6 Cover Song yang ternyata lebih baik dari Aslinya

BLoG kiTa – Beberapa band acap kali menggarap lagu orang lain di kala manggung. Bukan hanya manggung, kadang-kadang mereka juga menyediakan waktu khusus untuk merekam lagu cover.

Biasanya seorang musisi atau band menggarap lagu cover song karena memang fans berat dari band tersebut atau memang lagu yang di-cover punya sejarah yang mendalam bagi si musisi atau band itu sendiri. 

 
Dan dalam rubrik ini bakal dibahas beberapa cover song yang ternyata lebih baik dari aslinya. Tentu saja hal ini menurut para pengamat dan kritikus musik dunia. Kalian boleh setuju boleh juga tidak. Apa mungkin kalian punya koleksi yang lain? seperti dilansir dari BLoG kiTa dan
1. Nirvana Covering ‘Where Do You Sleep Last Night’
BLoG kiTa – Lagu ini adalah lagu rakyat asli Amerika. Sempat populer sekitar tahun 1870 an, lagu ini sering dikaitkan dengan legenda blues Louisiana Timbal Belly.
 
Kurt Cobain sendiri diperkenalkan pada lagu tersebut oleh Mark Lanegan, seorang legenda grunge dari Seatlle, Amerika.

Lagu cover tersebut dibawakan oleh Nirvana saat tampil di MTV Unplugged tahun 1993. Di lagu tersebut Kurt memberikan salah satu pertunjukan vokal terbaiknya. Memberikan apapun yang ia bisa berikan di verse terakhir lagu.

2. Whitney Houston Covering ‘I WIll Always Love You’

BLoG kiTa – Dolly Parton awalnya menulis lagu ini di tahun 1973 dan menjadi hits yang sukses. Tapi ketika Whitney Houston menyanyikan lagu ini untuk soundtrack film THE BODYGUARD di tahun 1992, lagu ini menjadi sesuatu yang lain sama sekali. Salah satu single terlaris sepanjang masa. Menjadi lagu signature Houston hingga akhir hayatnya.
3. The Beatles Covering ‘Twist And Shout’
BLoG kiTa – Lagu ini awalnya berjudul Shake It Up, Babe dan direkam di The Top Notes pada tahun 1961. Tapi ketika The Beatles merekam lagu ini sebagai track terakhir album PLEASE PLEASE ME, lagu ini menjadi catatan dalam sejarah rock n roll.
4. The White Stripes Covering ‘Stop Breaking Down’
BLoG kiTa – Lagu ini adalah ciptaan Robert Johnson dari tahun 1937, namun sempat menjadi polemik dengan banyaknya versi yang bermunculan, 
 
dari Buddy Guy hingga Lucinda Williams. Bahkan Rolling Stones juga punya versi lagu ini di album EXILE ON MAIN ST.

Namun ternyata versi terbaik dimiliki oleh The White Stripes. Di album debutnya tahun 1999, duo Jack dan Meg ini berhasil menawarkan sudut punk-blues yang berhasil. 

 
Suasana primitif dari drum suara gua ala Meg dan gitar menggelegar ala Jack White serta vokal serak membuat lagu ini melambungkan nama The White Stripes.
5. The Black Keys Covering ‘Act Nice And Gentle’
BLoG kiTa – Lagu versi Black Keys ini dirilis di album ketiga mereka RUBBER FACTORY. Lagu milik The Kinks ini mendapat banyak sekali apresiasi dari musisi besar dunia lainnya. Meskipun tak pernah berada di jajaran tangga teratas chart, Act Nice And Gentle ini mampu menjadi highlights The Black Keys.
6. Elvis Presley Covering ‘Hound Dog’
BLoG kiTa – Lagu ini awalnya direkam oleh Big Mama Thornton pada tahun 1953. Lalu kemudian lagu ini dibawakan oleh Elvis Presley. 
 
Sebelum merekam lagu ini, Elvis terlebih dahulu membawakan lagu ini dalam gigsnya di Milton Berle Show tahun 1956 Saat direkam oleh Elvis, lagu ini selalu berada pada top chart selama satu bulan penuh. Terjual lebih dari 4 juta kopi,
 
 lagu ini memecahkan rekor penjualan terbesar di masanya. Hound Dog juga masuk di urutan ke-19 di daftar 500 lagu terbesar majalah Rolling Stone.