5 Tempat dengan Spesies terancam Punah yang Lucu

BLoG kiTa – Traveling tak sekadar menikmati keindahan alam di destinasi yang dikunjungi. Traveling juga mengajarkan kita untuk belajar menjaga alam, termasuk jika bertemu dengan hewan terancam punah di 5 destinasi ini Dilongok dari Mother Nature Network,  inilah 5 Tempat dengan
Spesies terancam Punah yang Lucu seperti kutip dari BLoG kiTa dan berbagai sumber

1. Thailand

BLoG kiTa – Untuk Anda pecinta owa atau kera kerdil, Thailand punya primata yang dijamin akan membuat Anda gemas, owa pileated namanya. Hewan ini tersebar di hutan yang ada di Thailand tersebut.

Yang membuat lucu, tubuh owa ini ditutup oleh rambut berwarna putih. Sedangkan kulitnya berwarna abu-abu kecokelatan. Ukurannya yang mini menjaikan pileated terlihat sangat imut dan menggemaskan. Belum lagi hidungnya yang kecil dan bola mata yang besar.

Sama seperti owa lain, pileated hidup di atas pohon. Mereka juga masuk dalam tipe hewan monogami alias hidup hanya untuk satu pasangan.

Sayangnya, saat ini jumlah kera kerdil ini tinggal 32.000 individu di alam liar Data ini diperoleh dari International Union for Conservation of Nature.

2. Meksiko

BLoG kiTa – Dikenal sebagai hewan ‘Peter Pan’, Mexican axolotls masuk dalam jenis salamander. Yang unik, kalau kadal amfibi lain biasanya memiliki bagian kepala yang sedikit meruncing, kepala axolotls malah membulat. Tak ketinggalan variasi kepala yang mirip seperti tentakel mini.

Saat ini, axolotls hidup di Danau Xochimilco, Meksiko. Sedihnya, kadal langka dan unik ini tersisa tinggal 1.200 ekor saja. Salah satu penyebabnya adalah pengambilan air danau untuk penyediaan air minum di Meksiko.

3. AS

BLoG kiTa – Negara lain yang juga memiliki hewan langka dan menggemaskan adalah AS. Negara Adidaya ini ternyata jadi habitanya musang berkaki hitam. Sayangnya, status konservasi hewan ini terancam punah.

Jumlah spesiesnya pun terus berkurang. Salah satu penyebabnya antara lain berkurangnya anjing padang rumput. Anjing ini adalah mangsa alias sumber makanan sang musang. Namun, berkat usaha konservasi, ada sekitar 1.000 ekor musang yang bisa turis temui di sekitar AS.

Tak hanya musang kaki hitam, masih ada hewan terancam punah lain yang bisa Anda lihat saat ke AS, yaitu kuda nil kerdil. Tidak seperti kuda nil lain yang bertubuh besar, hewan ini hanya tumbuh sampai tinggi 0,7 meter saja.

Sayangnya, hewan ini mulai terancam punah karena perburuan. Habitat aslinya pun telah banyak yang hilang. Meski begitu, traveler tetap bisa menemukannya di banyak kebun binatang di AS.

4. Israel

BLoG kiTa – Di Israel, Anda akan menemukan kucing liar paling kecil yang pernah ada, sand cat atau kucing pasir namanya. Secara umum, tidak ada perbedaan antara sand cat dengan kucing lain. Hanya saja, bentuknya yang mini membuat siapa saja gemas.

Kucing ini bisa Anda temukan di Israel. Namun, karena habitatnya yang semakin berkurang dan maraknya perburuan, jumlah spesies ini semakin berkurang.

5. Mesir

BLoG kiTa – Hewan imut lain yang terancam punah bisa Anda lihat di Mesir. Negeri Piramida ini menjadi habitatnya kura-kura terkecil di dunia. Saking kecilnya, dalam satu telapak tangan, Anda bisa membawa 4-6 kura-kura Mesir sekaligus. Bisa dibayangkan sekecil apa reptil ini.

Jika beruntung bertemu dengan mereka saat traveling ke Mesir, sebaiknya segera Anda laporkan ke lembaga konservasi. Masalahnya, jumlah kura-kura Mesir saat ini di alam tinggal 7.500.

Itulah beberapa tempat yang menjadi habitat beberapa hewan lucu yang terancam punah. Mari ikut menjaga kelestariannya dengan tidak memburu mereka.