5 Kelakuan Buruk Anak yang Wajib Diperbaiki

BLoG kiTa – Kita tentu sering melihat anak berguling-guling di lantai dan berteriak atau memukul orang tua mereka di depan umum. 
 
Perilaku buruk seperti ini tidak hanya membuat orang tua, tetapi juga berbahaya bagi masa depan anak itu sendiri. Jika Anda mengabaikan perilaku buruk dari anak Anda, ia akan terbiasa bersikap nakal. Perilakunya pun akan sulit diubah setelah ia tumbuh dewasa.

Kebanyakan orang tua sangat lemah terhadap perilaku anak mereka karena mereka percaya, seorang anak belum cukup umur untuk memahami tata kesopanan. Namun, 

 
beberapa perilaku buruk dari anak ini tidak harus Anda ditolerir. Anda harus mendisiplinkan anak jika mereka bersikeras berperilaku demikian setiap saat. Berikut adalah lima perilaku buruk anak yang harus diperbaiki, seperti dilansir Boldsky!
 

1. Berteriak
BLoG kiTa – Sebagian besar balita suka berteriak untuk mendapatkan perhatian dari orang tua mereka. Tetapi mulai hari ini, katakan pada si kecil bahwa ia hanya akan didengar jika berbicara dengan volume normal. Anda mungkin merasa berat untuk melakukannya, namun jika saat ini anak Anda berani berteriak di hadapan Anda, besok ia mungkin berteriak pada orang lain yang datang ke rumah Anda atau bahkan gurunya.
2. Menangis ketika ingin sesuatu
BLoG kiTa – Ini adalah satu hal yang sering dilakukan anak kecil ketika ia menginginkan sesuatu. Kebanyakan anak memaksa orang tua mereka untuk membelikan mainan baru dengan menangis sejadi-jadinya. Jika anak Anda menunjukkan perilaku buruk seperti itu, pastikan ia tidak mendapatkan apa yang diinginkannya.
3. Memukul
BLoG kiTa – Anda tentu sangat tahu bahwa memukul bukan cara yang baik dan sopan, meski itu dilakukan oleh seorang anak sekalipun. Setiap kali anak Anda memukul Anda atau orang lain, mintalah dia untuk segera minta maaf atas kenakalannya. Jika ia tetap tidak melakukannya, pastikan Anda memberinya hukuman sebagai tanda bahwa Anda bersikap serius atas kesalahannya.
4. Meniru kata-kata kotor atau tidak sopan
BLoG kiTa – Anak kecil bisa meniru kata apapun yang didengarnya dengan cepat. Jadi sangat mungkin jika anak Anda meniru beberapa kata-kata buruk dari anak-anak lain atau dari televisi. Namun ingat, jangan pernah menertawakan perilaku buruknya tersebut. Sebab, anak Anda akan menganggapnya sebagai dorongan sehingga terus mengucapkan kata-kata itu. Tegurlah anak Anda untuk tidak lagi mengucapkan kata-kata itu.
5. Perilaku destruktif (merusak)
BLoG kiTa – Anak sering mematahkan mainan ketika bermain, ini tentunya perilaku yang alami.
Namun, jika anak Anda memiliki kebiasaan menghancurkan mainan atau hal-hal lain di sekitarnya hanya untuk bersenang-senang, Anda harus mengambil sikap tegas.

Ajarkan anak untuk membuat dan menciptakan sesuatu, bukan untuk menghancurkan sesuatu yang dimilikinya Inilah lima perilaku buruk anak yang harus segera diperbaiki.

Ini tentunya demi kebaikan anak. Ingat, jangan biarkan perilaku buruk itu terbawa hingga anak tumbuh dewasa. Sebab, kebiasaan buruk itu akan semakin sulit diubah jika ia sudah dewasa.