5 Peristiwa Sejarah Dunia Awal Mei Sampai Pertengahan 2013

[lihat.co.id] – Mulai dari awal sampai pertengahan bulan Mei ini, sedikitnya ada 5 berita seputar sejarah dunia yang layak untuk dinikmati.

Ada 5 berita mengenai sejarah dunia yang menarik untuk dibaca baik sebagai hiburan atau juga sebagai referensi. 5 Berita tersebut muncul mulai awal mei sampai pertengahan bulan Mei 2013,dikutip dari Merdeka:

1. Pesawat pembom Jerman di Perang Dunia II, Dornier 17

[lihat.co.id] – Tentunya bukan suatu hal yang aneh lagi apabila di dasar lautan di manapun berada ada bangkai-bangkai kapal perang atau pesawat yang karam atau tenggelam di dasar laut karena terkena hantaman peluru musuh.

Oleh karenanya pada tanggal 03 Mei lalu, Museum Angkatan Udara Inggris, RAF, melakukan pengangkatan pesawat pembom milik Jerman, Dornier 17, dari dasar selat Kent, Inggris.

Pesawat berbentuk unik dan merupakan pesawat terakhir dari jenisnya ini tenggelam di perairan Kent yang mempunyai kedalaman sekitar 16 meter dari permukaan.

Selain unik dan pernah membombardir sejumlah kota di Inggris pada masa Perang Dunia II lalu, Dornier 17 juga mampu bermanuver cepat dan terbang rendah.

2. Jangkar kapal Birger

[lihat.co.id] – Sebuah kapal asal Finlandia bernama Birger karam di perairan Redcar, Inggris sekitar bulan Oktober 1898 lalu.

Setelah berhasil mengangkat jangkar kapal tersebut, pihak pemerintah daerah kota Redcar melakukan renovasi terhadap salah saut bagian dari Birger tersebut.

Proyek yang menelan biaya sekitar GBP 30 juta atau sekitar Rp 454 miliar ini dikerjakan secara bersama oleh pihak pemerintah kota Redcar dan Cleveland.

3. Lukisan Ratu Elizabeth I

[lihat.co.id] – Ada sebuah miniatur lukisan Ratu Elizabeth 1 dari abad ke 16 yang telah dibeli oleh Galeri Nasional sekitar Rp 4,9 miliar dari sebuah lelang tahun lalu, rencananya akan dipamerkan untuk umum.

Lukisan tersebut merupakan hasil goresan kuas dari pelukis bernama Isaac Oliver sekitar tahun 1590. Dalam lukisan tersebut menunjukkan gambar ratu Elizabeth I dengan paduan mitologi Yunani kuno di sekitarnya.

Uniknya, sebelum dilelang, lukisan sebesar kartu pos ini adalah penghuni sebuah loteng dan tidak diketahui sebelumnya. Lukisan ini sekarang tengah dalam pekerjaan konservasi dan diyakini masih melekat dalam bingkai aslinya.

4. Perisai perunggu, The Witham Shield

[lihat.co.id] – Pada tahun 1826, ditemukan sebuah perisai perunggu yang diperkirakan dibuat sekitar 300 tahun sebelum masehi. Perisai yang dinamakan The Witham Shield ini merupakan peninggalan dari peradaban Kelt, Inggris.

Setelah ditemukan di sekitar sungai Witham, di daerah sekitar Lincoln, Inggris, perisai ini dibeli oleh seorang kolektor pada tahun 1831.

Sayangnya, sejak dibeli oleh sang kolektor tersebut, The Witham Shield tidak pernah kembali ke ‘tanah kelahirannya’ di Linconshire.

Setelah bertahun-tahun melakukan negosiasi, akhirnya, sekitar bulan Juni mendatang, The Witham Shield akan ‘pulang’ dan dipamerkan di Museum Seni dan Arkeologi di Lincolnshire.

5. Pembongkaran bangunan suku Maya kuno

[lihat.co.id] – Sebuah berita mengejutkan khususnya untuk para arkeolog, ada aksi penghancuran satu bangunan suku Maya kuno terbesar di Amerika Tengah.

Bangunan bernama Noh Mul di Belize bagian utara tersebut sengaja diratakan dengan tanah untuk diambil kerikilnya sebagai bahan pembuat jalan. Padahal bangunan tersebut diperkirakan sudah berumur 2300 tahun.

Pembongkaran bangunan tersebut memantik reaksi dari para arkeolog dan mengatakan bahwa perusahaan konstruksi tersebut terkesan abai akan warisan sejarah dunia.

Walaupun Noh Mul berdiri di tanah milik perorangan, namun salah satu bunyi hukum di Belize mengatakan bahwa siapa saja wajib melindungi peninggalan sejarah yang berada di tanah mereka.