7 Pimpinan Mafia Italia di berbagai Belahan Dunia

BLoG kiTa – Mafia italia adalah sindikat organisasi kejahatan yg cukup tua dan berpengaruh yang masih eksis hingga ke abad ke 21 ini meskipun di masa kini aktivitasnya boleh dibilang menurun namun ini bukanlah akhir bagi keberadaan mafia italia yg keberadaannya sudah tercatat sejak abad 18.
Aktivitas mafia Italia hampir sama dgn kebanyakan organisasi kejahatan lainnya seperti narkoba , pencucian uang , perjudian , prostitusi , jasa pengamanan , pemerasan , perdagangan senjata , penyelundupan , kontrak pembunuhan , ( dan jg cyber crime ) , Trafficking dll.
Penegak hukum di dunia saat ini lebih fokus memberantas mafia narkoba Amerika Latin dan mafia russia sementara di belakang layar mafia italia masih aktif dan dalam tahap membenahi diri.
Mafia Italia merupakan sebutan bagi para gangster yg berasal dari berbagai kawasan di Italia namun jika nama mafia Italia disebut maka yg diingat orang biasanya kisah fiksi trilogy Godfather yg lebih membahas Mafia italia -Amerika Padahal ada bbrp kawasan di Italia yg tidak kalah berbahaya dari mafia sisilia dan mereka tidak segan -segan untuk membunuh para penegak hukum.
Beberapa mafia Italia yg terkenal reputasinya adalah Mafia Sisilia, American cosa nostra , Camorra dan N’drangetha.
Berikut ini adalah daftar 7 pucuk pimpinan mafia Italia di berbagai belahan dunia,dikutip dari berbagai sumber:
1. John Di Fronzo
BLoG kiTa – John Di Fronzo adalah pimpinan mafia Italia untuk kawasan chicago , Amerika serikat namun wilayah kekuasaannya juga mencakup Miami, Los Angeles dan Las Vegas FBI dan penegak hukum yg lain mulai menyadari sepak terjangnya sejak thn 1993
Status terkini : berada di luar penjara , bersembunyi dr kejaran petugas sambil menata organisasi kejahatannya.
2. Vito Rizutto
BLoG kiTa – Vito rizutto adalah Godfather mafia Italia untuk wilayah Kanada,Di bawah kekuasaannya terjadi perang besar antara mafia binaannya melawan mafia italia lain yaitu N’drangetha dalam persaingan wilayah kekuasaan.
Kondisi terkini : Baru saja keluar dari penjara pd thn 2012 setelah ditahan selama 10 thn oleh otoritas setempat.
3. Giovanni Mottisi
BLoG kiTa – Mottisi adalah pimpinan mafia Italia dalam negeri tepatnya di kota Palermo, Italia , Memulai karir di dunia kejahatan sejak thn 80-an, pria ini pd akhirnya menduduki pucuk pimpinan mafia palermo setelah menggantikan saudaranya Mateo Motisi yg tertangkap .
Status terkini : sejak thn 1998 Giovani adalah buronan dan diperkirakan masih bersembunyi di italia sambil memimpin organisasinya.
4. Pasquale Scotti
BLoG kiTa – Don pasquale adalah pimpinan terkini mafia camorra di wilayah Campania dan Napoli di bawah kekuasaanya Mafia camorra maju pesat dikarenakan di wilayah tsb tingkat kemiskinan cukup tinggi dan para warga menghormati para mafia sehingga penegak hukum kesulitan memberantas mafia camorra.
Status terkini : Buronan pemerintah sejak 2005 utk 26 kasus pembunuhan.
5. Liborio Bellomo

BLoG kiTa – Adalah pimpinan Mafia italia dari klan Genovese di Amerika yg menguasai kawasan New york , New Jersey , Philadelphia , new england dan detroit
Status terkini : setelah keluar dari penjara thn 2008 , Don liborio masih aktif mengorganisir organisasinya dgn lebih hati -hati .
6. Pasquale Condello
BLoG kiTa – Pimpinan terkini mafia Italy N’drangetha sejak akhir 2000-an,Domenico-lah yg mengorganisir pengiriman kokain melalui poros Italia – Kolombia markas utamanya di kawasan Reggio calabria , Italia selatan namun organisasi ini juga melebarkan sayap di Kanada

Status terkini : tertangkap dan dipenjara sejak 2008.

7. Matteo Messina Denaro
BLoG kiTa – Tampan , berwibawa dan kharismatik itulah gambaran Don Matteo yg merupakan pimpinan Mafia sisilia terkuat terkini julukannya CAPO dei CAPI ( Pimpinan dari segala pimpinan )

Pria ini adalah manusia paling disegani di dunia kriminal italia saat ini,Semua organisasi mafia Italia mengenalnya dan menghormatinya, meski di balik itu mereka juga ingin melenyapkannya utk mengincar posisinya

markas utamanya ada di daerah sisilia , namun kerap berpindah tempat hingga ke berbagai tempat di belahan dunia termasuk kawasan Asia

Status terkini : buronan interpol paling dicari , pada thn 2011 berhasil lolos dari usaha penyergapan petugas