5 SBY di Bidang Ekonomi yang Dibanggakan Hatta Rajasa

BLoG kiTa – Masa kerja kabinet Indonesia Bersatu jilid II di bawah komando Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hanya menyisakan satu tahun lagi. Menjelang lengsernya SBY, pemerintah mulai membanggakan kinerja selama dua periode SBY memimpin republik ini. Termasuk capaian-capaian kinerja bidang ekonomi.

Indonesia dinilai akan mampu mengimbangi pergerakan ekonomi dunia yang begitu cepat walaupun masih dalam bayang-bayang dari krisis Uni Eropa dan Amerika Serikat. Bahkan, Indonesia diklaim bisa menaikkan produk domestik bruto (PDB) hingga tiga kali lipat dalam waktu 10 tahun.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa adalah salah satu figur yang terus menerus membangga-banggakan perkembangan ekonomi nasional sejak SBY memimpin pada 2004. Bahkan, Hatta pernah membandingkan perkembangan ekonomi nasional dengan negara lain. Hatta mengambil contoh Inggris yang membutuhkan 150 tahun hanya untuk melipatgandakan ekonomi dengan revolusi industri di abad ke 17.

Selain itu, Amerika Serikat melipatgandakan ekonomi selama 50 tahun. Serta China dan India yang memerlukan 12 tahun untuk melakukan hal yang sama, Cara pandang dunia terhadap Indonesia pun diklaim telah berubah sejak Indonesia berhasil melunasi seluruh utang dengan dana moneter internasional atau International Monetary Fund (IMF).

Salah satu yang selalu dibanggakan adalah kuatnya perekonomian nasional menghadapi krisis yang melanda ekonomi dunia pada 2008 lalu. Kondisi ekonomi saat ini pun dibandingkan Hatta dengan kondisi pada 2004, sebelum dipimpin oleh SBY Berikut 5 SBY di Bidang Ekonomi yang Dibanggakan Hatta Rajasa seperti kutip dari BLoG kiTa dan merdeka

1. Berantas kemiskinan
BLoG kiTa – Hatta membanggakan kinerja pemerintahan Presiden SBY memerangi kemiskinan selama dua periode Kalau 2004 kemiskinan masih 14 persen, hari ini sudah 11,6 persen, walaupun masih tinggi yang penting pencapaiannya,” kata Hatta usai membuka Apkasi Internasional Trade & Investment Summit 2013 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (15/5).

2. Tekan penganguran

BLoG kiTa – Kemiskinan dan pengangguran adalah dua hal yang masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah. Sejalan dengan penurunan angka kemiskinan, Hatta juga membanggakan kinerja pemerintahan SBY dalam menekan jumlah pengangguran Dia mengklaim, jumlah pengangguran terus mengalami penurunan. “Jika pada 2004 sekitar 10 persen, kini menjadi 5,4 persen,” ujar Hatta.

3. Pendapatan per kapita melesat
BLoG kiTa – Tidak hanya kemiskinan dan pengangguran, Hatta juga membanggakan peran pemerintah meningkatkan pendapatan per kapita masyarakat Dari USD 1.100 menjadi USD 4.000. “Inilah pencapaian-pencapaian yang kita kejar,” tegas dia.
4. Pertumbuhan ekonomi
BLoG kiTa – Ekonomi dunia masih di bawah ancaman krisis. Perlambatan ekonomi mulai dirasakan. Krisis ekonomi dunia berdampak pada menurunnya kinerja ekspor Namun Hatta masih bangga Indonesia bisa bertahan dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi. “Kita bersyukur pertumbuhan kita bisa ditahan 6 persen di kuartal I 2013 6,02 persen,” katanya.
 

5. Investasi tinggi

BLoG kiTa – Saat berkunjung ke Amerika Serikat tahun lalu, di depan pengusaha, Hatta Rajasa membanggakan capaian kinerja ekonomi Indonesia.

Salah satu indikator yang digunakan Hatta untuk memamerkan kekuatan ekonomi Indonesia adalah keinginan investor meningkatkan investasi di Indonesia.

Keinginan untuk memperdalam kemitraan yang komprehensif antara Indonesia dan Amerika di berbagai bidang antara lain pendidikan, perdagangan, energi, serta lingkungan hidup,” ujar Hatta.