6 Tingkah Unik Tidur yang Menandakan Tubuh tidak Sehat

BLoG kiTa – Tidur tidak selalu memberikan ketenangan, beberapa orang justru lebih banyak dibandingkan saat tidak tidur. Jangan sepelekan, tingkah-tingkah aneh dan juga keluhan-keluhan lain selama tidur bisa juga menunjukkan gangguan kesehatan.

Beberapa jenis tingkah aneh dan keluhan saat tidur yang berhubungan dengan gangguan kesehatan adalah sebagai berikut seperti dikutip dari Healthy Living MSN dan Health.detik:

1. Tidak bisa tidur telentang

BLoG kiTa – Susah tertidur dalam posisi telentang, atau bisa tidur tetapi selalu mendapati posisinya sudah berubah saat bangun, bisa menunjukkan adanya gangguan pernapasan. Upper Airway Resistance Syndrome (UARS) adalah kondisi yang memicu sumbatan di saluran napas dan membuat orang susah tidur dalam posisi normal.
2. Menendang benda apapun di tempat tidur

BLoG kiTa – Tidak ada yang lebih menyebalkan dibanding tidur dengan rekan yang kakinya tidak bisa diam. Sepanjang malam selalu menendang, sampai selimut dan sprei berantakan bahkan bantal guling berjatuhan dari tempat tidur. Kondisi ini biasanya dipicu oleh Periodic Limb Movement Disorder (PLMD), mirip seperti sindrom kaki gelisah atau restless leg syndrome (RLS). Bedanya, kaki gelisah pada PLMD lebih spesifik muncul cuma saat tidur.
3. Mendengkur

BLoG kiTa – Bukan cuma berisik, ngorok atau mendengkur juga bisa menandakan adanya risiko mengalami stroke penyakit kardiovaskular. Kadang seseorang tidak menyadari jika dirinya mendengkur sepanjang malam, tetapi jika dicermati ia akan merasakan mulut kering saat bangun tidur karena bernapas lewat mulut, dan cepat letih atau mengantuk di siang hari.
4. Tidur kedinginan saat bangun kegerahan

BLoG kiTa – Banyak gangguan kesehatan memiliki gejala semacam ini. Pada perempuan, kondisi ini bisa menjadi tanda-tanda masuknya masa premenstruasi. Selain itu, gangguan pengaturan suhu tubuh juga bisa menandakan adanya gangguan tiroid. Raynaud’s syndrome, sebuah gangguan sistem peredaran darah juga bisa membuat kaki terasa dingin saat bangun tidur.
5. Sering bangun tengah malam

BLoG kiTa – Tidur tidak nyenyak juga disebabkan oleh keinginan untuk buang air kecil. Kondisi ini disebut nocturia atau sering kencing tengah malam. Seiring bertambahnya usia, kemampuan kandung kemih untuk mengontrol hasrat buang air kecil makin berkurang.
6. Bangun tidur selalu sakit kepala

BLoG kiTa – Ada banyak penyebab sakit kepala saat bangun tidur, salah satunya adalah tension headache atau sakit kepala karena tekanan yang tinggi di kepala. Pemicunya antara lain posisi tidur yang tidak nyaman, atau bantal yang terlalu tinggi. Bisa pula dipicu oleh sebab lain yang susah dideteksi yakni bruxism atau kebiasaan menggeretakkan gigi saat tidur.