7 Jam Tangan Digital Terkenal sebelum adanya Apple iWatch

BLoG kiTa – Sebelum tren pembuatan jam tangan digital seperti sekarang, sebenarnya beberapa tahun lalu teknologi ini sudah banyak diciptakan meskipun akhirnya gagal berkembang.

Jadi bukan hal baru saat Apple dirumorkan bakal meluncurkan satu produk baru yang dinamakan iWatch. Rumor ini ternyata mematik reaksi dari Google dan Samsung untuk ikut menciptakan produk serupa.

Dilansir Business Insider, ada beberapa produk jam tangan digital yang sudah muncul beberapa tahun lalu meskipun akhirnya kembali tenggelam dan tidak lagi diproduksi.Berikut 7 Jam Tangan Digital Terkenal sebelum adanya Apple iWatch,dikutip dari berbagai sumber:

1. Sony Android smartwatch
BLoG kiTa – Di tahun 2012 lalu, Sony meluncurkan satu produk inovasi berbentuk jam tangan digital. Jam tangan ini juga menggunakan penggunaan android sebagai operating system di dalamnya. Dengan android dan warna-warna yang cantik, tapi sayang jam tangan ini ternyata tidak begitu laris di pasaran, karena beberapa hal seperti salah satunya adalah tidak begitu responsifnya fitur touchscreen-nya.
Walaupun dianggap gagal untuk menembus persaingan dunia gadget,jam tangan dari Sony itu masih dijual dengan harga USD 129,99 atau sekitar Rp 1,2 jutaan.
2. Microsoft SPOT
BLoG kiTa – Pada tahun 2004, Microsoft juga mengeluarkan teknologi yang dinamakan SPOT (Smart Personal Objects Technology). Teknologi ini berfungsi untuk membuat jam tangan digital dapat menampilkan perkiraan cuaca atau juga dapat dipakai buat mendengarkan radio FM.
Uniknya, produk dari perusahaan jam tangan terkenal seperti Fossil dan Swatch yang menggunakan teknologi SPOT ini justru gagal sukses di pasaran. Microsoft akhirnya ‘membunuh’ SPOT di tahun 2008.
3. Apple iPod Nano watch
BLoG kiTa – Selain menciptakan iPod Nano, pada tahun 2010 lalu, Apple juga memperkenalkan satu produk jam tangan digital mereka. Bentuk dan ukurannya mirip dengan iPod Nano, perbedaannya hanya terletak pada tampilan.
Pada saat memperkenalkan produk ini, Apple menjelaskan bahwa jam tangan ini dapat terintegrasi dengan iPod. Sayangnya, di tahun 2012 kemarin, Apple tidak lagi memproduksi jam tangan ini karena alasan produk terlalu besar dan memiliki bentuk yang kuno untuk zaman sekarang.
4. LG GD910 Watchphone
BLoG kiTa – LG GD910 Watchphone adalah produk jam tangan digital yang diproduksi pada tahun 2009. Boleh dibilang, produk satu ini adalah jam tangan digital pertama yang sudah mengadopsi teknologi touchscreen dan dapat digunakan untuk melakukan panggilan telepon.
Sayangnya, LG GD910 Watchphone gagal untuk menjadi gadget populer di tahun itu karena banyak orang menganggap kalau melakukan panggilan melalui jam tangan adalah suatu hal yang aneh dan menggelikan. Banyak orang yang lebih suka menggunakan headset Bluetooth daripada harus ‘berbicara dengan tangan.
5. Samsung S9110
BLoG kiTa – Di tahun yang sama seperti dirilisnya LG GD910 Watchphone, Samsung juga memproduksi jam tangan digital yang dinamakan S9110. Selain dapat digunakan untuk melakukan panggilan, produk satu ini juga bisa dipakai buat memutar lagu dan terkoneksi dengan Outlook untuk mengirim email.
Sayangnya, bukan karena desain dan hardware yang jelek, harga dari S9110-lah yang membuat produk ini jadi enggak begitu laris di pasaran. Samsung menjual produk itu dengan harga sekitar USD 600 atau sekitar Rp 5,8 jutaan. Padahal di tahun 2009, banyak produk yang lebih bagus dijual dengan harga murah.
6. I’m Watch
BLoG kiTa – Pada tanggal 11 Maret kemarin, Cnet pernah membahas kalau ada satu produk jam tangan digital besutan dari perusahaan yang bernama I’m. Produk yang dinamakan I’m Watch menggunakan operating system Android 2.1. Selain itu, jam ini juga memiliki kemampuan untuk menampilkan email, kalender, melihat feed di account jejaring sosialnya dan beberapa lainnya.
tapi akhirnya mundur karena harga yang ditawarkan terlalu tinggi. I’M mematok harga produk jam tangan digitalnya sebesar USD 349 atau sekitar 3 jutaan. Meskipun enggak sukses di pasaran, I’m Watch masih dipasarkan sampai sekarang.
7. Motorola MotoActv
BLoG kiTa – Pada tahun 2011, Motorola mengeluarkan satu produk jam tangan digital dengan nama MotoActv. Produk ini adalah aksesori pendukung dari Droid Razr. Selain sebagai aksesoris pendukung, MotoActv juga berfungsi sebagai alat bantu fitnes dan pemantau detak jantung serta langkah.
Perangkat satu ini juga dapat dipakai buat memutar musik dan dilengkapi dengan fitur GPS. Motorola MotoActv juga enggak sukses di pasaran karena harga yang terlalu tinggi. Motorola menjual produknya dengan harga USD 250 atau sekitar Rp 2,5 jutaan.