5 Fakta Unik Band Post Rock asal Islandia “Sigur Ros”

BLoG kiTa – Band post-rock asal Islandia, Sigur Ros menyimpan banyak keunikan yang mungkin belum Anda ketahui. Dimulai dari namanya yang terdengat tidak biasa, sampai lirik dalam lagu-lagu Jonsi Birgisson Cs ini yang mungkin cukup sulit untuk dibaca Grup band dengan enam album ini akan menggelar konsernya Jumat malam ini di Jakarta. Nah, sebelum menonton konsernya, yuk simak berikut ini 5 Fakta Unik Band Post Rock asal Islandia “Sigur Ros” seperti dilansir oleh  hot.detik
1. Jadi Lagu Iklan
BLoG kiTa – Keindahan lagu-lagu Sigur Ros telah mencuri perhatian kalangan yang luas. Hal itu antara lain terbukti dari banyaknya lagu mereka yang diadopsi dan diedit ulang (rip off) untuk kepentingan dunia periklanan.

Tidak hanya di luar negeri, ternyata di Indonesia hal itu juga terjadi. Beberapa iklan yang pernah melakukannya adalah Kecap Bango yang melakukan ‘rip off’ pada lagu Untitled #3 (Samskeyti). Juga, salah satu iklan Aqua yang mengadopsi lagu ‘Hoppipolla’.

Selain dua iklan itu masih ada iklan Semen Holcim (Go Do) dan Google Chrome (Sinking Frindship) yang menggunakan lagu Sigur Ros.
2. Album Tanpa Lirik
BLoG kiTa – Pada tahun 2002, Jonsi Birgisson Cs menciptakan album ketiga mereka dengan judul, ‘()’. Entah apa maksud mereka dengan simbol itu, tapi sebuah keunikan lain yang akan dibahas adalah, keseluruhan lagu pada album ini tidak mempunyai lirik.

Album ‘()’ berisi 8 lagu dengan judul ‘Untitled #1′ sampai Untiteld #8’ yang dimainkan tanpa lirik. Tapi, jangan memandang sebelah mata, walaupun tanpa lirik album ini mendapatkan nilai tertinggi dalam oleh kritikus musik dunia pada 2002.

3. Penggunaan Bahasa ‘Hopelandic’

BLoG kiTa – Dalam banyak lagunya, Sigur Ros menyanyi dengan bahasa yang terdegar tidak familiar di telinga, kadang terdengar seperti Bahasa Inggris, namun kadang Bahasa Islandia asli. Bahasa apa yang sebenarnya digunakan Jonsi Cs ini?

Bahasa itu kemudian disebut dengan istilah ‘Hopelandic’. Sebetulnya ‘Hopelandic’ itu bukan bahasa, karena tidak terdaftar dan memiliki fungsi, arti kata dan gramer yang jelas. ‘Hopelandic’ biasanya digunakan oleh beberapa penyanyi jazz saat mereka berimprovisasi dengan senandung.

4. Bahasa Inggris dalam Lagu ‘Heysatan’

BLoG kiTa – Berasal dari Islandia membuat pelantun ‘Ara Batur’ ini jarang menggunakan Bahasa Inggris, tanpa diketahui pasti alasannya. Tapi ada satu fakta menarik bahwa di lagu ‘HeySatan’ Sigur Ros menggunakan bahasa internasional tersebut.

Untuk pertama kali pada 2005, Sigur Ros menaruh kata berbahasa Inggris, yaitu ‘Massey Fergusson’. Masih terdengar aneh? Ya, tentu saja, karena ‘Massey Ferguson’ adalah ternyata sebuah merk traktor.

5. Menjadi Karakter di The Simpsons
BLoG kiTa – Tahun ini, Sigur Ros akan mencoba kreasi baru dengan bermain di sebuah serial TV ternama, The Simpsons. Diceritakan dalam sebuah episode dimana karakter Carl Carlson mengunjungi nenek moyangnya di Islandia, dan di sanalah dia bertemu dengan Sigur Ros.

Mereka telah menulis beberapa lagu dan mengaransemen lagu asli The Simpsons khusus untuk episode ini. Episode ‘Sigur Ros’ ada dalam dua episode akhir serial The Simpsons.