6 Kisah 6 Mobil Luthfi Hasan yang Belum Terungkap

[lihat.co.id] – 6 Mobil terkait Luthfi Hasan Ishaaq disita KPK. Mobil-mobil itu diduga terkait kasus pencucian uang. Yang menarik, PKS sempat ngotot ke KPK soal kepemilikan mobil itu. PKS mengklaim mobil itu milik kader mereka, bukan milik Luthfi.

“Hanya dua milik Luthfi, Pajero Sport dan Mazda CX 9,” kata pengacara Luthfi, M Assegaf saat dikonfirmasi, Senin (20/5/2013).

Urusan mobil itu juga ramai mencuat perhatian publik. Saat KPK melakukan penyitaan, PKS menolaknya, alasannya penyidik tidak berlaku sesuai aturan. Alhasil KPK mundur dan menunda penyitaan.

Hingga akhirnya, pekan lalu KPK sukses membawa mobil-mobil itu. Diduga kuat, mobil itu memang milik Luthfi. Berdasarkan penelusuran, mobil itu dibeli memakai uang Luthfi. Ini 6 kisahnya,dikutip dari News.detik:

1. Kisah VW Caravelle yang Diantar ke Rumah Luthfi

[lihat.co.id] – Mobil VW Caravelle yang ditaksir seharga Rp 1 miliar ini disebut sebagai kendaraan operasional PKS. Mobil ini biasa digunakan untuk antar jemput tamu Luthfi.

“Paling sering setahu saya ya Caravelle dan CX 9 itu,” kata asisten pribadi Luthfi Hasan Ishaaq, Rantala Sikayo usai menjalani pemeriksaan di Kantor KPK Jl Rasuna Said, Jaksel, Jumat (10/5).

Berdasarkan penelusuran, mobil dengan nopol B 948 RFS itu dibeli seharga Rp 1.098.0000.000. Mobil itu ditulis atas nama M Ali Imran. Walau demikian, mobil itu dibeli Ahmad Zaki, orang dekat Luthfi dari dealer PT WIP.

Mobil itu, juga langsung diantar ke rumah Luthfi. Tak diketahui dari mana uang Luthfi berasal. Ahmad Zaki juga yang kabarnya mengeluarkan uang untuk menambah audio di mobil itu. Mobil itu memang sudah dimodifikasi.

Sumber di internal PKS juga memastikan bahwa uang untuk pembelian mobil itu tak pernah tercatat di pengeluaran DPP.

2. Nissan Navara yang Dibeli Pakai KTP Staf Pribadi Luthfi

[lihat.co.id] – Nissan Navara seharga hampir Rp 400 juta milik Luthfi Hasan sudah disita KPK. Mobil itu juga disebut pihak Luthfi milik operasional dan kader PKS. Benarkah itu? Berdasarkan hasil penelusuran, mobil berpelat B 9051 QI itu atas nama staf pribadi Luthfi, Rantala Sikayo.

Berdasarkan penelusuran, mobil itu dipindahnamakan pada November 2012. Rantala, beberapa waktu lalu usai diperiksa KPK mengaku, KTP-nya dipinjam kader PKS.

“Saya lupa, dia pria, orang PKS,” kata Rantala usai menjalani pemeriksaan di Kantor KPK, Jl HR Rasuna Said, Jaksel, Jumat (10/5).

Mobil itu sebelumnya diketahui sebagai milik Luthfi. Sejak 2008, mobil itu biasa dipakai Luthfi. Entah mengapa tiba-tiba Luthfi mengubah nama kepemilikan mobil itu. 

3. Toyota Fortuner B 544 RFS Milik Luthfi yang Misterius

[lihat.co.id] – Pelat mobil Toyota Fortuner B 544 RFS yang disita KPK terkait Luthfi Hasan ini cukup menarik. Pelat RFS biasa digunakan pejabat. Apakah ini mobil Luthfi, selaku pejabat negara anggota DPR?

Berdasarkan penelusuran, mobil itu memang milik Luthfi. Ahmad Zaki, orang kepercayaan Luthfi yang terlibat langsung dalam pembelian mobil itu. Mobil itu dibeli atas nama Abdullah Sani. Tapi, jelas Zaki yang mengatur semuanya.

Abdullah Sani hanya KTP saja. Zaki juga diketahui kerap membawa mobil itu ke rumah Luthfi di Jl Samali, Pasar Minggu, Jaksel.

“Setahu saya mobil Ustad (Luthfi-red) ada dua, saja. 4 Yang lain, katanya milik kader,” terang pengacara Luthfi, Assegaf saat dikonfirmasi. 

4. Mitsubishi Pajero Sport Hitam, Benarkah Memakai Pelat Palsu?

[lihat.co.id] – Mitsubishi Pajero Sport hitam bernopol B 1074 RFW ini disebut sebagai mobil Luthfi Hasan. Pengacara Luthfi, Zainuddin Paru juga pernah mengamini kalau mobil itu milik Luthfi selain Mazda CX 9.

Tapi kabarnya, pelat yang terpasang di mobil itu palsu. Pelat mobil tak sesuai dengan yang semestinya. Benarkah? Pengacara Luthfi, M Assegaf mengaku kaget. Dia tak yakin kalau pelat yang terpasang di mobil itu palsu.

“Masa sih palsu?” jelas Assegaf.

Mobil seharga ratusan juta atas nama Luthfi itu sudah disita KPK. “Nanti saya cek ya, asli apa palsu,” jelas Assegaf. 

5. Mitsubishi Grandis yang Dibeli Luthfi Cash

[lihat.co.id] – Mitsubishi Grandis ini bernopol B 7476 UE. Mobil ini diketahui atas nama Yudhi Irwanto, tapi sudah diperjualbelikan dengan Luthfi Hasan. Berdasarkan penelusuran, mobil itu dibayar Luthfi cash sebesar Rp 150 juta.

Jual beli mobil dilakukan di kantor PKS. Mobil itu kadang juga dipakai Luthfi, walau disimpan di markas PKS. Mobil itu sudah dimiliki selama beberapa bulan sebelum disita KPK.

Pengacara Luthfi, Zainuddin Paru sempat menyebut mobil ini bukan milik Luthfi, tetapi milik kader yang lain. Mobil ini kini terparkir di kantor KPK, termasuk yang disita. 

6. Mazda CX Milik Luthfi Seharga Lebih dari Rp 500 Juta

[lihat.co.id] – Mazda CX 9 ini diakui pengacara Luthfi, Zainuddin Paru sebagai milik Luthfi. Mobil itu ditaksir berharga Rp 800 juta. Mobil ini bernopol B 2 MDF.

Berdasarkan penelusuran, mobil ini atas nama Luthfi. Namun kabarnya, yang tengah dilacak soal asal usul uang pembelian mobil ini. Karenanya, mobil ini ikut disita KPK.

Mazda berwarna putih ini, juga kerap digunakan Luthfi. Tapi kini sudah berpindah terparkir di halaman KPK. Yang cukup menarik, kabarnya orang dekat Luthfi, Ahmad Zaki sengaja menyimpan mobil-mobil itu di markas PKS. Tujuannya agar aman dari penyitaan KPK.

Pengacara Luthfi, Assegaf yang dikonfirmasi mengaku tak tahu soal rencana penyembunyian itu. “Saya nggak tahu,” tutur Assegaf, Senin (20/5/2013).