6 Akuisisi Yahoo yang Paling menghebohkan Dunia

[lihat.co.id] – Yahoo baru saja mengakuisisi layanan social blogging Tumblr, senilai USD 1,1 miliar atau sekitar Rp 10 triliun. Portal internet tersebut memang dikenal cukup giat dalam melakukan aksi akuisisi Sejak tahun 1990-an, Yahoo melakukan berbagai pembelian perusahaan lain, 
 
beberapa dengan nilai besar. Beberapa akuisisi tersebut sukses mengembangkan bisnis Yahoo, namun tidak jarang pula yang akhirnya malah gagal 
 
dan ditutup Aksi akuisisi Yahoo apa saja yang dinilai paling menghebohkan? Berikut di antaranya yang dihimpun lihat.co.id dari detikINET
 
1. Broadcast.com
[lihat.co.id] – Pada 1 April 1999, Yahoo membeli perusahaan internet radio bernama Broadcast.com. Dengan pembelian USD 5,7 miliar dalam bentuk saham, ini adalah akuisisi terbesar dalam sejarah Yahoo.

Broadcast.com kemudian diganti namanya menjadi Yahoo Broadcast Solutions. Yang lalu dipecah menjadi dua bagian, Yahoo Launchcast untuk musik dan Yahoo Platinum untuk video Sayang, Yahoo Platinum pada akhirnya ditutup layanannya. Namun Launchcast masih eksis hingga saat ini.

2. Geocities
[lihat.co.id] – Pada tahun 1999, pembelian heboh Yahoo bukan hanya pada Broadcast.com. Namun juga akuisisi terhadap Geocities senilai USD 3,57 miliar dalam bentuk saham.

Geocities adalah layanan host website secara gratis, dan pada masanya mendulang trafik besar. Pada tahun 1999, Geocities adalah website nomor tiga yang paling banyak dikunjungi.

Sayangnya pada April 2009, layanan Geocities Amerika Serikat ditutup. Saat ini, layanan Geosicties hanya tersedia di Jepang.


3. Overture
[lihat.co.id] -Yahoo kembali melakukan pembelian perusahaan pada tahun 2003. Yang paling menonjol adalah pembelian Overture senilai USD 1,63 miliar.

Overture adalah perusahaan pertama yang sukses menyediakan solusi hasil pencarian yang disponsori. Sehingga yang melakukan pembayaran, hasil pencarian di Yahoo bisa diberi posisi atas.

Overture pun memperkuat layanan mesin cari Yahoo. Saat ini, layanan Overture menjadi bagian Yahoo Marketing Solutions.

 
4. Koprol
[lihat.co.id] -Akuisisi Yahoo kepada Koprol cukup mengejutkan. Terutama karena inilah pertama kalinya Yahoo membeli sebuah layanan hasil karya anak Indonesia. Sayang, nilai pembeliannya tidak diumumkan.

Koprol sendiri adalah layanan jejaring sosial berbasis lokasi. Yahoo membeli Koprol pada Mei 2010. Dan awalnya berencana mengenalkan layanan ini lintas negara.

Sayangnya, Koprol malah tenggelam sejak diakuisisi Yahoo. Pada Agustus 2012, layanan Koprol ditutup oleh Yahoo.

 
5. Summly
[lihat.co.id] -Di bawah kepemimpinan CEO baru Marissa Mayer, Yahoo tetap giat melakukan akuisisi. Maret 2012 lalu, Yahoo membeli aplikasi Summly dengan nilai diperkirakan USD 30 juta.

Pembuat Summly adalah Nick D’Aloisio, remaja asal Inggris berusia 17 tahun. Aplikasi iPhone ini dapat menyederhanakan konten website dan hasil pencarian. Summly dapat menyajikan ringkasan, artikel berita dan review di layar ponsel secara praktis.

D’Aloisio menyatakan, Yahoo akan menggunakan teknologi Summly untuk melakukan cara baru dalam menampilkan informasi. Seperti berita, cuaca, saham dan keuangan di perangkat mobile.


6. Tumblr

[lihat.co.id] – Yahoo akhirnya menuntaskan semua berita tentang ketertarikannya membeli layanan blogging Tumblr. Secara resmi, CEO Marissa Mayer mengumumkan telah mencapai kata sepakat dengan perusahaan startup tersebut.

Seperti yang sudah diduga sebelumnya, dalam sebuah acara di New York, Senin waktu setempat, Yahoo akan membayar secara tunai sebesar USD 1,1 miliar agar Tumblr menjadi bagian dari Yahoo.

Kendati dibeli perusahaan raksasa, Mayer menjanjikan tidak akan ‘mengacaukan’ Tumblr dan tetap akan membuat layanan ini beroperasi secara independen. David Karp (26 tahun), sang pendiri Tumblr tetap akan menjadi CEO.