7 Aplikasi Android untuk Kesehatan dan Kedokteran

BLoG kiTa – Apakah anda suka mencari barang-barang kebutuhan menggunakan internet melalui ponsel Android anda ? atau anda adalah seorang calon dokter yang sedang mencari berbagai informasi tentang dunia kedokteran memanfaatkan kecanggihan internet? atau anda termasuk orang yang super sibuk dengan pekerjaan segudang sehingga nyaris tidak ada waktu untuk sekadar medical check-up ke dokter?. 
Kalau anda adalah orang-orang dengan kriteria di atas, maka anda harus mengetahui tujuh aplikasi terbaik untuk dunia kedokteran yang pasti akan membantu menyelesaikan masalah. Tanpa panjang lebar, berikut 7 aplikasi Android terbaik untuk dunia kedokteran yang dikutip dari berbagai sumber:
1. Medscape
BLoG kiTa – Medscape adalah aplikasi gratis berbasis Andorid yang memungkinkan dokter dan apoteker mencari informasi lebih dari 8000 merek obat generik dan suplemen. Aplikasi pasti sangat berguna untuk mencari resep obat untuk penyakit yang sedang diderita, Medscape juga memungkinkan anda memeriksa reaksi obat hanya dengan sekali sentuhan tombol. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan untuk melihat berita tentang dunia kedokteran, juga anda bisa mendapatkan peringatan penting dari 34 spesialisasi dunia kedokteran.

Fitur lain dari Medscape adalah mempunyai lebih dari 129 formula kedokteran, skala dan klasifikasi. Juga terdapat lebih dari 600 monograf obat dan kalkulator dosis yang terintegrasi. Jadi, tidak diragukan lagi, aplikasi ini sangat cocok bagi calon dokter yang sedang mendalami pengetahuannya.

2. Human Anatomy
BLoG kiTa – Meskipun tidak banyak membantu dokter yang sudah profesional, aplikasi dapat digunakan sebagai media pendidikan bagi calon dokter. Karena aplikasi ini memberikan referensi kepada penggunanya tentang anatomi manusia secara sederhana dan rinci.
3. First Aid 
BLoG kiTa – Keberadaan dokter pada saat situasi darurat memang sangat diperlukan, tapi apa jadinya kalau saat-saat darurat itu dokter sangat jauh untuk dijangkau. Aplikasi First Aid ini adalah aplikasi gratis berbasis Android yang sangat berguna dalam situasi darurat, karena berisi bagaimana teknik dasar pertolongan pertama (pada kecelakaan). 
“First Aid ini dirancang untuk membantu anda agar mengikuti prosedur yang benar dalam situasi darurat juga dapat digunakan untuk membantu orang lain dalam kondisi yang sama. Aplikasi ini dilengkapi dengan ilustrasi, video dan teks singkat untuk memberikan pengetahuan kepada anda bagaimana hal yang harus dilakukan langkah demi langkah dengan benar”. 
Menurut pengembangnya. Aplikasi memiliki rate 4.5 pada Google Play Store, hal ini membuktikan bahwa aplikasi sangat berguna pada kondisi darurat. Aplikasi First Aid juga bisa di download secara gratis di Google Play Store.
4. ICE: In Case Of Emergency
BLoG kiTa – Anda pasti akan gugup saat melihat rekan, saudara, atau orang yang sedang berada dalam kondisi kritis. Aplikasi ini pasti akan sangat bermanfaat pada saat berada dalam kondisi kritis seperti itu.
Bahkan anda dapat menyelamatkan nyawa seseorang. Setelah terinstall, aplikasi ini akan memberikan informasi tentang kontak penting yang berhubungan dengan dunia medis, alergi, kondisi dan resep yang sangat mudah dilakukan orang lain jika anda sendiri yang berada dalam situasi darurat, karena aplikasi ini dapat dibuka meski ponsel dalam keadaan terkunci.
5. Epocrates
BLoG kiTa – Epocrates adalah aplikasi gratis yang memberikan berbagai informasi tentang kedokteran, seperti obat, penyakit, dan informasi diagnostik. 
Digunakan oleh banyak dokter, dapat berfungsi sebagai aplikasi referensi obat yang dapat diandalkan karena dilengkapi dengan ribuan monograf obat, interaction checkers, pengenal pil, dan formula untuk menjaga kesehatan. Secara keseluruhan, Epocrates adalah sebuah aplikasi yang sangat berguna jika anda bekerja di bidang kedokteran.
6. Skyscape Medical Resources
BLoG kiTa – Skyscape Medical Resources, dikembangkan oleh www.skyscape.com adalah aplikasi yang besar dengan berbagai informasi tentang obat, kalkulator medis, dan informasi klinis tentang bebih dari 850 topik kesehatan. Aplikasi ini mencakup banyak informasi rinci tentang ribuan merek obat dan generik. Meskipun gratis, sebagian besar resources penting tersedia sebagai layanan premium.
7. Mediquation Medical Calculator
BLoG kiTa – Mediquation hanyalah kalkulator medis terbaik di luar sana. Aplikasi ini dibayar dilengkapi dengan lebih dari 232 formula dan alat penilaian. Mediquations juga memberikan referensi, full equations, PubMed links dan banyak lagi. Aplikasi berjalan sempurna pada Android Ice Cream Sandwich. Mediquation juga terpilih sebagai “Staff Favorite” di iTunes Apps Store. Sedangkan di Google Play Store mendapatkan rating 4.4. Meski berbayar, anda tidak akan menyesal membeli aplikasi yang satu ini.