5 Isu Panas Sambut David Moyes di Manchester United

BLoG kiTa – Usai ditetapkan sebagai manajer Manchester United musim depan, David Moyes rupanya tak bisa bersantai sejenak. Pasalnya, sejumlah pekerjaan rumah telah diwariskan Alex Ferguson, yang memutuskan untuk pensiun.

Meski baru bakal bertugas pada 1 Juli mendatang, namun manajer yang juga berasal dari Skotlandia itu sudah harus memikirkan tugas masa depannya. Tentu tak mudah, mengingat The Red Devils merupakan klub dengan nama dan sejarah besar. Lalu,
 
apa saja tugas berat yang akan mengawali karier Moyes di Teater Impian? Berikut5 Isu Panas Sambut David Moyes di Manchester United dikutip dari bola.net
1. Reuni Rooney
BLoG kiTa – Perihal masa depan Rooney bersama Manchester United kembali diperbincangkan, menyusul kedatangan eks manajernya di Goodison Park, David Moyes ke Old Trafford. Keduanya pernah terlibat perselisihan, terkait penjualan Wazza ke United tahun 2004.

Rooney sendiri sudah kerap diterpa isu bakal hengkang dari skuad Setan Merah. Sejumlah indikasi juga selalu tampak, di mana yang terakhir penyerang timnas Inggris itu telah menghapus nama timnya, dari bio profil akun Twitter pribadinya.

Mengenai hubungan dengan Moyes, hingga saat ini keduanya masih kerap tak saling pandang ketika bertemu. Hal ini menjadi menarik untuk dinantikan, menjelang pergantian musim.

2. Celah di Lini Tengah
BLoG kiTa – Musim ini United memang kembali berhasil menunjukan dominasi, dengan memenangi gelar Premier League ke-20 mereka. Namun bukan berarti tim peninggalan Sir Alex tidak memiliki masalah teknis.

Sepeninggal sosok Paul Scholes yang sudah mulai menua dan bakal segera menyusul sang manajer, Michael Carrick menjadi pemain tunggal yang tampil konsisten di pos midfielder. Tom Cleverley, Anderson, hingga Phil Jones dianggap belum terlalu matang, untuk menguasai lapangan tengah tim sekelas United.


3. Kepulangan The Special One
BLoG kiTa – Saat ini diberitakan jika Jose Mourinho sedang dalam perjalanan pulang ke Premier League, untuk kembali membesut Chelsea. Kepulangan ke Inggris jelas akan ditandainya dengan prestasi bergengsi.

Pada masa kepemimpinan terakhirnya di Stamford Bridge, manajer asal Portugal itu telah membuktikan bahwa dirinya sanggup menjadi salah satu pesaing terkuat United, di bawah asuhan Fergie. Tercatat lima gelar kompetisi domestik sukses diraihnya dalam tiga musim.

Jika memang benar Mourinho kembali, maka peluang Moyes untuk unjuk gigi bersama tim yang lebih besar bakal mengecil. Namun keberadaan Mourinho bisa menjadi tes yang sesungguhnya, akan kemampuan manajer kelahiran Bearsden.

4. Membungkam Si Tetangga Berisik

BLoG kiTa – Persaingan jelas tak hanya datang dari London, namun juga dari kota yang sama. Manchester City dalam beberapa tahun terakhir telah membuktikan, jika mereka serius ingin menjegal dominasi United di Premier League.

Kini, Moyes harus siap menghadapi atmosfer derby dalam kota, seperti halnya ketika Everton menghadapi Liverpool dalam derby Merseyside. Sayang, catatannya mengenai derby lokal tak begitu bagus. Namun jika ingin menunjukan kebolehan, maka mengalahkan The Citizens adalah salah satu syarat yang harus dilakukan Moyes.

5. Melepas Bayangan Sir Alex
BLoG kiTa – Bekerja untuk sebuah tim berstatus juara memang menjadi idaman bagi semua manajer, namun keberhasilan Fergie dalam dua dekade bisa jadi membebani pundak Moyes. Perbandingan antara kedua manajer beda generasi tersebut dipastikan bakal selalu mengiringi perjalanan Moyes di Old Trafford.

Moyes dikenal sebagai sosok yang penyabar dengan keuletan yang tak diragukan lagi. Ia jelas membutuhkan semua kualitas pertarungan, jika ingin berhasil. Namun satu hal yang harus ia jaga adalah kemenangan.

Moyes memang berhasil mengantarkan The Toffees menjadi salah satu tim, yang mulai diperhitungkan oleh tim-tim papan atas Premier League. Namun dari segi trofi, selama 11 tahun belum ada satu pun yang menghampiri Goodison Park. Semoga kali ini ia berhasil bersama Setan Merah. Good luck, Dave!