5 Gedung Tertinggi di Dunia akan Mengalahkan Burj Khalifa

BLoG kiTa – Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini membuat manusia bisa membuat apapun yang diinginkan termasuk gedung pencakar langit. Beberapa arsitek telah mampu unjuk gigi dengan membangun gedung di luar batas imaji manusia.

Saat ini gedung Burj Khalifa di Dubai menempati posisi teratas dalam daftar gedung tertinggi di dunia. Gedung ini memiliki tinggi sekitar 828 meter.

Mungkin posisi Burj Khalifa tidak akan bertahan lama. Sebab, saat ini tengah berlangsung pembangunan gedung pencakar langit lainnya yang digadang-gadang akan mengerdilkan Burj Khalifa.

Pembangunan gedung tinggi memiliki efisiensi fungsi karena serbaguna. Kemegahan satu gedung juga melekat citra kemewahan dan kemodernan terutama ke kota atau negara di mana gedung itu berdiri. Maka tidak heran jika melihat banyak kota besar yang mendirikan bangunan menjulang tinggi serta terkesan mewah.

Gedung mewah juga merepresentasikan kemajuan suatu kota. Kota megapolitan tentunya tidak terasa lengkap tanpa ada gedung pencakar langit yang menghiasinya.

Lima gedung pencakar langit yang tengah dibangun ini. Seperti dilansir dari businessinsider dan Merdeka,kelima gedung ini berpotensi mengalahkan tinggi Burj Khalifa,berikut simak yang dikutip dari Merdeka:

1. India Tower
BLoG kiTa – Gedung yang mengambil lokasi di Marine Lines, Mumbai, India ini rencananya akan 719 meter. Gedung ini rencananya akan memiliki 126 lantai.

Pembangunan gedung ini dimulai pada 2010. Namun pada 2011 pembangunannya tengah dihentikan untuk sementara waktu.

India Tower dijadwalkan selesai pada 2016 nanti. Gedung yang diarsiteki oleh Foster and Partners ini akan digunakan untuk hotel, tempat tinggal dan pusat perbelanjaan.

2. Ping An International Finance Center
BLoG kiTa – Ping An International Finance Center akan berdiri di Shenzhen, Gaungdong, China. Gedung ini akan memiliki tinggi 647,9 meter.

Ping An direncanakan akan memiliki 115 lantai. Salah satu gedung di negara Tirai Bambu ini dijadwalkan selesai pada 2016.

Pembangunan gedung ini telah dimulai pada 2010 dan akan berdiri di tanah seluas 385.918 meter persegi. Gedung pencakar langit ini nantinya akan digunakan sebagai pusat perkantoran dan perbelanjaan.

3. Shanghai Tower
BLoG kiTa – Gedung yang akan memiliki tinggi 632,1 meter ini mengambil lokasi di Pudong, Shanghai, China. Gedung ini akan menjadi yang ketiga tertinggi di provinsi tersebut setelah Jin Mao Tower and the Shanghai World Financial Center.

Gedung ini direncanakan akan selesai pada 2014 dan memiliki 121 lantai. Saat gedung ini selesai nanti akan menjadi gedung tertinggi di China.

Shanghai Tower memakan biaya pembangunan sekitar USD 2,2 miliar dan telah dimulai tahap konstruksi sejak 2008 lalu. Gedung pencakar langit baru ini akan digunakan sebagai taman berkonsep masa depan, cafe, restoran, dan pusat perbelanjaan.

4. Goldin Finance 117
BLoG kiTa – Tinggi gedung Goldin Finance 117 akan 597 meter. Gedung yang berlokasi di Taijin, China ini direncanakan memiliki 117 lantai.

Pembangunan gedung ini dimulai pada 2008 dan selesai di 2015. Pada 2010 pembangunan sempat terhenti dan kembali dilanjutkan pada 2011.

Gedung ini rencananya akan digunakan sebagai hotel, perkantoran, tempat tinggal, dan pusat perbelanjaan.

5. One World Trade Center
BLoG kiTa – Gedung One World Trade Center akan mengambil lokasi di komplek World Trade Center di Lower Manhattan, New York City. Gedung ini menelan biaya sekitar USD 3 miliar untuk pembangunannya.

Gedung yang sebelumnya bernama Freedom Tower ini direncanakan selesai pada tahun ini di mana tahap dimulainya pembangunan sendiri saat 2006. Nantinya One World Trade Center akan memiliki tinggi 541,3 meter.

One World Trade Center akan memiliki 105 lantai yang nantinya dipergunakan antara lain sebagai perkantoran, kantor Organisasi Perdagangan Dunia, dan pusat observasi.

Desainer gedung mengatakan bangunan pencakar langit ini akan mencakup sebuah peternakan angin, panel surya dan canggih, hemat energi teknologi, dan akan menjadi ikon arsitektur ramah lingkungan.