6 Pulau Sepi yang Terasa Milik Pribadi di Kepulauan Seribu

[lihat.co.id] – Berlibur ke Kepulauan Seribu biasanya wisatawan mencari pulau-pulau sepi untuk melepas penat. Hanya beberapa menit dari Pulau Pramuka, Anda dapat mencapai pulau sepi ini.

Bahkan, ada beberapa pulau yang tidak berpenghuni di Kepulauan Seribu. Tentu akan sangat menarik apabila Anda mendirikan tenda dan merasakan sensasi berkemah di pulau-pulau ini.

Dikumpulkan detikTravel, inilah 6 pulau sepi serasa milik pribadi di Kepulauan Seribu yang diminati traveler: 

1. Pulau Semak Daun

[lihat.co.id] – Pulau Semak Daun adalah tempat favorit traveler yang ingin berkemah di Kepulauan Seribu. Airnya biru jernih, selaras dengan hamparan pasir putih.

Pulau tak berpenghuni ini lebih dikenal di telinga dengan sebutan pulau Smack Down. Jika Anda mengunjungi dan ingin menginap di pulau ini, cobalah sensasi tidur beratapkan langit luas. Jangan lupa membawa perbekalan mentah seperti cumi dan ikan untuk dibakar dan disantap ketika malam hari.

Pemandangan bawah laut di Pulau Semak Daun dipenuhi dengan soft coral yang bergelayutan kesana kemari oleh arus air. Jika cuaca cerah, Anda dapat melihat clown fish saat snorkling.

2. Pulau Sepa

[lihat.co.id] – Salah satu pantai dengan pasir terbaik di Kepulauan Seribu ada di Pulau Sepa. Ditambah lagi tepi pantainya belum tertutup oleh bebatuan.

Anda dapat berjalan kaki memutari Pantai Sepa memang tidak terlalu luas. Bagi pasangan yang mengunjungi Pulau Sepa, berjalan keliling serasa pulau pribadi di kala senja tentu sangat menarik dan romantis.

Dengan keindahan pasir putih, serta nuansa tropis yang alami, berkunjung ke Pulau sepa tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Selain alam tropisnya, keindahan bahari dasar laut juga menjadi kenikmatan utama saat Anda berkunjung ke sini.

Seperti di pulau lainnya, kegiatan diving dan snorkeling menjadi hal yang harus Anda lakukan untuk menikmati naturalnya alam bawah laut Pulau Sepa. Selain ikan hias dan terumbu karang berwarnai-warni, air yang tenang akan membuat Anda nyaman saat melakukan kegiatan diving dan snorkeling.

Bagi yang gemar memancing, Anda juga bisa menyalurkan hobi. Namun Anda dilarang untuk berlebihan dalam berburu ikan demi kelestarian alam bawah laut Pulau Sepa.

3. Pulau Air

[lihat.co.id] – Di Pulau Air, Anda dapat bersnorkling ria di perairan yang tenang karena diapit 2 pulau yang sama. Pulau air ini milik seorang pengusaha kaya di Jakarta. Namun Anda dapat mengunjungi sisi yang dibuka untuk umum.

Di antara pulau lainnya, Pulau Air jauh lebih terpelihara dan dilengkapi infrastruktur yang baik. Bangunan-bangunan permanen sudah dibangun di pulau ini.

Jika Anda senang melakukan aktivitas snorkling dan diving, maka tempat ini sangat cocok untuk Anda kunjungi. Karena berada di sekitar pulau pribadi, alam bawah laut di perairan ini masih terawat.

4. Pulau Karang Congkak

[lihat.co.id] – Pulau Karang Congkak juga merupakan pulau yang tidak berpenghuni. Namun, pulau ini sangat menyenangkan untuk dijadikan tempat melakukan berbagai kegiatan oleh wisatawan.

Pulau yang asri dan laut yang biru akan sangat memanjakan mata Anda. Karena tidak tersedia listrik di pulau ini, maka kegiatan berkemah di pulau akan membuat malam Anda menjadi meriah.

Di siang hari, Anda dapat bebas bermain dengan pasir putih, berenang atau snorkling di laut jernih yang dihuni bermacam habitat laut. Ada ikan hias, terumbu karang berwarna – warni di sini. Bagi pecinta diving di kepulauan seribu, Pulau Karang congkak ini adalah surga bagi Anda.

Selain berenang, Anda juga bisa menguji hobi dan keahlian memancing di sini. Banyak jenis ikan laut yang ada di bawah laut Pulau Karang Congkak. Atau kalau tidak mau repot, beli saja ikan kerapu dan berbagai jenis kerang dari Pulau Pramuka, lantas siap untuk dibakar dan disantap di Pulau Karang Congkak.

5. Pulau Kotok

[lihat.co.id] – Pulau Kotok merupakan contoh pulau dengan vegetasi yang masih asli, laut yang jernih dan formasi batu karang berwarna-warni. Sehingga pulau ini menjadi tujuan utama para penyelam.

Pulau yang dapat ditempuh dengan waktu 90 menit dari Pelabuhan Marina ini merupakan tempat konservasi Elang Bondol yang menjadi maskot DKI Jakarta.

Yang unik, di sini Anda bisa menginap di cottage rumah pohon. Cottage tersebut berada di atas pohon besar. Dari cottage, Anda dapat melihat hamparan laut yang begitu luas, serasa memiliki laut dan pulau pribadi, bukan?

Untuk menjaga keasrian dan kelestarian alam bawah laut, di Pulau Kotok tidak terdapat fasilitas olah raga air seperti jetski, banana boat, dan bermain kano. Di sana hanya ada penyewaan alat snorkeling dan diving, serta penyewaan kapal untuk diving.