5 Terowongan dalam Laut Terpanjang di Dunia

berikut 5 Terowongan dalam Laut Terpanjang di Dunia
seperti dilansir dari berbagi sumber

1. Seikan Tunnel (Jepang)

BLoG kiTa -Seikan adalah terowongan dengan panjang (33,46 mil) 53,85, dengan sebagian (14,5 mil) 23,3 kilometer panjang di bawah dasar laut. Track tingkat sekitar 140 meter (460 kaki) di bawah dasar laut dan 240 meter (790 kaki) di bawah permukaan laut. 
Terowongan ini berada di bawah Selat Tsugaru-menghubungkan Prefektur Aomori di Pulau Honshu Jepang dan Pulau Hokkaido-sebagai bagian dari Line Kaikyo Hokkaido Perusahaan Kereta Api. Nama Seikan berasal dari menggabungkan pembacaan on’yomi karakter pertama dari Aomori dan Hakodate, kota besar terdekat di sisi Hokkaido.

Ini adalah terowongan bawah laut terpanjang di dunia, meskipun Terowongan Channel antara Inggris dan Perancis memiliki porsi lebih lama bawah laut, dan juga kereta api terowongan terdalam di dunia. Ini adalah terowongan kereta api terpanjang di dunia, meskipun Gotthard lagi Base Tunnel di Swiss sedang dalam konstruksi dan dijadwalkan terbuka untuk lalu lintas pada tahun 2017.

2. Channel Tunnel (Inggris-Prancis)

BLoG kiTa -Terowangan Channel adalah terowongan kereta dibawah laut sepanjang 50.5 km (31.4 mil) yang menghubungkan Folkestone, Kent didekat Dover Inggris dengan Coquelles, Pas-de-Calais didekat Calais utara Prancis dibawah terusan Inggris pada Selat Dover (Menghubungkan INGGRIS dgn PRANCIS gan..!
Pada 37.9 km(23.5 mil) terowongan Channel memiliki bagian terpanjang dibawah laut dibandingkan dengan terowongan lain didunia, walaupun terowongan Seikan di Jepang lebih baik secara keseluruhan, pada 53.85 km (33.46 mil) dan lebih dalam pada 240 m (790 ft) dibawah permukaan laut.
Terowongan itu membawa kereta penumpang berkecepatan tinggi Eurostar, Eurotunnel Shuttle roll-on/roll-off adalah kendaraan transportasi terbesar di dunia dan rel kereta api barang internasional. terowongan ini terhubung dari ujung ke ujung dengan LGV Nord dan High Speed 1 kereta api berkecepatan tinggi. Pada tahun 1996 oleh American Society of Civil Engineers terowongan ini diidentifikasi sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Moderen.
3. Shin-Kanmon Tunnel (Jepang)

BLoG kiTa -Shin-Kanmon Tunnel adalah 18.713 m panjang dan untuk jalur kereta api Sanyo Shinkansen (kereta api tercepat dudunia)di bawah Selat Kanmon. Selain itu, tunnel ini ada ruangan untuk pejalan kaki dan sepeda. Jadi jangan heran kalo melihat orang jogging didalamnya.
4. Tokyo Bay Aqualine (Jepang Lagi)

BLoG kiTa -Tokyo Bay Aqua-Line juga dikenal sebagai Trans-Tokyo Bay Highway, ini adalah kombinasi antara terowongan-jembatan melewati teluk Tokyo di Jepang. Yang menghubungkan kota Kawasaki di prefektur Kanagama dengan kota Kisarazu di prefektur Chiba, dan menjadi bagian dari rute nasional 409. Dengan panjang keseluruhan 14 km, termasuk jembatan 2.4 km dan 9.6 km terowongan dibawah teluk menjadikannya terowongan bawah laut keempat terpanjang di dunia.
 5. Bomlafjord Tunnel (Norwegia)

BLoG kiTa -Bomlafjord Tunnel adalah terowongan yang menghubungkan pulau Føyno di Kota Stord dengan daratan di desa Valevåg di Kota Sveio (baik kota di daerah dari Hordaland, Norwegia). Ini adalah bagian dari rute E39 Eropa. Ini dibuka pada tanggal 28 Desember 2000. Konstruksi dimulai pada bulan September 1997 dan terobosan terjadi pada bulan September 1999. Batu dibor melalui itu gneiss, Greenstone, dan phyllite 7,8 km