6 Barang yang Menggunakan Os Android selain Ponsel dan Tablet

BLoG kiTa – Sudah bukan rahasia lagi jika sistem operasi Android banyak dibenamkan dalam ponsel pintar. Meskipun di awal kehadirannya sistem operasi ini disiapkan untuk kamera, namun kehadirannya di ponsel justru menuai kesuksesan.

Kesuksesan Android di perangkat mobile rupanya memicu kehadiran perangkat pintar lain yang menggunakan sistem operasi berlogo robot hijau tersebut.

Nah, perangkat apa saja yang mengadopsi sistem operasi Android? Berikut enam barang elektronik pintar selain ponsel dan tablet yang menggunakan sistem operasi Android.

1. Lemari Pendingin / Kulkas

BLoG kiTa – Berbeda dengan alat rumah tangga kebanyakan, lemari pendingin buatan Samsung ini telah disematkan sistem operasi Android. Terdiri dari empat pintu, kulkas ini juga dilengkapi dengan aplikasi Evernote.
Samsung T9000 dilengkapi dengan layar sentuh berukuran 10 inci untuk pengoperasian dan menelusuri koleksi foto, video, aplikasi, resep masakan, dan agenda kegiatan. Layaknya ponsel pintar, Anda juga bisa mengunduh aplikasi melalui Google Play Store membanderol kulkas T9000 seharga 2.400 Poundsterling atau RP 36 juta-an.
2. TV Android
BLoG kiTa – Selain lemari pendingin, televisi merupakan perabotan rumah tangga lain yang mengadopsi sistem operasi Android. TV LG Google merupakan salah satu perangkat elektronik yang menggunakan sistem operasi Android dan ditujukan untuk entry level.
Layaknya lemari pendingin, Anda juga bisa mengunduk aplikasi dalam Play Store melalui perangkat ini. TV Android ini bisa terhubung dengan ponsel atau tablet Android dan bisa digunakan sebagai gamepad atau remote control. LG membanderol TV Android besutannya seharga Rp 2 juta-an.
3. Mesin Cuci
BLoG kiTa – Samsung dan LG merupakan dua perusahaan asal Korea Selatan yang mengembangkan konsep mesin cuci berbasis Android. Kedua perusahaan ini menghadirkan konsep mesin cuci pintar pada perhelatan Consumer Electronics Show tahun 2012 lalu.
Mesin cuci dilengkapi dengan koneksi WiFi dan bisa dikendalikan melalui ponsel atau tablet. Untuk mulai mencuci, mengeringkan, memilh tingkat kecepatan penggilingan bisa dikendalikan melalui ponsel dan tablet. Ketika proses mencuci selesai, mesin cuci akan mengirimkan notifikasi pada layar yang terintegrasi.
4. Konsol Game
Ouya merupakan perangkat konsol game pertama berbasis Android yang berhasil mencuri perhatian banyak orang. Konsol game yang akan dibanjiri 481 game ini kabarnya akan mulai dipasarkan pada musim panas mendatang.
BLoG kiTa – Sejumlah aplikasi yang terintegrasi dalam konsol game ini antara lain OnLive, TuneIn dan XBMC. Konsol game ini berbeda dengan perangkat serupa, karena Anda bukan hanya bisa memainkan game tetapi juga streaming aplikasi dan video dari Netflix dan Youtube. Kabarnya konsol game Ouya dibanderol seharga $99 atau sekitar Rp 1 jutaan.
5. Kunci Pengaman Rumah
BLoG kiTa – Isu keamanan pada perangkat berbasis Android dipatahkan dengan kehadiran alat berupa kunci pengamam rumah berbasis sistem operasi buatan Google ini. Sayangnya hingga kini perangkat keamanan ini tidak juga rilis di pasaran.
6. Car Entertainment System
BLoG kiTa – Perangkat hiburan berbasis Android dalam mobil, Parrot Asteroid merupakan yang perangkat pertama yang bisa dikoneksikan melalui Bluetooth. Kendali suara melalui untuk menelusuri laman web dan mengaktifkan radioFM.

Bahkan terbaru ponsel atau tablet Android bisa digunakan untuk memarkir mobil. Namun untuk fungsi yang satu ini Anda perlu menginstall aplikasi tertentu.