5 Pemain Sepakbola Terkenal Belanda yang Berdarah Indonesia

berikut 5 Pemain Sepakbola Terkenal Belanda yang Berdarah Indonesia
dilansir dari berbagi sumber

 1. Giovanni van Bronckhorst

BLoG kiTa – Giovanni Christiaan van Bronckhorst (lahir di Rotterdam, Belanda, 5 Mei 1975; umur 36 tahun) adalah seorang pemain sepak bola dari Belanda, Sejak tahun 2003 ia bermain di Feyenoord Rotterdam di Eredivisie. 
 
Ia biasanya berposisi sebagai pemain tengah atau pemain bertahan. Ia ditransfer dari FC Barcelona ke Feyenoord setelah dia membawa Barcelona juara Liga Champions tahun 2006. Di Feyenoord ia dipercaya menjadi kapten. Ia memperkuat Belanda pada berbagai turnamen peringkat internasional sejak Piala Dunia FIFA 1998 hingga Piala Dunia FIFA 2010. Pada timnas Piala Dunia 2010 ia dipercaya sebagai kapten.

Dia membawa Belanda lolos ke putaran final Piala Dunia 2010 dengan enam kemenangan berturut-turut selama kualifikasi. Di final, Belanda kalah dari Spanyol dengan skor 1-0. Setelah Piala Dunia 2010, Van Bronckhorst memutuskan untuk pensiun dan hanya menjalani karier di Feyenoord. Van Bronckhorst adalah salah satu dari beberapa pemain dalam tim nasional Belanda keturunan Indonesia. 

 
Ayahnya, Victor van Bronckhorst adalah seorang Indo sementara ibunya Fransien Sapulette berasal dari Saparua, Maluku. Ia masih bisa berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Indonesia dengan aksen Indonesia Timur, walaupun ia tidak benar-benar menguasai seluruh kosakata yang ada dalam Bahasa Indonesia.
 
 2. Robin van Persie
BLoG kiTa – Robin van Persie (lahir di Rotterdam, Belanda, 6 Agustus 1983; umur 28 tahun) adalah penyerang tim nasional sepak bola Belanda yang bertinggi badan 183 cm dan bermain di Inggris FA Premier League untuk tim Arsenal. Ia termasuk anggota Timnas Belanda yang memperkuat negara tersebut di Piala Dunia 2006, Piala Eropa 2008, dan Piala Dunia 2010. Van Persie merupakan pemain keturunan Indonesia.

Ternyata Van Persie mempunyai darah keturunan Indonesia yang diwarisi dari sang nenek yang asli dari orang Indonesia, tepatnya di Surabaya. Orang tua dari Van Persie yaitu bernama Jose Ras dan Bob. 

 
Van persie lahir dan dibesarkan dari keluarga seniman. Ibunya seorang pelukis dan desainer perhiasan dan guru bagi anak-anak yang mempunyai kebutuhan khusus, sang ayah yang tidak lain ialah seorang pematung. Tetapi orang tua Van Persie berpisah semasa dirinya masih menjalani masa kanak-kanak yang kemudian Van Persie tinggal bersama sang ayah serta dua saudara perempuannya yang bernama Liliy dan Kiki. 
 
sebelumnya dia mencoba tinggal bersama sang ibu tetapi dia tak betah. Semasa duduk di bangku Sekolah Dasar, Van Persie merupakan seorang anak yang kurang dimata teman-temannya.Dia dijauhi semua temannya, sehingga kondisi saat itu yang membuatnya harus berteman dengan penjaga gerbang sekolahnya yang notabene seorang berkebangsaan Maroko asli yang beragama Islam. Dialah yang menjadi sahabat Van Persie.
 
3. John Gijsbert Alan Heitinga
BLoG kiTa – John Gijsbert Alan Heitinga (lahir di Alphen aan den Rijn, 15 November 1983; umur 27 tahun) adalah bek kanan atau bek tengah tim nasional sepak bola Belanda yang bertinggi badan 180 cm dan bermain di Ajax Amsterdam. Ia memperkuat timnasnya di Euro 2004, Piala Dunia 2006, dan Piala Dunia 2010. Heitinga merupakan satu dari sekian banyak pemain Belanda berketurunan Indonesia dengan berdarah Maluku.
4. Mark van Bommel
BLoG kiTa – Mark Peter Gertuda Andreas van Bommel alias Mark van Bommel (lahir di Maasbracht, 22 April 1977; umur 34 tahun) adalah seorang pemain sepak bola Belanda. Ia berposisi sebagai gelandang. Sejak musim 2006/07 ia memperkuat Bayern Muenchen. Tinggi badannya adalah 187 cm. 
 
Klub-klub yang pernah ia perkuat sebelumnya termasuk PSV Eindhoven dan FC Barcelona. Bommel pertama kali masuk tim nasional sepak bola Belanda pada tahun 2000.
 
Hingga 25 Agustus 2006 ia telah bermain 40 kali di tim nasional dan mencetak 7 gol. 
Ia turut memperkuat Belanda di Piala Dunia 2006. Dia termasuk dalam sekian banyak pesepakbola Belanda yang memiliki keturunan Indonesia.
 
5. Jeffrey Leiwakabessy
BLoG kiTa – Jeffrey Leiwakabessy (lahir di Elst, Overbetuwe, 23 Februari 1981; umur 30 tahun) adalah bek kiri sepak bola Belanda keturunan Maluku yang sekarang bermain untuk Anorthosis Famagusta FC.

Leiwakabessy memainkan musim profesional pertamanya dengan NEC Nijmegen. Antara tahun 2006–2007, ia pindah ke Alemannia Aachen, yang kembali ke divisi pertama Jerman setelah absen selama 4 dasawarsa. Leiwakabessy muncul di 34 pertandingan selama musim tersebut, namun tak dapat mencegah pembuangan segera.

Setelah lebih dari 1 musim di Aachen, Leiwakabessy bergabung dengan Anorthosis Famagusta FC di Divisi Pertama Siprus. Ia terus muncul dalam 12 pertandingan Liga Champions UEFA, karena Anorthosis sudah terlalu banyak mencapai kesuksesan, meskipun akhirnya dikeluarkan juga.