6 Etika Berpacaran dengan Teman Sekantor

BLoG kiTa – Asmara bisa datang kapan saja dan di manapun. Termasuk di tempat Anda bekerja. Mempunyai kekasih di kantor yang sama mungkin jadi hal yang menyenangkan dan bisa menambah semangat untuk pergi ke kantor. Tapi jika tidak bijak dalam bersikap, hal ini bisa jadi bumerang yang menghancurkan karir. 
Perhatikan enam etika ini saat menjalin asmara di kantor, seperti yang dikutip dari Boston dan iDiva.

1. Ketahui Kebijakan Perusahaan

BLoG kiTa – Sebelum terlibat dalam hubungan asmara antar rekan kerja, sebaiknya ketahui dulu kebijakan kantor, karena beberapa perusahaan punya aturan cukup ketat tentang hal ini. Biasanya perusahaan melarang adanya pernikahan antar karyawan di kantor yang sama. 
Tapi ada juga yang bahkan menentang sesama karyawannya berpacaran. Alasannya beragam, tapi umumnya karena takut konsentrasi dan produktivitas kerja terganggu. Jika kebijakan di perusahaan Anda soal ini cukup ketat, sebaiknya pikir-pikir dulu apakah hubungan asmara atau pekerjaan yang lebih penting buat Anda.
2. Jaga Kesopanan & Profesionalitas
BLoG kiTa – Anda harus bisa memisahkan antara urusan pribadi dan pekerjaan. Jangan biarkan hubungan asmara memengaruhi kualitas dan efisiensi Anda dalam bekerja. Sekali partner kerja atay atasan tahu pekerjaan Anda terbengkalai karena terlalu sibuk dengan masalah percintaan, maka kredibilitas Anda akan tercoreng dan sulit untuk mengejar karier yang lebih tinggi.
3. Berpacaran dengan yang Selevel
BLoG kiTa – Usahakan menghindari berpacaran dengan pekerja yang posisinya lebih rendah atau tinggi. Ketika bicara soal asmara di kantor, Anda juga perlu mempertimbangkan politik dan hierarki. Berpacaran dengan seseorang yang berbeda level bisa menimbulkan lebih banyak konflik. 
Misalnya saja jika Anda menjalin asmara dengan atasan, bisa muncul anggapan bahwa Anda karyawan yang mendapat perlakuan istimewa karena jadi kesayangan bos. Apabila memang tidak bisa dihindari, sebaiknya salah satu berhenti dari pekerjaan.
4. Jangan PDA di Kantor
BLoG kiTa – Anda boleh bermesraan untuk mengungkapkan rasa sayang. Tapi hanya ketika di luar kantor. Saat di kantor utamakanlah pekerjaan dan sebisa mungkin menjaga jarak. Pahamilah bahwa ketika di kantor, Anda dan si dia adalah partner kerja. Seintens apapun hubungan kalian. 
Hindari juga terlalu mengumbar kemesraan di ranah publik seperti social media, YouTue atau blog. Hubungan asmara di kantor sangat rentan menimbulkan skandal yang bisa menuai gosip dan merugikan diri Anda sendiri.
5. Memiliki Teman Sendiri
BLoG kiTa – Anda harus memiliki perkumpulan teman sendiri di kantor maupun di luar kantor. Jangan terjebak satu sama lain, hindari seperti anak kembar yang selalu bersama-sama. Luangkan waktu Anda untuk mengobrol bersama rekan lain, pasangan pun perlu melakukan hal yang sama.
6. Jangan Bawa Pertengkaran ke Kantor
BLoG kiTa – Setiap hubungan memiliki pasang surut. Jangan membahas masalah pribadi, apalagi sampai ribut di kantor dengan pasangan. Hal ini akan terlihat konyol dan tidak profesional. Lakukanlah argumen di rumah dan jangan membawa masalah pribadi ke kantor.