5 Cara untuk Menghemat Bahan Makanan

BLoG kiTa – Sering kali Anda berbelanja dan membeli bahan makanan yang sebenarnya tidak dibutuhkan, karena masih tersedia di rumah. Selain jadi boros, cara ini bisa membuat makanan yang Anda miliki terbuang sia-sia. Rata-rata setiap orang di Amerika membuang 90 kg sampah makanan setiap tahunnya. Seperti dilansir dari Eating Well, berikut 5 Cara untuk Menghemat Bahan Makanan yang bisa membantu Anda berhenti membuang makanan dan juga berhemat dikutip darifood.detik
 
1. Periksa tanggal kadaluwarsa sebelum membeli
BLoG kiTa – Produk yang sama bisa memiliki tanggal kadaluarsa yang berbeda. Produsen menggunakan tanggal kadaluarsa untuk menunjukkan kesegaran produk. Biasanya, petugas supermarket meletakkan produk yang baru datang di urutan belakang rak makanan. Jika Anda ingin produk baru dan segar, cara ini bisa diterapkan.
2. Jika membeli daging, pilih yang baru dipotong
BLoG kiTa – Jejeran daging di rak pendingin mungkin terlihat segar, namun Anda tidak mengetahui sudah berapa lama daging tersebut dipajang. Anda bisa meminta potongan segar dari daging yang akan dipilih. Hindari daging yang warnanya terlalu gelap dan pucat. Perhatikan pula aroma daging, jika menyengat, sebaiknya jangan membelinya.
3. Simpan makanan Anda dengan benar
BLoG kiTa – Penyimpanan makanan yang tepat di kulkas bisa membuat makanan bertahan lama. Simpan daging mentah di laci daging yang jauh dari makanan matang, agar terhindar dari kontaminasi dan suhu daging tetap dingin. Untuk produk susu, letakkan di bagian paling belakang kulkas. Kacang-kacangan dan tepung gandum bisa ditaruh di freezer.
4. Periksa makanan sebelum membeli
BLoG kiTa – Saat berbelanja sebaiknya Anda tidak terburu-buru, agar makanan yang dibeli benar-benar segar dan berkualitas baik. Perhatikan makanan, misalkan buah atau roti, dengan baik untuk menghindari kekecewaan setelah pembelian. Jangan sampai apel yang Anda beli sudah memar di bagian atasnya atau roti yang dibeli sudah berjamur.
5. Periksa isi kulkas secara rutin
BLoG kiTa – Sebelum berbelanja, perhatikan isi kulkas Anda agar tidak membeli bahan makanan yang sudah ada. Tiap satu hari dalam seminggu, Anda bisa mendata bahan makanan apa saja yang ada di kulkas. Setelah itu, masaklah menu dengan bahan-bahan makanan yang sudah dekat tanggal kadaluwarsa agar bahan tersebut tidak terbuang sia-sia.