5 Lagu Indonesia yang Membuat Bulu Kuduk Berdiri

BLoG kiTa – Dengarkan ‘Imagine’ karya John Lennon atau lagu Led Zeppelin, ‘Stairway to Heaven’. Berapa kali pun didengar, lagu-lagu tertentu tak pernah gagal bikin bulu kuduk berdiri Tapi, tentu saja hal itu bukan monopoli lagu milik artis asing. Tak sedikit juga lagu karya musisi Tanah Air yang punya kemampuan sama. Dengarkan sekali lagi Berikut 5 Lagu Indonesia yang Membuat Bulu Kuduk Berdiri bawah ini! seperti kutip dari BLoG kiTa dan berbagi sumber
1. Opick – Bila Waktu
BLoG kiTa – Hampir semua yang mendengarkan lagu ini spontan merinding. Dan, ketika merenungkan isi liriknya, tak jarang mereka tersentak. Sebagai penyanyi lagu religi, sepertinya Opick berhasil menciptakan kesempurnaan musik dan lirik.

Opick ingin menceritakan bahwa dunia ini adalah sementara, tidak ada yang harus terlalu dibanggakan, suatu saat nanti kita (manusia) pasti akan maeti dan menghadap kepada Sang Pencipta. Opick juga ingin mengingatkan bahwa perbanyaklah amal karena hanya itulah teman sejati kita (manusia).

Suara merdu Opick ditambah lirik yang sangat menyentuh, tentu dipastikan lagu ini akan membuat bulu kuduk anda berdiri sejadi – jadinya.

2. Chrisye – Ketika Tangan dan Kaki Berkata

BLoG kiTa – Walaupun bukan bertema cinta, tapi mendiang Chrisye sepertinya tetap mampu menyajikan lagu yang indah dengan latar belakang religi. Lagu ‘Ketika Tangan dan Kaki Berkata’ adalah lagu yang berkisah tentang bagaimana amal perbuatan di dunia yang akan bertanggung jawab ketika seorang manusia itu telah mati.

Secara lugas dalam lirik – liriknya, Chrisye mengatakan, ‘akan tiba masa tak ada suara, dari mulut kita / berkata tangan kita, tentang apa yang dilakukan / berkata kaki kita, kemana saja dia melangkah / Tanggung jawab tiba, ya Robbana.

Ada sebuah cerita yang saat mendia Chrisye merekam lagu ini, dikatakan bahwa saat di tengah-tengah proses rekaman pelantun ‘Kala Cinta Menggoda’ itu menangis dan bergetar seluruh tubuhnya sampai tak mampu lagi melanjutkan rekaman. Kemudian Chrisye beristirahat sejenak dan menunaikan salat sunnat dengan sang istri sebelum akhirnya menyelesaikan lagu itu.

3. Potret – Bunda

BLoG kiTa – Melly Goeslaw sudah begitu terkenal sebagai seorang ‘hits maker’, baik bagi dirinya sendiri maupun beberapa artis. Salah satu lagu ciptaannya yang dinyanyikan bersama bandnya, Potret, adalah ‘Bunda’. Lagu tentang masa lalu seorang anak kecil yang begitu disayang oleh sang ibu, tak pernah gagal membuat siapapun menaikkan bulu kuduknya.

Melly begitu cerdas memilih tiap kata dalam bait liriknya untuk menggambarkan setiap momen- momen indah bersama ibu. 

 
Dentingan piano sepanjang lagu tentu semakin melarutkan suasana yang memang sudah sendu sedari awal. “Oh Bunda ada dan tiada dirimu kan selalu ada di dalam hatiku,” tutup Melly Goslaw dalam lagunya.

4. Iwan Fals – Bung Hatta

BLoG kiTa – Penyanyi yang lahir dengan nama Virgiawan Listanto atau banyak dikenal dengan Iwan Fals, turut menyumbangkan lagunya ke dalam daftar lima lagu yang membuat bulu kuduk berdiri, lagu itu berjudul ‘Bung Hatta’. 
 
Jangan memandang sebelah mata sampai kalian mendengarkan emosi Iwan Fals yang tertuang dalam lagu bernuansa sosial – politik itu.

Iwan Fals yang bercerita betapa sedihnya rakyat indonesia ketika Bung Hatta, sebagai proklamator yang tersisa harus meninggalkan dunia selamanya.

 
Berjuta kepala tertunduk menangis, mengiri kepergian sang bapak bangsa yang tercinta, setidaknya begitu kata penyanyi separuh abad ini dalam liriknya.

5. Sunan Kalijaga – Kidung Lingsir Wengi

BLoG kiTa – Membaca judulnya saja sudah dapat membuat bulu kuduk berdiri, apalagi ketika lagu ini diputar, seketika kengerian akan sesuatu makhluk halus lantas menghampiri. Ya, lagu ini memang terkenal sejak digunakan sebagai salah satu soundtrack fil horor Indonesia, ‘Kuntilanak’, sejak saat itu berbagai rumor negatif bermunculan.

Banyak orang mengatakan bahwa lagu ini ditujukan untuk memanggil arwah roh halus berwujud perempuan jika dinyanyikan atau bahkan didengarkan di malam hari. Tapi tahukah kalian bahwa lagu ini sebetulnya diciptakan oleh seorang wali songo, yaitu Sunan Kalijaga yang menceritakan tentang kebaikan?

Setidaknya itu yang tersirat dari lirik berbahasa jawa itu, “terbebaslah dari segala petaka. Jin dan setanpun tidak mau. Segala jenis sihir tidak berani. Apalagi perbuatan jahat, guna guna tersingkir. Api menjadi air. Pencuripun menjauh dariku. Segala bahaya akan lenyap Jadi tidak ada salahnya bukan lagu ini didengarkan oleh siapa saja dan kapan saja.