6 Fasilitas yang terdapat pada Kereta Khusus Presiden R.I.

BLoG kiTa – Kereta api merupakan salah satu alat teranfortasi alternatif yang sangat populer di masyarakat, tak hanya di Indonesia tapi di berbagai belahan dunia lainnya juga.
Akan tetapi ane perihatin sama kondisi kereta api Indonesia, masih minimnya fasilitas yang diberikan oleh badan kereta api indonesia, yang kira nya dapat memberikan kenyamanan bagi penumpang kereta api itu sendiri gan, contohnya aja Sejak Indonesia merdeka 68 tahun yang lalu, kereta api jarak jauh khususnya jenis ekonomi tetap tidak memakai pendingin udara atau air conditioner (AC). Hal ini sangat berbading terbalik saat agan-agan menengok apa saja fasilitas yang terdapat pada Kereta Khusu Presiden Indonesia.
Jakarta – Sejak setahun lalu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah meluncurkan kereta khusus perjalan dinas VVIP. Berbeda dengan kereta wisata milik PT Kereta Api Indonesia (KAI), kereta ini dirancang dan dikelola oleh PT Industri Kereta Api (INKA) di Madiun, Jawa Timur.

Kereta khusus untuk keperluan dinas pejabat negara setingkat presiden dan menteri ini, ternyata dirancang dengan fasilitas khusus. Bahkan, bagian kaca kereta ini bisa tahan terhadap tembakan senapan.

Kereta dinas ini dibangun sebanyak 4 gerbong dengan berbagai fasilitas berbeda di dalamnya. Mau tahu fasilitas dan isi dari kereta khusus presiden ini?Berikut 6 Fasilitas yang terdapat pada Kereta Khusus Presiden R.I.dikutip dari berbagai sumber:

1. Ruang Rapat Mewah
BLoG kiTa – Terdapat ruang rapat khusus yang cukup luas. Ruang rapat ini memungkin presiden atau menteri memimpin rapat dalam kondisi kereta berjalan. Dilengkapi fasilitas layar dan kursi yang nyaman, membuat rapat akan terasa nyaman apalagi ditambah dengan pemandangan di luar kereta. Saat rapat, kondisi penumpang di dalamnya akan tetap terjaga karena kaca kereta dirancang anti tembakan. Pada kereta khusus rapat ini juga terdapat fasilitas karaoke.
2. Kamar Tidur Ala Hotel
BLoG kiTa – Layaknya sebuah hotel, kereta dinas milik Kementerian Perhubungan ini, dilengkapi kamar tidur khusus. Kamar ini, membuat pejabat setingkat presiden atau menteri bisa beristirahat sejenak saat perjalanan. Sambil beristirahat, penumpang bisa menikmati pemandangan di luar kereta. Selain tempat tidur VVIP, terdapat pula tempat tidur khusus bagi para kru yang terdapat pada di gerbong berbeda.
3. Toilet Sekelas Hotel
BLoG kiTa – Selain fasilitas tempat tidur, kereta dinas ini, dilengkapi fasilitas toilet dan kamar mandi super nyaman. Layaknya fasilitas kamar mandi di hotel, terdapat wc duduk dan pancuran mandi yang nyaman.
4. Kafetaria
BLoG kiTa – Kereta dinas ini, sangat memanjakan orang di dalamnya. Terdapat fasilitas kafetaria yang membuat para penumpang di dalamnya bisa bersantai sambil menikmati perjalan di kereta. Selain itu, terdapat tempat duduk yang nyaman sehingga membuat para penumpang bisa minum secangkir kopi sambil bersantai.
5. Bagasi ala Pesawat Terbang
BLoG kiTa – Kereta ini, tak tampak seperti sebuah kereta pada umumnya. Layaknya sebuah pesawat terbang, pada kereta tertentu terdapat fasilitas bagasi di atas. Ditambah lagi, interiror kereta yang membuat kesan sebuah kereta menjadi hilang.
6. CCTV dan Kaca Anti Peluru
BLoG kiTa – Kereta ini juga dilengkapi fasilitas keamanan super canggih. Di luar kereta terdapat beberapa CCTV atau kamera pengawas, yang bisa memantau kondisi di luar kereta. Selain kamera, secara keamanan, kereta ini dilengkapi fasilitas kaca yang tahan terhadap tembakan atau peluru.