemain paling populer di dunia saat ini, memulai karir profesionalnya dengan United pada tahun 1993 dan bertahan sampai tahun 2003.

Secara keseluruhan, dia telah mencetak 62 gol dalam 265 penampilannya bersama United. Popularitasnya juga tumbuh saat bersama United, dan dia menjadi anggota kunci dari Fledglings Fergie selama tahun 1990-an. Dia juga berperan besar mengantarkan United memenangkan treble tahun 1999.

7. Cristiano Ronaldo (2003-2009)
BLoG kiTa – Cristiano Ronaldo, pemain yang menggantikan David Beckham, menjadi salah satu pemain terbaik di dunia selama memperkuat Man United.

Ia menjadi pemain Portugal pertama yang bermain bersama United, dan membawa klub itu menjadi salah satu tim terbaik di Eropa. Pada musim 2007-2008, dia mencetak 42 gol di semua kompetisi, dan membantu United memenangkan Liga Premier dan Liga Champions. Prestasi itu membuatnya berhasil memenangkan Ballon d’Or dan FIFA World Player of the Year.

Dia telah mencetak 118 gol bagi Man United dalam 292 penampilannya.

8. Roy Keane (1993-2005)
BLoG kiTa – Keane bergabung dengan United pada tahun 1993, dan dengan cepat menjadi bagian penting dari tim. Selama karirnya bersama United, dia mencetak 33 gol dalam 323 penampilannya.

Dia diangkat menjadi kapten United pada tahun 1997. Dia juga berperan besar mengantarkan United meraih treble (meskipun dia kena skorsing saat final).

9. Paul Scholes (1994-Sekarang)
BLoG kiTa – Scholes menjadi salah satu dari sembilan pemain yang tampil bagi United dalam lebih dari 500 pertandingan. Dia adalah salah satu pemain terbaik dan paling berhasil dalam sejarah Manchester United.

Dia juga menjadi salah satu anggota Fledglings Fergie pada tahun 1990-an. Scholes mencetak gol penting di final Piala FA 1999, dan berperan besar mempersembahkan gelar treble pada musim yang sama meskipun juga terkena skorsing saat final.

Dia tampil dalam 700 pertandingan lebih bersama United dan mencetak lebih dari 150 gol. Salah satu golnya yang terkenal yakni saat mencetak gol kemenangan lawan Barcelona pada tahun 2008 yang membawa United ke final Liga Champions yang mereka menangkan saat melawan Chelsea.

10. Ruud van Nistelrooy (2001-2006)
BLoG kiTa – Dianggap sebagai pencetak gol terhebat sepanjang masa, Ruud van Nistelrooy telah memberikan banyak gol hebat bagi Manchester United. Bersama United, total Nistelrooy mencetak 150 gol dalam 219 penampilannya.

Nistelrooy mencetak gol penalti yang menentukan kemenangan 2-0 United atas Arsenal, yang mengakhiri 49 pertandingan tak terkalahkan mereka. Pemain asal Belanda ini meraih 4 gelar bersama Man United.

11. Ole Gunnar Solskjaer (1996-2007)
BLoG kiTa – Ole Gunnar Solskjaer (alias Baby-Faced Assassin), adalah salah satu pemain yang dibuat Ferguson menjadi pemain bintang.

Dia memulai karirnya dengan United sebagai super-sub. Tetapi dia sering mencetak gol penting, yang paling menonjol tentunya saat lawan Bayern Munich di final Liga Champions 1999. Dia mencetak gol kedua bagi timnya di menit-menit akhir pertandingan. Gol itu menjadi gol kemenangan United dan berhasil meraih treble.

Pada awal tahun 2000-an, dia mulai jadi starter, tapi cedera membatasi waktu bermainnya. Namun, dia tidak pernah menyerah dan terus bermain meskipun cedera, hingga dia pensiun pada tahun 2007.

12. Eric Cantona (1992-1997)
BLoG kiTa – Dia adalah pemain yang membantu membuat Manchester United menjadi tim seperti sekarang. Eric Cantona bahkan menjadi kekuatan yang mampu mengubah sepak bola Inggris.

Sepanjang masa pasang surut karirnya, Cantona selalu menjadi pendukung setia Setan Merah dan telah memenangkan 9 gelar dengan United.

13. Peter Schmeichel (1991-1999)
BLoG kiTa – Tidak perlu diragukan lagi, dia merupakan salah kiper terhebat sepanjang masa. Schmeichel menemukan kejayaannya bersama Man United setelah pindah dari Brondby pada tahun 1991.

Selama 292 penampilannya bersama United, dia telah menggagalkan banyak usaha banyak pemain dengan cara yang luar biasa. Dia juga dikenal piawai memanfaatkan tendangan sudut di akhir pertandingan, yang sering membantu United mendapatkan poin-poin penting.

Pada musim terakhirnya dengan United, dia menjadi kiper utama United ketika memenangkan treble di tahun 1999.

14. Ryan Giggs (1990-Sekarang)
BLoG kiTa – Ryan Giggs adalah salah satu pemain terhebat dalam sejarah Manchester United, karena dia mencatatkan penampilan terbanyak bersama United dan telah mencetak lebih dari 100 gol.

Ferguson merekrutnya saat berusia 14 tahun pada tahun 1987, dan sejak saat itu dia hanya bermain untuk United. Dia adalah salah satu bagian dari Fledglings Fergie pada tahun 1990-an, dan merupakan satu-satunya pemain yang bisa mencetak gol di setiap musim Liga Premier sejak dimulai pada tahun 1992.

Dia mencetak salah satu gol yang paling terkenal dalam sejarah United pada tahun 1999. Ketika dia berlari dari tengah lapangan melewati pemain bertahan Arsenal, dan mencetak gol kemenangan dalam pertandingan replay semifinal Piala FA, dalam perjalanan mereka untuk memenangkan Piala FA, Liga Premier dan Liga Champions (treble) tahun itu.

15. Wayne Rooney (2004-sekarang)
BLoG kiTa – Rooney datang dari Everton pada tahun 2004 dengan nilai transfer termahal yang pernah ada untuk seorang pemain remaja (senilai 25,6 Juta Euro). Tapi itu memang tidak sia-sia, karena dia dengan cepat menjelma sebagai pemain yang paling berbahaya di Inggris.

Dia bahkan menjadi pemain inti sejak kedatangannya, dengan mencetak 197 gol dalam 402 penampilannya sebagai pemain United. Dia juga menjadi bagian dari tim yang memenangkan gelar Liga Champions tahun 2008.

Hingga saat ini Rooney telah mempersembahkan 11 gelar bagi Setan Merah, termasuk yang terbaru menjadi jawara Premier League musim ini.