6 Jenis Herba Dapur dan Berikut Manfaatnya

BLoG kiTa – Beraroma tajam dan bisa memberi rasa yang kuat pada masakan, itulah herba. Selain itu, berbagai herba seperti yang dilansir dari Indiatimes ini pun bisa memberikan banyak kegunaan bagi kesehatan. Simak selengkapnya yang dikutip dari Merdeka:
1. Kemangi
BLoG kiTa – Daun kemangi adalah herba populer dengan sedikit rasa manis dan punya arti ‘raja’ dalam bahasa Yunani. Pasalnya banyak ahli kuliner yang menyebutkan kalau kemangi adalah herba bangsawan.

Manfaatnya bagi tubuh adalah mengontrol tekanan darah, menjaga asupan oksigen dalam darah, dan sumber antioksidan yang baik.

2. Peterseli
BLoG kiTa – Daun peterseli sering digunakan sebagai hiasan daripada bumbu. Sebab aromanya yang menyebar mampu membuat makanan seolah terasa lebih lezat. Peterseli segar aromanya tajam, sementara yang kering justru tidak berbau sama sekali.

Manfaatnya? Penghilang bau mulut, peningkat sistem imun, sumber vitamin A dan C, serta melancarkan siklus menstruasi.

3. Thyme
BLoG kiTa – Daun thyme mengeluarkan aroma tajam dan rasa yang kuat pada makanan. Biasanya dicampur dalam masakan seperti sup, telur orak-arik, atau salad. Baik kering maupun segar, thyme bisa digunakan untuk menyedapkan masakan.

Daun thyme ampuh mengatasi infeksi tenggorokan dan batuk kering jika dicampur dengan teh. Thyme juga merupakan sumber serat yang baik.

4. Rosemary
BLoG kiTa – Daun rosemary punya bentuk seperti jarum. Rasanya manis pahit dan asam seperti jeruk. Biasanya digunakan sebagai hiasan pada makanan atau dicampur dalam sup untuk memperkuat rasa masakan.

Beberapa orang menggunakan rosemary sebagai aroma yang menenangkan suasana hati. Rosemary juga penyembuh alami migrain, agen anti bakteri, antioksidan yang meningkatkan sistem imun.

5. Sage
BLoG kiTa – Sage dalam bahasa Latin artinya ‘menyelamatkan’. Tidak heran, selain digunakan sebagai bumbu masakan, daun sage juga punya khasiat menakjubkan bagi tubuh. Sage bisa ditemukan dalam tiga bentuk, kering, segar, dan diawetkan. Sage yang diawetkan biasanya direndam dalam minyak zaitun dan bisa bertahan sampai dua bulan.

Kegunaan sage untuk kesehatan adalah melancarkan pencernaan dan sangat dianjurkan bagi penderita radang sendi dan asma karena mampu mengobati penyakit inflamasi.

6. Mint
BLoG kiTa – Daun mint cukup sering digunakan sebagai herba dapur di seluruh dunia. Menthol adalah komposisi utama yang memberi sifat aroma dan rasa pada mint. Daun mint pun bisa ditambahkan ke dalam sup, salad, teh, dan makanan lainnya.

Sakit perut? Coba minum teh mint. Selain meredakan nyeri pada perut, teh mint juga melancarkan pencernaan. Mengunyah daun mint bahkan mampu menghilangkan napas tidak sedap dan memutihkan gigi.