5.000 personel diterjunkan dalam latihan TNI AL-US Pacom

Latihan bersama TNI AL dan Angkatan Laut Amerika Serikat bertajukCooperation Afloat Readiness and Training(CARAT) 2013 pada 21-28 Mei 2013 melibatkan 5.000 personel.

“Kami mengerahkan empat kapal perang, helikopter. Sementara Amerika Serikat mengerahkan tiga kapal perangnya, sehingga diharapkan ada teknik-teknik baru dalam mengatasi teror di laut,” kata Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Marsetio, di Jakarta, Selasa.


CARAT 2013 dibuka secara resmi dalam satu upacara di Markas Komando Armada Indonesia Kawasan Barat TNI AL. Segenap pimpinan TNI AL hadir, sementara Amerika Serikat diwakili Wakil Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Kristen F Bauer. 

Angkatan Laut Amerika Serikat mengerahkan tiga kapal perangnya, USS Charles Momsen (DDG-932/perusak berpeluru kendali), USS Tortuga (LSD-46/kapal pendarat pasukan), USNS Safeguard, dan satu pesawat intai PC-3 Orion.

Sementara TNI AL mengerahkan KRI Oswald Siahaan-354, KRI Sultan Iskandar Muda-367, pesawat intai maritim CN-235 MPA, pesawat terbang Pusat Penerbangan TNI AL, dan dua kompi personel Korps Marinir TNI AL.

Menurut Marsetio, latihan itu penerjemahan lebih lanjut kemitraan komprehensif Indonesia dan Amerika Serikat. Kualitas dan materi latihan CARAT terus berkembang dari tahun ke tahun yang telah dilaksanakan selama 19 tahun terakhir. 


“Latihan ini diselenggarakan bukan karena memanasnya situasi Laut China Selatan, namun latihan ini memang diselenggarakan setiap tahun,” ucapnya.

Latihan bersama ini terdiri dari tahap pangkalan dan tahap laut. Tahap pangkalan lebih bersifat interaksi antara angkatan laut dengan masyarakat, seperti simposium, pelatihan, olahraga, dan kunjungan ke sekolah dasar di Jakarta Utara.

Sedangkan tahap laut meliputi kegiatan latihan tempur di perairan Laut Jawa dan latihan Marinir di Korps Marinir, Antralina, Sukabumi, Jawa Barat. Lokasi latihan antara lain di Mako Armabar, perairan Tanjung Priok hingga Kepulauan Seribu, serta Tanjung Pasir, Tangerang, Banten.

Selain CARAT, kedua negara sebelumnya melaksanakan latihan bersandi Flash IronPassex,RimpacUS AidSilent Iron 12-1Minex 2012Marex 2012Salvex 2012, dan Lantern Iron 2012.


Sumber : Antara