5 Orang Terkaya di Negara Korea Selatan

BLoG kiTa – Majalah Forbes membuat daftar terbaru orang-orang terkaya di negeri ginseng, Korea Selatan. Dari daftar tersebut, orang terkaya di negeri yang terkenal dengan budaya K-Pop tersebut adalah bos Samsung Lee Kun-Hee.

Dikatakan Forbes, penurunan bursa saham Korsel yang terjadi dalam setahun belakangan ini, membuat harta orang-orang terkaya di Korsel turun. Secara keseluruhan dari 50 daftar orang terkaya di Korsel, sebanyak 17 orang hartanya naik, 18 orang turun, dan 2 orang terlempar dari daftar di tahun ini.

Yuk kita intip 5 orang terkaya di Korsel seperti dikutip dari Forbes dan Finance.detik:

5. Shin Dong Bin
BLoG kiTa – Pria berumur 58 tahun ini memiliki kekayaan US$ 2 miliar atau sekitar Rp 19 triliun per April 2013. Shin merupakan pemilik perusahaan ritel terbesar yakni Lotte.

Shin mewariskan perusahaan tersebut dari ayahnya yaitu Shin Kyuk-Ho yang saat ini berumur 90 tahun. Lotte saat ini telah berkespansi ke banyak negara. Tahun ini, Lotte Shopping yang menjual pakaian berencana membuka cabang di Jakarta dan Hanoi. Bisnis pria ini termasuk pelatihan golf dan hotel.

4. Chung Eui-Sun
BLoG kiTa – Chung merupakan pria berumur 42 tahun dengan kekayaan US$ 2,6 miliar atau sekitar Rp 24 triliun per April 2013. Pria ini merupakan anak dari pemilik Hyundai yaitu Chung Mong-Koo.

Di Hyundai, Chung menjabat sebagai Vice President sejak 2009 setelah penjualan merek Kia sukses besar. Mayoritas kekayaan Chung berasal dari Hyundai Glovis yang merupakan perusahaan logisitik persenjataan.

3. Jay Y. Lee
BLoG kiTa – Jay merupakan anak dari pemilik Samsung yaitu Lee Kun-Hee. Pria berumur 44 tahun ini memiliki kekayaan US$ 4,2 triliun atau sekitar Rp 39,9 triliun ini juga memperoleh kekayaan dari penjualan Samsung yang melejit. Jay menjadi Wakil Chairman Samsung pada Desember 2012 lalu.

Kekayaan Jay meningkat seiring dengan kinerja Samsung Galaxy S III yang mengalahkan iPhone 4S selaku telepon pintar terpopuler tahun lalu.

2. Chung Mong-Koo
BLoG kiTa – Pria berusia 75 tahun ini merupakan pemilik perusahaan otomotif terkemuka asal Korsel yaitu Hyundai. Nilai kekayaan Chung mencapai US$ 5,4 miliar atau sekitar Rp 51,3 triliun per April 2013.

Chung berhasil menjual 7,1 juta unit mobil Hyundai tahun lalu. Dari jumlah itu, 850 ribu unit dijual di China, dan 1,9 juta terjual di AS. Ini membuat kekayaan Chng naik US$ 1,2 miliar tahun lalu. Bulan lalu, anak usaha Hyundai di bidang kereta bawah tanah, memenangkan kontrak US$ 885 juta dari India.

1. Lee Kun-Hee
BLoG kiTa – Pria berumur 71 tahun ini, per April 2013 memiliki kekayaan US$ 12,6 miliar atau sekitar Rp 119 triliun. Nilai kekayaan Leenaik US$ 1,8 miliar dalam setahun belakangan ini. Penjualan HP Samsung yang menyentuh 70 juta unit pada kuartal I-2013 membantu melonjaknya kekayaan Lee.

Istri Lee yaitu Ra-Hee Hong juga merupakan figur paling berpengaruh di dunia seni Korsel, dan kekayaannya mencapai US$ 1,5 miliar saat ini.